Headlines :
Home » » TUGAS BAHASA INDONESIA

TUGAS BAHASA INDONESIA

Diposkan oleh Unknown pada Thursday, 25 October 2012 | 18:15


TUGAS BAHASA INDONESIA UNIT 1
                                                                                          
Soal  :

1.      Jelaskanlah persamaan prinsip-prinsip pembelajaran yang terdapat dalam KBK dan Kurikulum 1994!
2.      Jelaskanlah pula perbedaannya!
3.      Bagaimana pula perbedaan dan persamaannya kedua kurikulum di atas dengan KTSP?
Jawaban :
1.      Persamaan Prinsip-prinsip pembelajaran yang terdapat dalam KBK dan kurikulum 1994 adalah sama-sama berorientasi pada tujuan pendidikan, ada prinsip keterpaduan, serta prinsip kesinambungan antara kepentingan Nasional dan kepentingan daerahdan berpusat pada peserta didik dengan penilaian yang berkelanjutan dan komprehensif.
2.      Perbedaan prinsip pembelajaran dalam KBK dan kurikulum 1994 ialah
-         Kurikulum KBK berorientasi pada perkembangan psikologi peserta didik.
-         Kurikulum KTSP berorientasi untuk mengembangkan potensi dalam diri peserta didik serta kemampuan bersosialisasi dengan masyarakat.
3.      perbedaannya yaitu Kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dapat diartikan sebagai suatu konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi) tugas-tugas dengan standar performansi tertentu, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik, berupa penguasaan terhadap seperangkat kompetensi tertentu.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan nasional dan kepentingan daerah
TUGAS BAHASA INDONESIA UNIT 1 sub unit 2
                                                                                          
Soal  :

1.      Jelaskanlah ciri utama prinsip kontekstual dalam pembelajaran bahasa!
2.      Bagaimanakah penerapan pelaksanaan pembelajaran bahasa berdasarkan prinsip integratif?
3.      Jelaskanlah peran guru berdasarkan prinsip komunikatif

Jawaban
1.      Ciri utama prinsip kontekstual dalam pembelajaran bahasa adalah pembelajaran yang mengaitkan materi yang diajarkan dengan dunia nyata peserta didik yang mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari dan juga melibatkan tujuh komponen yakni pembelajaran efektif berupa kontruktivisme, bertanya,bertanya, menemukan , masyarakat, belajar,pemodelan dan penilaian sebenarnya
2.      penerapan pelaksanaan pembelajaran bahasa berdasarkan prinsip integratif Hal tersebut berarti suatu  keseluruhan kegiatan yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan untuk mencapai tujuan berbahasa yaitu berkomunikasi.
3.      peran guru berdasarkan prinsip komunikatif adalah sebagai pembelajar dalam proses belajar-mengajar, di samping sebagai pengorganisasi, pembimbing, dan peneliti.


TUGAS BAHASA INDONESIA UNIT 2

Soal  :

1.      Jelaskan pengertian pendekatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia !
2.      Bandingkanlah pendekatan tujuan dan pendekatan struktural!
3.        Apa yang dimaksud dengan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia?
4.      Apa yang dimaksud dengan pendekatan Whole language?
5.      Bagaimanakah guru melakukan penilaian dalam kelas Whole language?

Jawaban :
1.      pengertian pendekatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah Pendekatan dalam pembelajaran bahasa adalah seperangkat asumsi tentang hakikat bahasa, pengajaran bahasa dan proses belajar bahasa
2.      Perbandingan pendekatan tujuan dan pendekatan struktural yaitu Pendekatan tujuan ini dilandasi oleh pemikiran bahwa dalam setiap kegiatan belajar mengajar yang harus dipikirkan dan ditetapkan lebih dahulu adalah tujuan yang hendak dicapai sedangkan Pendekatan Struktural merupakan salah satu pendekatan dalam pembelajaran bahasa yang dilandasi oleh asumsi yang menganggap bahasa sebagai kaidah
3.      Yang dimaksud dengan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu Pendekatan keterampilan proses adalah suatu pengelolaan kegiatan belajar mengajar yang berfokus pada pelibatan siswa secara aktif dan kreatif dalam proses pemerolehan hasil belajar. Keterampilan proses meliputi keterampilan intelektual, keterampilan sosial, dan keterampilan fisik. Keterampilan proses berfungsi sebagai alat menemukan dan mengembangkan konsep
4.      Whole language adalah cara untuk menyatukan pandangan tentang bahasa, tentang pembelajaran, dan tentang orang-orang yang terlibat dalam pembelajaran. Whole language dimulai dengan menumbuhkan lingkungan dimana bahasa diajarkan secara utuh dan keterampilan bahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) diajarkan secara terpadu
5.      guru melakukan penilaian dalam kelas Whole language yaitu guru senantiasa memperhatikan kegiatan yang dilakukan siswa. Secara informal selama pembbelajaran berlangsung guru memperhatikan siswa menulis, mendengarkan, berdiskusi baik dalam kelompok ataupun diskusi kelas. Penilaian juga berlangsung ketika siswa dan guru mengadakan konferensi, alat penilaiannya seperti observasi dan catatan anecdote. Selain penilaian informal, penilaian dilakukan dengan portofolio. Portofolio adalah kumpulan hasil kerja siswa selama kegiatan pembelajaran. Dengan portofolio perkembangan siswa dapat terlihat secara otentik
UNIT 5          : DASAR – DASAR MATERI AJAR

SUBUNIT 1   :   Pemilihan Materi Ajar Didasarkan Pada Kurikulum

Latihan
1.      Jelaskanlah persamaan kedua kurikulum di atas!
Jawab :
Persamaan kurikulum 2004 ( KBK ) dengan KTSP adalah sebagai berikut :
·        Sama-sama berbasis kompetensi
·        Kompetensi yang hendak dicapai lebih diutamakan pada keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
2.   Jelaskan pula perbedaannya!
Perbedaan antara kurikulum 2004 ( KBK ) dengan KTSP adalah sebagai berikut :
KBK ( 2004 )
KTSP
Ø  Tidak ada alokasi waktu per semester
Ø  Tidak menggunakan tematik
Ø  Ada pembagian standar kompetensi per semester
Ø  Menggunakan tematik

3.   Kurikulum manakah yang lebih sesuai ditinjau dari sisi materi pokoknya (bahanajar)!
Jawab :
Jika ditinjau dari sisi materi pokoknya ( bahan ajar ) maka kurikulum 2004 ( KBK ) dan kurikulum KTSP sama- sama sesuai.

Tes Formatif 1

1.      Jelaskanlah perbedaan pengertian kurikulum sebelum dan sesudah ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang!
Jawab :
Pengertian kurikulum lama sebelum iptek berkembang hanya sebatas sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik untuk mencapai suatu tingkatan atau ijazah.
Pengertian kurikulum sesudah iptek berkembang tidak sekedar sebatas sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh, tetapi meliputi semua kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam rangka belajar, baik di dalam maupun diluar sekolah
2.      Jelaskanlah, mana yang lebih sederhana, pendapat Ali atau Saylor dan kawan-kawan, sehubungan dengan pengertian kurikulum!
Jawab :
Ali lebih sederhana dalam mengkategorikan pengertian kurikulum, hanya tiga kelompok namun terkandung pemahaman yang luas. Ali hanya tiga, sedangkan Saylor dkk mengelompokkan kategori kurikulum atas 4 kelompok.
3.      Jelaskanlah hubungan antara kriteria isi kurikulum dengan pemilihan bahan ajar!
Jawab :
Hubungan antara kriteria pemilihan isi kurikulum dengan bahan ajar adalah kriteria pemilihan isi kurikulum dapat dijadikan pedoman dalam memilih bahan ajar. Isi kurikulum pada hakikatnya berupa pokok-pokok bahasan atau pokok-pokok materi yang harus diajarkan
4.      Standar kompetensi yang mana sajakah yang merupakan kemampuan yang harus dimiliki peserta didik kelas V semester 1 pada aspek pembelajaran menyimak berdasarkan KTSP!
Jawab :
Standar kompetensi yang merupakan kemampuan yang harus dimiliki peserta didik kelas V semester 1 pada aspek pembelajaran menyimak berdasarkan KTSP adalah standar kompetensi memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat.
5.      Tuliskanlah materi pokok aspek berbicara yang terdapat dalam KTSP mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V semester 1! Sudah sesuaikah materi pokok tersebut dengan prinsip-prinsip isi kurikulum yang didasarkan pada pendapat Tyler?
Jawab :
a.      peristiwa yang terjadi di sekolah
b.      menceritakan hasil pengalaman
c.      daftar pertanyaan wawancara dengan narasumber
Materi pokok tersebut sudah sesuai dengan prinsip-prinsip kurikulum yang didasarkan pada pendapat Tyler

SUBUNIT 2    :  Pemilihan Materi Ajar Didasarkan Pada Tingkat Perkembangan Peserta Dididk,  Lingkungan, dan Ketersediaan Sarana

Latihan
1.      Sebutkanlah tiga fase perkembangan bahasa anak menurut Bruner dan jelaskan!
Jawab :
Tiga fase perkembangan bahasa anak menurut Bruner yaitu :
a.      Fase enaktif berlangsung dari lahir sampai umur satu tahun, periode melakukan tindakan
b.      Fase ekonik, periode berkembangnya khayalan, berlangsung pada umur satu tahun sampai empat tahun
c.      Fase simbolik mulai umur empat tahun sampai sepanjang kehidupan anak belajar menggunakan sistem simbol yang berupa bahasa
2.      Pada usia berapa tahun anak sudah dapat menggunakan kalimat bentuk pasif yang tidak dapat dibalik yang pelakunya manusia? Berikanlah contoh kalimat pasif tersebut!
Jawab :
Anak usia 11 – 13 tahun sudah banyak menggunakan kalimat bentuk pasif yang tidak dapat dibalik yang pelakunya manusia. Contohnya : Rudi dipukuli oleh saudaranya.
3.      Mengapa dalam memilih bahan ajar perlu dipertimbangkan kesesuaian dengan lingkungan tempat tinggal anak?
Jawab :
Dalam memilih bahan ajar perlu dipertimbangkan kesesuaian dengan lingkungan tempat tinggal anak agar anak tidak mendapatkan kesulitan dalam mempelajari materi yang diajarkan.
4.      Apakah manfaat Anda mengenal macam media pembelajaran?
Jawab :
Manfaat mengenal macam media pembelajaran adalah karena kegunaan media pembelajaran dapat membantu meringankan tugas guru bahkan menggantikannya.

a.      Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berlatih secara mandiri di dalam dan di luar kelas
b.      Meringankan, membantu, dan melengkapi peran guru.
c.      Memberikan model yang tetap kepada peserta didik, khususnya kalau rekaman berisi ulangan-ulangan yang banyak dan intonasi-intonasi tertentu
d.      Mendengarkan suara beberapa orang penutur asli di kelas sehingga peserta didik dapat membedakan suara wanita, pria, anak, pemuda dengan segala ragamnya.
e.      Merekam suara peserta didik agar dapat digunakan oleh guru dalam mengevaluasi penguasan bahasa yang dipelajari dan oleh peserta didik untuk mengevaluasi hasil produksi diri sendiri.
5.      Untuk keperluan pembelajaran aspek keterampilan apakah tape-recorder dan radio digunakan?
Jawab :
Tape-recorder dan radio digunakan untuk keperluan aspek keterampilan adalah :
a.      Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berlatih secara mandiri di dalam dan di luar kelas
b.      Meringankan, membantu, dan melengkapi peran guru.
c.      Memberikan model yang tetap kepada peserta didik, khususnya kalau rekaman berisi ulangan-ulangan yang banyak dan intonasi-intonasi tertentu
d.      Mendengarkan suara beberapa orang penutur asli di kelas sehingga peserta didik dapat membedakan suara wanita, pria, anak, pemuda dengan segala ragamnya.
e.   Merekam suara peserta didik agar dapat digunakan oleh guru dalam mengevaluasi penguasan bahasa yang dipelajari dan oleh peserta didik untuk mengevaluasi hasil produksi diri sendiri.


Klik suka dan bagikan postingan ini :

0 comments:

Sebagai pembaca yang baik tinggalkan pendapat serta komentar Anda mengenai Artikel di atas.

Terimakasih atas kunjungan Anda | Tuhan Memberkati

Jika pilkada digelar hari ini, pasangan calon manakah yang Anda akan pilih?

Pasang Iklan

Klik LIKE dan Ikuti

Tulis Saran dan Kritik disini.!
 
Desain by : KAREBA TORAJA - Powered by Blogger
KAREBA TORAJA :Sebagian isi dari blog ini dihimpun dari berbagai Sumber Berita terpercaya yang Kami cantumkan sebagai " Sumber ".
Hak cipta © 2014 KAREBA TORAJA dilindungi. => Back to Top