Headlines :
Home » » Remaja Obesitas Berisiko Mandul

Remaja Obesitas Berisiko Mandul

Diposkan oleh kareba toraja pada Friday, 19 October 2012 | 17:55


Info Kesehatan_ Obesitas tak hanya bisa meningkatkan risiko jantung. Remaja laki-laki yang obesitas juga terancam mandul.

Remaja laki-laki yang gemuk kandungan testosteronnya lebih sedikit dibanding rekan mereka yang kurus. Inilah yang menyebabkan mereka berisiko infertilitas di masa dewasanya.

Para ilmuwan di University at Buffalo di Amerika Serikat menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa anak laki-laki yang gemuk yang berusia 14 sampai 20 tahun memiliki total testosteron sekitar setengah dari pemuda berberat badan normal, Kamis (18/10).

Penelitian yang sama pertama kali dilaporkan pada 2004 tentang tingkat testosteron yang rendah, yang dikenal dengan hipogonadisme, pada obesitas dan pria dewasa penderita diabetes tipe 2. Pada 2010, ada sekitar 2.000 pria obesitas, baik yang diabetes maupun tidak.

Penulis penelitian Dr Paresh Dandona mengaku terkejut dengan temuan bahwa remaja obesitas memiliki setengah testosteron, padahal mereka tidak menderita diabetes.

"Implikasi dari temuan kami, terus terang menghebohkan karena anak laki-laki berpotensi impoten dan mandul," ujarnya.

Penelitian ini melibatkan 25 pemuda obesitas dan 25 pemuda ramping. Usia dan tingkat kematangan seksual dikontrol. Sampel darah pada pagi hari sesudah berpuasa diukur untuk konsentrasi total bebas testosteron, dan estradiol, hormon estrogen. Namun Dr Dandona mengatakan, hasil penelitian mereka perlu dikonfirmasi lagi dengan sejumlah ilmu pengetahuan.

"Temuan ini menunjukkan efek dari kekuatan obesitas, bahkan pada anak muda, dan gaya hidup serta asupan gizi pada masa kanak-kanak memiliki dampak besar dalam semua kehidupan mereka," ungkapnya.

Dandona juga mengatakan, selain berdampak pada reproduksi, rendahnya testosteron juga akan meningkatkan kecenderungan lemak dan otot perut berkurang, yang berkontribusi untuk diabetes.

"Kabar baiknya adalah kita tahu bahwa kadar testosteron kembali normal pada pria dewasa yang obesitas yang menjalani operasi bypass lambung".
Klik suka dan bagikan postingan ini :

0 comments:

Sebagai pembaca yang baik tinggalkan pendapat serta komentar Anda mengenai Artikel di atas.

Terimakasih atas kunjungan Anda | Tuhan Memberkati

Jika pilkada digelar hari ini, pasangan calon manakah yang Anda akan pilih?

Klik LIKE dan Ikuti

Tulis Saran dan Kritik disini.!
 
Desain by : KAREBA TORAJA - Powered by Blogger
KAREBA TORAJA :Sebagian isi dari blog ini dihimpun dari berbagai Sumber Berita terpercaya yang Kami cantumkan sebagai " Sumber ".
Hak cipta © 2014 KAREBA TORAJA dilindungi. => Back to Top