Headlines :
Home » » LOVELY DECEMBER 2012: Pemprov Sulsel Eksplore Keunikan Toraja

LOVELY DECEMBER 2012: Pemprov Sulsel Eksplore Keunikan Toraja

Diposkan oleh kareba toraja pada Wednesday, 19 December 2012 | 18:01



MAKASSAR–Event tahunan Lovely December 2012 akan mengeksplore beragam keunikan dan keindahan Tana Toraja dan Toraja Utara yang puncak pelaksanaannya akan dilaksanakan pada 28 Desember 2012.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan Jufri Rahman mengatakan masyarakat Toraja yang sebagian besar beragama nasrani akan menggelar beragam kegiatan yang unik seperti pemancangan tiang salib raksasa, lomba ornamen dan pernak-pernik Natal hingga perayaan Natal oikumene termegah di Indonesia.
“Kemeriahan Natal yang dirayakan secara unik akan mewarnai pagelaran event Lovely December tahun ini,” kata Jufri, Selasa (18/12/2012).
Menurutnya, Pemprov Sulsel tetap mendorong dan meyakinkan masyarakat Toraja bahwa event ini bukan milik kami, melainkan sepenuhnya diserahkan ke pemkab dan masyarakat setempat.
Dia mengatakan ada beberapa acara yang dianggap unik, seperti perlombaan ornamen dan lampu Natal hias yang dimulai pada 20-25 Desember.
Sepanjang 40 km lebih masyarakat yang berada di jalan poros Salubarani hingga Rantelemo akan menghiasi pekarangan mereka dengan berbagai ornamen memeriahkan Natal dan Tahun Baru 2013.
Bahkan pemda akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) karena perlombaan pohon Natal hias ini belum pernah dilaksanakan di daerah lainnya di Indonesia.
“Pemprov akan mendukung pelaksanaan ini dengan menyiapkan beragam hadiah dan apresiasi bagi masyarakat Toraja,” ungkap Jufri.
Menurutnya, event ini dirancang juga untuk menyambut kedatangan tamu-tamu negara dan sejumlah gubernur se-Indonesia yang akan mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di kabupaten tersebut.
Sekaligus sebagai bentuk penghargaan pemerintah daerah bersama ribuan masyarakat Toraja yang akan merayakan misa Natal akbar dan pemancangan salib raksasa di daerah itu.
“Momentum ini kami anggap tepat untuk mengajak masyarakat setempat berpartisipasi mengembangkan obyek daya tarik Toraja sebagai warisan dunia,” kata Jufri.
Apalagi, lanjutnya, Toraja saat ini tengah diperjuangkan untuk menjadi salah satu budaya warisan dunia atau Wolrd Heritage yang akan mendapat pengakuan dari lembaga internasional Unesco.
Lovely December bukan hanya untuk wisatawan mancanegara maupun domestik. Melainkan program ini digagas guna memikat masyarakat dan pemangku kepentingan pariwisata lainnya untuk bisa mendorong Toraja menjadi aset warisan dunia.
Sumber :
http://www.bisnis-kti.com/index.php/2012/12/lovely-december-2012-pemprov-sulsel-akan-eksplore-keunikan-dan-keindahan-toraja/

Klik suka dan bagikan postingan ini :

0 comments:

Sebagai pembaca yang baik tinggalkan pendapat serta komentar Anda mengenai Artikel di atas.

Terimakasih atas kunjungan Anda | Tuhan Memberkati

Jika pilkada digelar hari ini, pasangan calon manakah yang Anda akan pilih?

Klik LIKE dan Ikuti

Tulis Saran dan Kritik disini.!
 
Desain by : KAREBA TORAJA - Powered by Blogger
KAREBA TORAJA :Sebagian isi dari blog ini dihimpun dari berbagai Sumber Berita terpercaya yang Kami cantumkan sebagai " Sumber ".
Hak cipta © 2014 KAREBA TORAJA dilindungi. => Back to Top