TUGAS BAHASA INDONESIA UNIT 1
Soal :
1.
Jelaskanlah persamaan prinsip-prinsip
pembelajaran yang terdapat dalam KBK dan Kurikulum 1994!
2.
Jelaskanlah pula perbedaannya!
3.
Bagaimana pula perbedaan dan persamaannya
kedua kurikulum di atas dengan KTSP?
Jawaban :
1. Persamaan Prinsip-prinsip
pembelajaran yang terdapat dalam KBK dan kurikulum 1994 adalah sama-sama
berorientasi pada tujuan pendidikan, ada prinsip keterpaduan, serta prinsip
kesinambungan antara kepentingan Nasional dan kepentingan daerahdan berpusat
pada peserta didik dengan penilaian yang berkelanjutan dan komprehensif.
2. Perbedaan prinsip pembelajaran dalam
KBK dan kurikulum 1994 ialah
-
Kurikulum KBK berorientasi pada
perkembangan psikologi peserta didik.
-
Kurikulum KTSP berorientasi untuk
mengembangkan potensi dalam diri peserta didik serta kemampuan bersosialisasi
dengan masyarakat.
3. perbedaannya yaitu Kurikulum berbasis
kompetensi (KBK) dapat diartikan sebagai suatu konsep kurikulum yang menekankan
pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi) tugas-tugas dengan standar
performansi tertentu, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik,
berupa penguasaan terhadap seperangkat kompetensi tertentu.Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan
oleh masing-masing satuan pendidikan nasional dan kepentingan daerah
TUGAS BAHASA INDONESIA UNIT 1 sub unit 2
Soal :
1.
Jelaskanlah ciri utama prinsip kontekstual dalam pembelajaran
bahasa!
2.
Bagaimanakah penerapan pelaksanaan pembelajaran bahasa
berdasarkan prinsip integratif?
3.
Jelaskanlah peran guru berdasarkan prinsip komunikatif
Jawaban
1.
Ciri utama prinsip kontekstual dalam pembelajaran bahasa
adalah pembelajaran yang mengaitkan materi yang diajarkan dengan dunia nyata
peserta didik yang mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan
yang dimilikinya dengan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari dan juga
melibatkan tujuh komponen yakni pembelajaran efektif berupa kontruktivisme,
bertanya,bertanya, menemukan , masyarakat, belajar,pemodelan dan penilaian
sebenarnya
2.
penerapan pelaksanaan pembelajaran bahasa berdasarkan prinsip
integratif Hal tersebut berarti suatu
keseluruhan kegiatan yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan
untuk mencapai tujuan berbahasa yaitu berkomunikasi.
3.
peran guru berdasarkan prinsip komunikatif adalah sebagai
pembelajar dalam proses belajar-mengajar, di samping sebagai pengorganisasi,
pembimbing, dan peneliti.
TUGAS BAHASA INDONESIA UNIT 2
Soal :
1.
Jelaskan pengertian pendekatan dalam
pembelajaran bahasa Indonesia !
2.
Bandingkanlah pendekatan tujuan dan
pendekatan struktural!
3.
Apa yang dimaksud dengan pendekatan
keterampilan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia?
4.
Apa yang dimaksud dengan pendekatan Whole language?
5.
Bagaimanakah guru melakukan penilaian dalam
kelas Whole language?
Jawaban :
1.
pengertian pendekatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia
adalah Pendekatan dalam pembelajaran bahasa adalah seperangkat asumsi tentang
hakikat bahasa, pengajaran bahasa dan proses belajar bahasa
2.
Perbandingan pendekatan tujuan dan pendekatan struktural
yaitu Pendekatan tujuan ini dilandasi oleh pemikiran bahwa dalam setiap
kegiatan belajar mengajar yang harus dipikirkan dan ditetapkan lebih dahulu
adalah tujuan yang hendak dicapai sedangkan Pendekatan Struktural merupakan
salah satu pendekatan dalam pembelajaran bahasa yang dilandasi oleh asumsi yang
menganggap bahasa sebagai kaidah
3.
Yang dimaksud dengan pendekatan keterampilan proses dalam
pembelajaran bahasa Indonesia yaitu Pendekatan keterampilan proses adalah suatu
pengelolaan kegiatan belajar mengajar yang berfokus pada pelibatan siswa secara
aktif dan kreatif dalam proses pemerolehan hasil belajar. Keterampilan proses
meliputi keterampilan intelektual, keterampilan sosial, dan keterampilan fisik.
Keterampilan proses berfungsi sebagai alat menemukan dan mengembangkan konsep
4.
Whole language adalah cara untuk menyatukan pandangan tentang
bahasa, tentang pembelajaran, dan tentang orang-orang yang terlibat dalam
pembelajaran. Whole language dimulai dengan menumbuhkan lingkungan dimana
bahasa diajarkan secara utuh dan keterampilan bahasa (menyimak, berbicara,
membaca, dan menulis) diajarkan secara terpadu
5.
guru melakukan penilaian dalam kelas Whole language yaitu guru senantiasa memperhatikan kegiatan yang
dilakukan siswa. Secara informal selama pembbelajaran berlangsung guru
memperhatikan siswa menulis, mendengarkan, berdiskusi baik dalam kelompok
ataupun diskusi kelas. Penilaian juga berlangsung ketika siswa dan guru
mengadakan konferensi, alat penilaiannya seperti observasi dan catatan
anecdote. Selain penilaian informal, penilaian dilakukan dengan portofolio.
Portofolio adalah kumpulan hasil kerja siswa selama kegiatan pembelajaran. Dengan
portofolio perkembangan siswa dapat terlihat secara otentik
UNIT 5 : DASAR – DASAR MATERI AJAR
SUBUNIT 1 :
Pemilihan Materi Ajar Didasarkan Pada Kurikulum
Latihan
1. Jelaskanlah
persamaan kedua kurikulum di atas!
Jawab :
Persamaan
kurikulum 2004 ( KBK ) dengan KTSP adalah sebagai berikut :
·
Sama-sama berbasis kompetensi
·
Kompetensi yang hendak dicapai lebih
diutamakan pada keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
2. Jelaskan pula perbedaannya!
Perbedaan
antara kurikulum 2004 ( KBK ) dengan KTSP adalah sebagai berikut :
KBK (
2004 )
|
KTSP
|
Ø Tidak
ada alokasi waktu per semester
Ø Tidak
menggunakan tematik
|
Ø Ada
pembagian standar kompetensi per semester
Ø Menggunakan
tematik
|
3. Kurikulum manakah yang lebih sesuai ditinjau
dari sisi materi pokoknya (bahanajar)!
Jawab :
Jika
ditinjau dari sisi materi pokoknya ( bahan ajar ) maka kurikulum 2004 ( KBK )
dan kurikulum KTSP sama- sama sesuai.
Tes Formatif 1
1. Jelaskanlah
perbedaan pengertian kurikulum sebelum dan sesudah ilmu pengetahuan dan
teknologi berkembang!
Jawab :
Pengertian
kurikulum lama sebelum iptek berkembang hanya sebatas sejumlah mata pelajaran
yang harus ditempuh oleh peserta didik untuk mencapai suatu tingkatan atau
ijazah.
Pengertian
kurikulum sesudah iptek berkembang tidak sekedar sebatas sejumlah mata
pelajaran yang harus ditempuh, tetapi meliputi semua kegiatan yang dilakukan
peserta didik dalam rangka belajar, baik di dalam maupun diluar sekolah
2. Jelaskanlah,
mana yang lebih sederhana, pendapat Ali atau Saylor dan kawan-kawan, sehubungan
dengan pengertian kurikulum!
Jawab :
Ali lebih
sederhana dalam mengkategorikan pengertian kurikulum, hanya tiga kelompok namun
terkandung pemahaman yang luas. Ali hanya tiga, sedangkan Saylor dkk
mengelompokkan kategori kurikulum atas 4 kelompok.
3. Jelaskanlah
hubungan antara kriteria isi kurikulum dengan pemilihan bahan ajar!
Jawab :
Hubungan
antara kriteria pemilihan isi kurikulum dengan bahan ajar adalah kriteria
pemilihan isi kurikulum dapat dijadikan pedoman dalam memilih bahan ajar. Isi
kurikulum pada hakikatnya berupa pokok-pokok bahasan atau pokok-pokok materi
yang harus diajarkan
4. Standar
kompetensi yang mana sajakah yang merupakan kemampuan yang harus dimiliki
peserta didik kelas V semester 1 pada aspek pembelajaran menyimak berdasarkan
KTSP!
Jawab :
Standar
kompetensi yang merupakan kemampuan yang harus dimiliki peserta didik kelas V
semester 1 pada aspek pembelajaran menyimak berdasarkan KTSP adalah standar
kompetensi memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat.
5. Tuliskanlah
materi pokok aspek berbicara yang terdapat dalam KTSP mata pelajaran Bahasa
Indonesia kelas V semester 1! Sudah sesuaikah materi pokok tersebut dengan
prinsip-prinsip isi kurikulum yang didasarkan pada pendapat Tyler?
Jawab :
a. peristiwa
yang terjadi di sekolah
b. menceritakan
hasil pengalaman
c. daftar
pertanyaan wawancara dengan narasumber
Materi
pokok tersebut sudah sesuai dengan prinsip-prinsip kurikulum yang didasarkan
pada pendapat Tyler
SUBUNIT 2 : Pemilihan Materi Ajar Didasarkan Pada Tingkat
Perkembangan Peserta Dididk, Lingkungan,
dan Ketersediaan Sarana
Latihan
1. Sebutkanlah
tiga fase perkembangan bahasa anak menurut Bruner dan jelaskan!
Jawab :
Tiga fase perkembangan bahasa anak menurut Bruner yaitu :
a. Fase
enaktif berlangsung dari lahir sampai umur satu tahun, periode melakukan
tindakan
b. Fase
ekonik, periode berkembangnya khayalan, berlangsung pada umur satu tahun sampai
empat tahun
c. Fase
simbolik mulai umur empat tahun sampai sepanjang kehidupan anak belajar
menggunakan sistem simbol yang berupa bahasa
2. Pada usia
berapa tahun anak sudah dapat menggunakan kalimat bentuk pasif yang tidak dapat
dibalik yang pelakunya manusia? Berikanlah contoh kalimat pasif tersebut!
Jawab :
Anak usia 11 – 13 tahun sudah banyak menggunakan kalimat
bentuk pasif yang tidak dapat dibalik yang pelakunya manusia. Contohnya : Rudi
dipukuli oleh saudaranya.
3. Mengapa
dalam memilih bahan ajar perlu dipertimbangkan kesesuaian dengan lingkungan
tempat tinggal anak?
Jawab :
Dalam memilih bahan ajar perlu dipertimbangkan kesesuaian
dengan lingkungan tempat tinggal anak agar anak tidak mendapatkan kesulitan
dalam mempelajari materi yang diajarkan.
4. Apakah
manfaat Anda mengenal macam media pembelajaran?
Jawab :
Manfaat
mengenal macam media pembelajaran adalah karena kegunaan media pembelajaran
dapat membantu meringankan tugas guru bahkan menggantikannya.
a. Memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk berlatih secara mandiri di dalam dan di
luar kelas
b. Meringankan,
membantu, dan melengkapi peran guru.
c. Memberikan
model yang tetap kepada peserta didik, khususnya kalau rekaman berisi
ulangan-ulangan yang banyak dan intonasi-intonasi tertentu
d.
Mendengarkan suara beberapa orang penutur
asli di kelas sehingga peserta didik dapat membedakan suara wanita, pria, anak,
pemuda dengan segala ragamnya.
e.
Merekam suara peserta didik agar dapat
digunakan oleh guru dalam mengevaluasi penguasan bahasa yang dipelajari dan
oleh peserta didik untuk mengevaluasi hasil produksi diri sendiri.
5. Untuk
keperluan pembelajaran aspek keterampilan apakah tape-recorder dan radio digunakan?
Jawab :
Tape-recorder dan radio digunakan untuk keperluan aspek
keterampilan adalah :
a. Memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk berlatih secara mandiri di dalam dan di
luar kelas
b. Meringankan,
membantu, dan melengkapi peran guru.
c. Memberikan
model yang tetap kepada peserta didik, khususnya kalau rekaman berisi
ulangan-ulangan yang banyak dan intonasi-intonasi tertentu
d.
Mendengarkan suara beberapa orang penutur
asli di kelas sehingga peserta didik dapat membedakan suara wanita, pria, anak,
pemuda dengan segala ragamnya.
e.
Merekam suara peserta didik agar dapat digunakan oleh guru dalam
mengevaluasi penguasan bahasa yang dipelajari dan oleh peserta didik untuk
mengevaluasi hasil produksi diri sendiri.
0 comments:
Sebagai pembaca yang baik tinggalkan pendapat serta komentar Anda mengenai Artikel di atas.
Terimakasih atas kunjungan Anda | Tuhan Memberkati