T U G A S I ADMINISTRASI DAN SUPERVISI PENDIDIKAN
TUGAS
I : KONSEP ADMINISTRASI PENDIDIKAN
PERTANYAAN LATIHAN
1.
Jelaskan
secara singkat tentang perkembangan administrasi sebagai suatu Ilmu
Pengetahuan, baik di luar negeri maupun di Indonesia.
Jawaban:
Perkembangan
ilmu administrasi sebagai suatu ilmu pengetahuan di luar negeri bermula dari
suatu penelitian yang dilakukan oleh seorang berkebangsaan Perancis bernama
Henri Fayol yang menganggap perkembangan ilmu administrasi sebagai satu-satunya
jalan bagi Perancis untuk mengisi kekurangan/ kekosongan tenaga-tenaga pimpinan
dengan tenaga-tenaga yang paham akan pengetahuan pada waktu itu.Fayol
mendirikan suatu Pusat Studi Ilmu Administrasi di Paris yang dimulai dengan
menerbitkan sebuah brosur yang berjudul ’’ Administration Industrialle et
Generalle” .Selanjutnya muncul cabang-cabang dari ilmu administrasi seperti
Manajemen Ilmiah yang dipelopori oleh Frederick Winslow Taylor, bidang
kenegaraan yang dikembangkan oleh Woodrow Wilson, tulisan tentang ”An Introduction
to the Study of Public Administration” oleh Frank J.Goodnow , William B. Monro,
Leonard D. White, Elton Mayo dan Fritz Roethlisberger yang mengembangkan
penelitian tentang hubungan antara lingkungan kerja fisik dan produktivitas
kerja, serta Herbert Alexander Simon dalam bukunya ” Administrative Behavior ”
2. Jelaskan pendapat anda, mengapa administrasi pendidikan
itu dianggap sebagai suatu faktor yang sangat penting.
Jawaban:
Menurut pendapat saya
alasan mengapa Administrasi Pendidikan dianggap sebagai suatu faktor yang
sangat penting karena dengan administrasi pendidikan akan memudahkan kita dalam
pencarian atau pengarsipan suatu data yang membuat pekerjaan berjalan secara
efektif dan efisien,dan mudah dipahami dan dikuasai sehingga mudah juga dalam
pengontrolan, dan administrasi untuk mencapai tujuan pendidikan.
3.
Mengapa Henry
Fayol dan Frederick Winslow Taylor disebut sebagai Bapak Ilmu Administrasi dan
Bapak Manajemen Ilmiah ?
Jawaban:
(a) Alasan mengapa Henry Fayol disebut sebagai Bapak Ilmu
Administrasi adalah karena Fayol
menyadari bahwa pengetahuan teknik yang dimiliki tentang apa yang diurus
tidaklah cukup, kecuali dilengkapi dengan pengetahuan tentang bagaimana
mengurusnya. Untuk itu, pengetahuan tentang administrasi perlu dikembangkan.
Perhatian terhadap ilmu administrasi yang demikian besarnya sehingga akhirnya
Fayol bertekad untuk mendirikan sebuah Pusat Studi Ilmu Administrasi di Paris
untuk mengembangkan teori-teori administrasi yang dimilikinya
(b) Frederick Winslow Taylor disebut sebagai Bapak Manajemen
Ilmiah kerena dia adalah orang yang mempeloporui salah satu cabang ilmu administrasi yang menjadi perhatian dalam
penyelidikan secara ilmiah ialah “Manajemen Ilmiah
4.
Apa
yang dimaksud dengan administrasi, administrasi pendidikan dan administrasi
sekolah ? Jelaskan pula persamaan dan perbedaan masing-masing.
Jawaban:
(a) Yang dimaksudkan dengan Administrasi adalah suatu
usaha untuk melayani, usaha untuk membantu, usaha untuk menolong, usaha untuk
memenuhi, usaha untuk mengarahkan dan
atau usaha untuk memimpin semua kegiatan yang telah direncanakan untuk mencapai
suatu tujuan tertentu.
(b) Adminstrasi
Pendidikan adalah suatu proses keseluruhan usaha kerjasama sekelompok orang
dalam bidang pendidikan dengan memanfaatkan atau mendayagunakan segala sumber
potensi yang tersedia, baik personil, material maupun spiritual secara
berencana dan sistematis untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang telah
ditetapkan secara efktif dan efisien.
(c) Administrasi
Sekolah adalah keseluruhan proses kegiatan segala sesuatu urusan sekolah yang
dilaksanakan oleh personil sekolah (Kepala Sekolah, dan Stafnya, guru-guru dan
karyawan sekolah lainnya) dalam suatu kerjasama yang harmonis unhtuk mencapai
tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah secara efektif dan efisien.
(d) Persamaan
Administrasi Pendidikan dengan Administrasi Sekolah adalah suatu usaha untuk
melayani, usaha untuk membantu, usaha untuk menolong, usaha untuk memenuhi,
usaha untuk mengarahkan dan atau usaha
untuk memimpin semua kegiatan yang telah direncanakan untuk mencapai suatu
tujuan tertentu.
(e) Perbedaan
:
Administrasi
Pendidikan mempunyai wilayah cakupan yang sama luasnya dengan wilayah cakupan pendidikan
nasional yang dalam praktek penyelenggaraannya meliputi pendidikan formal,
pendidikan non formal, dan pendidikan informal, sedangkan Administrasi Sekolah
hanya merujuk pada kegiatan-kegiatan administrasi yang diselenggarakan oleh
sekolah.
5.
Faktor-faktor
apa yang menyebabkan terjadinya proses administrasi itu?
Jawab:
Faktor-faktor
yang menyebabkan terjadinya proses administrasi meliputi:
(a) Sekelompok manusia
Yang dimaksud dengan sekelompok manusia dalam
administrasi pada hakekatnya adalah sekumpulan orang-orang yang jumlah
minimalnya dua orang dan maksimalnya tidak terbatas. Proses administrasi baru terjadi kalau yang
melakukan administrasi itu adalah
sekelompok orang yang sepakat untuk bekerjasama dalam suatu ikatan formal untuk
mencapai tujuan tertentu (tujuan bersama). Disini faktor manusia menjadi amat
penting dan menentukan dibanding dengan unsur administrasi lainnya.
(b) Usaha bersama
Yang dimaksud dengan usaha bersama dalam administrasi
pendidikan adalah usaha bersama sekelompok orang untuk melaksanakan dan
mewujudkan suatu maksud tertentu.
(c) Proses penataan atau penyelenggaraan
Faktor penataan sebagai pokok pikiran kedua sekaligus
merupakan suatu ciri yang membedakan kegiatan administrasi dengan kegiatan
lainnya yang juga dilakukan oleh sekelompok orang, tetapi perlu diingat bahwa
kegiatan penataan itu bukanlah merupakan kegiatan substantif yang berhubungan
dengan tercapainya tujuan pokok dari usaha kerjasama melainkan hanyalah
merupakan penunjang agar kegiatan substantif tersebut dapat terlaksana dengan
baik dan lancar.
(d) Tujuan tertentu
Yang dimaksud dengan tujuan dalam pengertian administrasi
adalah kebutuhan baik jasmani maupun rohani yang harus diperjuangkan melalui
usaha-usaha nyata untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
6.
Mengapa
faktor-faktor dalam administrasi pendidikan dibedakan dengan unsur-unsur
administrasi pendidikan ? Jelaskan pendapat anda.
Jawab:
Fakor-faktor
dalam administrasi pendidikan dibedakan dengan unsur-unsur administrasi
pendidikan karena kedua hal tersebut memuat hal-hal yang tidak
sama.Faktor-faktor pendidikan meliputi: sekelompok orang,rangkaian kegiatan
penataan,usaha bersama,dan tujuan tertentu.Jika salah satu faktor tersebut
tidak ada maka administrasi pendidikan juga tidak akan ada.Unsur-unsur
pendidikan,meliputi: organisasi,managemen,komunikasi,kepegawaian,keuangan,perbekalan,tata
usaha,dan hubungan masyarakat.Jika salah satu unsur tersebut tidak ada maka
kegiatan administrasi pendidikan akan tetap ada/jalan tetapi akan timpang atau
kelihatan tidak sempurna.
7.
Sebutkan
dan jelaskan secara singkat unsur-unsur dalam administrasi pendidikan yang anda
ketahui.
Jawaban:
(a) Organisasi
Organisasi merupakan salah satu unsur dari administrasi
sekaligus unsur ini pula merupakan salah satu fungsi atau kegitan adminitratif
pada level pimpinan. Fungsinya untuk mewujudkan suatu sistem dan mekanisme
kerjasama yang lebih baik kompak dan diarahkan pada usaha mengerjakan
tugas-tugas operatif yang lebih tepat guna tercapainya tujuan bersama.
(b) Managemen
Manajemen dapat diartikan sebagai ”kegiatan
mengendalikan dan memanfaatkan semua faktor dan sumber daya, yang menurut suatu
perencanaan diperlukan untuk mencapai atau menyelesaikan suatu tujuan tertentu”
(c) Komunikasi
Dalam penyelenggaraan Administrasi Pendidikan, kegiatannya tidak akan berjalan lancar apabila komunikasi
kurang dijalin dengan baik diantara sesama anggota dan dengan orang lain dalam
suatu organisasi karena komunikasi yang akan menentukan pula lancar-tidaknya
usaha kerjasama dalam mencapai tujuan organisasi tersebut.
(d) Kepegawaian
Kegiatan kepegawaian diartikan sebagai suatu proses penggunaan
tenaga manusia sebagai tenaga kerja, diatur, dikendalikan dan dikembangkan kemampuannya dalam suatu
usaha kerjasama untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien. Proses itu
meliputi kegiatan penerimaan, penempatan (penggunaan), pengembangan (pembinaan)
sampai pada pember-hentian dan pensiun. Pegawai dalam lingkungan lembaga
pendidikan dibedakan atas dua kelompok, yaitu tenaga teknis dan tenaga
administrasi.
(e) Keuangan
Dalam
bidang pendidikan, keuangan haruslah selalu memerlukan pula kegiatan perencanaan,
pengorganisasian, bimbingan dan pengarahan, koordinasi, kontrol, komunikasi,
dan bahkan juga tata usaha
(f) Perbekalan
Pada
lembaga-lembaga pendidikan, perbekalan tersebut tidak hanya terbatas pada benda
(barang) peralatan kantor/ ketatausahaan, tetapi juga berupa alat-alat teknis
edukatif lainnya yang berhubungan dengan usaha peningkatan kuialitas (mutu)
proses belajar mengajar.
(g) Tata Usaha
Tata usaha
merupakan segenap rangkaian aktivitas
menghimpun,mencatat,mengelola,mengadakan,mengirim,dan menyimpan keterangan-keterangan
yang diperlukan dalam setiap usaha kerja.
(h) Hubungan Masyarakat
Dalam
arti luas, hubungan masyarakat itu merupakan komunikasi dan interprestasi
keterangan-keterangan, gagasan-gagasan dari instansi atau lembaga
pendidikan/organisasi kerja tertentu kepada publik dan merupakan pula
penyampaian keterangan-keterangan, gagasan-gagasan dan pendapat-pendapat dari
pihak publik kepada instansi atau lembaga/organisasi kerja, kemudia berusaha
agar tercipta sense of belongingness, sehingga dengan demikian terciptalah persesuaian yang harmonis di antara kedua
belah pihak.
8.
Jelaskan,
mengapa administrasi pendidikan itu dianggap lebih luas daripada administrasi
sekolah ? Buktikan !
Jawab:
Administrasi
pendidikan lebih luas daripada administrasi sekolah karena cakupan wilayah
administrasi pendidikan lebih luas dari administrasi sekolah.Sebagai bukti:
a.administrasi pendidikan merupakan cabang dari administrasi umum,sedangkan
administrasi sekolah merupakan bagian terkecil dari administrasi pendidikan.
b.administrasi pendidikan di Indonesia memuat masalah pendidikan yang
merupakan masalah negara,sedangkan administrasi sekolah memuat masalah di suatu
sekolah tertentu di suatu wilayah tertentu di Indonesia.
9.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan : Organisasi, manajemen, komunikasi, kepegawaian,
keuangan, perancangan, tata usaha dan hubungan masyarakat (public relations).
Jawab:
a.Organisasi
adalah merupakan salah satu unsur dari administrasi sekaligus
unsur ini pula merupakan salah satu fungsi atau kegitan adminitratif pada level
pimpinan
b.Manajemen adalah diartikan sebagai ”kegiatan mengendalikan dan
memanfaatkan semua faktor dan sumber daya, yang menurut suatu perencanaan
diperlukan untuk mencapai atau menyelesaikan suatu tujuan tertentu”
c.Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh
seseorang kepada orang lain untuk memberitahu,mengubah sikap,pendapat,atau
perilaku,baik secara lisan(langsung) ataupun tidak langsung(melalui media).
d.Kepegawaian diartikan sebagai suatu proses penggunaan tenaga manusia sebagai tenaga
kerja, diatur, dikendalikan dan
dikembangkan kemampuannya dalam suatu usaha kerjasama untuk mencapai tujuan
yang efektif dan efisien.
e.Keuangan adalah suatu proses pengorganisasian alat
pembayaran untuk dimanfaatkan dalam semua item yang harus dibiayai oleh suatu
seseorang atau lembaga untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
f.Perancangan adalah proses mendefinisikan tujuan
organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan
rencana aktivitas kerja organisasi
g.Tata usaha adalah kegiatan untuk mangadakan pencatatan
dan penyusunan keterangan-keterangan sehingga keterangan-keterangan itu dapat
digunakan secara langsung sebagai bahan informasi bagi pimpinan organisasi yang
bersangkutan atau dapat dipergunakan siapa saja yang membutuhkan.
h.Hubungan Masyarakat ( Public Relation ) merupakan
komunikasi dan interprestasi keterangan-keterangan, gagasan-gagasan dari
instansi atau lembaga pendidikan/organisasi kerja tertentu kepada publik dan
merupakan pula penyampaian keterangan-keterangan, gagasan-gagasan dan
pendapat-pendapat dari pihak publik kepada instansi atau lembaga/organisasi
kerja, kemudia berusaha agar tercipta sense of belongingness, sehingga dengan
demikian terciptalah persesuaian yang
harmonis di antara kedua belah pihak.
10. Jelaskan bahwa organisasi sebagai suatu total sistem
dapat menjadi beberapa subsistem, sebutkan dan jelaskan subsistem apa saja yang
bisa dibentuk di dalam total sistem tersebut.
Jawab:
Organisasi sebagai suatu total sistem
dapat menjadi beberapa subsistem secara
administratif dan organisatoris harus ditampilkan melalui bagan struktur
organisasi formal dengan mekanisme (kerangka kerja) yang menggambarkan fungsi
masing-masing subsistem dan sub-subsistem dengan wewenang dan tanggung jawab
yang bersifat hirarkis (bertingkat) berdasarkan proporsi beban tugas, sifat
pekerjaan dan spesialisasi yang diperlukan untuk melaksanakan tugas dan
tanggung jawab masing-masing.
Sub sistem
yang dibentuk dari total sistem tersebut yaitu:
-Subsistem
yang bersifat struktural, yaitu pembagian satuan kerja atas dasar hirarki
jabatan/kepangkatan dari yang tertinggi sampai kepada yang terendah
-Subsistem
yang bersifat fungsional, yakni pembagian satuan kerja atas dasar fungsi yang
diemban masing-masing pejabat.
-Subsistem
yang bersifat sektoral, yakni pembagian kerja berdasarkan struktur organisasi
yang terdapat dalam unit organisasi kerja di atasnya (lebih tinggi), sehingga
menjadi sub-subsistem yang lebih kecil,
yang berjalan dari unit kerja yang
tertinggi sampai kepada unit kerja yang terendah.
11. Jelaskan dan gambarkan perbedaan bentuk organisasi
Lini, Orgainsasi staf serta organisasi lini dan staf.
Jawab:
a.Organisasi Lini merupakan
bentuk organisasi ini sangat sederhana dengan garis perintah (komando) yang
berjalan lurus dari atas ke bawah dalam hubungan kerja yang cenderung bersifat
otoritatif.
b.Organisasi Staf merupakan bentuk organisasi yang mempunyai garis kebijaksanaan yang menyebar secara
horizontal dan dalam hubungan kerja yang bersifat demokratis.
c.Organisasi
Lini Staf merupakan gabungan (kombinasi) antara bentuk organisasi
lini dan organisasi lini dan organisasi staf. Garis komando bersifat instruktif
dan garis kebijaksaanyang bersifat demokrtis dalam hubungan kerja yang bersifat
kooperatif.
12. Sebutkan dan jelaskan beberapa azas yang harus
dipenuhi dalam penyusunan suatu organisasi yang baik.
Jawab:
a.Organisasi yang disusun harus fungsional bagi pencapaian tujuan;
b.Pengelompokkan satuan kerja harus
menggambarkan pembagian yang jelas;
c.Organisasi yang baik harus
menampakkan usaha mengatur pelimpahan wewenang dan tanggung jawab dengan tegas;
d.Organisasi harus mencerminkan rentangan kontrol;
e.Organisasi yang baik harus fleksibel dan seimbang;
13. Mengapa manusia perlu berorganisasi, berkomunikasi dan
bekerjasama? Jelaskan pendapat anda.
Jawab:
Manusia perlu
berorganisasi karena organisasi dapat membantu proses penataan, pengaturan,
penyusunan, pembagian tugas pekerjaan dari sekelompok orang dalam usaha
kerjasama untuk mencapai tujuan mereka.
Manusia perlu berkomunikasi karena
manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dalam melakukan
pekerjaannya. Berkomunikasi merupakan kegiatan manusia untuk berhubungan satu
sama lain yang demikian otomatis keadaannya, sehingga sering kita tidak sadari
bahwa ketrampilan berkomunikasi adalah merupakan hasil kegiatan belajar
manusia.Kegiatan berhubungan satu sama lain adalah bagian yang hakiki dari
kehidupan manusia dalam organisasi dan dalam masyarakat. Dengan kata lain,
manusia akan kehilangan hakekatnya sebagai manusia apabila dijauhkan dari
melakukan kegiatan komunikasi sesamanya.
14. Kemukakan alasan anda, mengapa manajemen dipandang
sebagai inti dari administrasi ? Buktikan pula mengapa administrasi, oganisasi,
manajemen, kepemimpinan, pengambilan keputusan dan human relations tidak bisa
dipisahkan ?
Jawab:
Manajemen dipandang
sebagai inti dari administrasi karena administrasi itu sendiri pada hakekatnya terdiri dari
organisasi dan manajemen (Organization and Management : Orway Tead), sedang
inti daripada manajemen adalah kepemimpinan (leadership is the key to
management : Dimock and Koening), inti daripada kepemimpinan adalah pengambilan
keputusan (decision making : Prajudi Atmosudirdjo), dan dalam proses
pengambilan keputusan tersebut yang perlu dipertimbangkan oleh manajer ialah
hubungan antar manusia (human relations), terutama antara pimpinan dan yang
dipimpin atau bawahan (S.P. Siagian).
Bukti mengapa
administrasi, oganisasi, manajemen, kepemimpinan, pengambilan keputusan dan
human relations tidak bisa dipisahkan dapat ditunjukkan oleh gambar berikut :
1. Administrasi 2. Organisasi
3. Manajemen 4. Kepemimpinan
5. Pengambilan keputusan 6.
Human Relations
Pada prakteknya ,
keenam komponen tersebut di atas sulit dipisahkan akan tetapi untuk kepentingan
teoritis komponen-komponen tersebut mengandung pengertian yang dapat
dibedakan.
15. Tingkat keterampilan/kecakapan apa sja yang perlu
dikuasai oleh seorang manajer pendidikan ?
Jawab:
Tingkat
keterampilan/kecakapan yang perlu dikuasai oleh seorang manajer pendidikan
adalah sebagai berikut :
MTA = Manajer Tingkat Atas (Top Manajer), pucuk pimpinan yang
menempati posisi tertinggi sehingga ia harus bertanggung jawab terhadap seluruh
kegiatan organisasi/lembaga.
MTM = Manajer Tingkat Menengah
(Midle Manager), yakni pimpinan tingkat menengah yang menjabat sebagai staf
pembantu dari Top Manager.
MTB = Manajer Tingkat Bawah
(Lower Manager), yakni pimpinan pelaksana yang bertanggung jawabatas
terwujudnya beban tugas/pekerjaan yang harus dilaksanakan sehari-hari di
lingkungan organisasi/ lembaga.
16. Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan suatu komunikasi
bisa terjadi ? Jelaskan ! Untuk apa komunikasi dilakukan ?
Jawab:
Faktor-faktor yang menyebabkan suatu komunikasi bisa terjadi yaitu :
(a) Siapa yang berkomunikasi ? (sumber/komunikator),
(b) Mengapa ia berkomunikasi ? (tujuan yang dinginkan),
(c) Kepada siapa ia berkomunikasi ? (penerima/komunikan),
(d) Apa yang ia komunikasikan ? (pesan, ide, data,
informasi),
(e) Sarana komunikasi apa yang digunakan sehingga pesan dapat
diterima oleh dipenerima pesan ? (saluran, alat, chanel),
(f) Dimana ia berkomunikasi ? (tempat, wadah, organisasi)
(g) Dalam hubungan apa ia berkomunikasi ? (sifat hubungan),
(h) Kapan ia berkomunikasi ? (saat, waktu, keadaan).
Komunikasi dilakukan
untuk saling tukar informasi, berita, pesan, pengetahuan, pikiran, nilai-nilai
tertentu, dengan maksud agar menggugah partisipasi dengan harapan agar hal-hal
(informasi) yang diberitahukan tersebut menjadi milik bersama antara orang yang
menyampaikan (komunikator) dengan orang yang menerima informasi itu
(komunikan).
17. Kegiatan-kegiatan apa saja yang anda anggap perlu
dilakukan bagi tata usaha sekolah yang baik ?
Jawab:
Kegiatan-kegiatan yang
saya anggap perlu dilakukan bagi tata usaha sekolah yang baik yaitu :
(a) Menerima, mencatat dan memproses surat-surat sekolah yang
keluar maupun surat-surat yang masuk secara tertib dan teratur;
(b) Mengurus penyimpangan, pemeliharaan dan pengawetan
arsip-arsip sekolah;
(c) Mengatur dan melayani arsip bagi mereka yang
membutuhkan(guru,siswa,orangtua,siswa,alumni,sekolah,pemerintah terkait,dan
masyarakat);
(d) Mengatur pemakaian buku agenda, expedisi, dan notulen;
(e) Bertanggung jawab atas pemakaian stempel/cap sekolah;
(f) Mempersiapkan dan mengolah rancangan surat-surat sekolah;
(g) Mengatur dan menyediakan alat-alat tulis-menulis;
(h) Mengurus pencetakan atau penggandaan dan pengadaan
formulir-formulir, kartu-kartu dan daftar-daftar yang diperlukan sekolah;
(i) Menyelenggarakan rapat-rapat dinas pada waktu tertentu;
(j) Mengatur komunikasi (hubungan) dengan pihak-pihak luar;
(k) Dst....
18. Sebutkan dan jelaskan apa yang menjadi dasar dan
tujuan dari administrasi pendidikan ? Kriteria apa yang digunakan untuk
mengukur keberhasilan administrasi pendidikan ?
Jawab:
Dasar yang digunakan sebagai landasan berpijak untuk
mewujudkan kegiatan-kegiatan dalam administrasi pendidikan di Indonesia
secara umum terdapat tiga landasan yaitu:
(1) Landasan ideal dan konstitusional, yaitu Pancasila dan
UUD 1945.
(2) Landasan fundamental dan formal, yaitu
ketetapan-ketetapan Najelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dalam Garis-garis
Besar Haluan Negara (GBHN) dan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1950, tentang
Besar-besar Pendidikan dan pengajaran di sekolah.
(3) Landasan operasional, yaitu Peraturan Pemerintah,
Keputusan Presiden, Keputusan Menteri dan ketentuan-ketentuan lain yang
berkaitan dengan pengelolaan pendidikan di Indonesia.
Tujuan
administrasi pendidikan yaitu
meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan kegiatan operasional
kependidikan dalam mencapai tujuan pendidikan.
Kriteria yang
digunakan untuk mengukur keberhasilan administrasi pendidikan adalah tingkat efisiensi dalam pelaksanaan tugas-tugas administrasi.
Tingkat efisiensi ini dapat diukur dari perbandingan terbaik antara usaha
dengan menggunakan keenam kriteria/sumber kerja(pikiran, tenaga, jasmani, waktu, ruang, uang (dana), dan
alat-alat atau benda) dengan hasil
yang dicapai.
19. Jelaskan mengapa perencanaan sangat diperlukan dalam
suatu organisasi ? Aspek-aspek apa yang perlu ada dalam suatu perencanaan ?
Gambarkanlah sebuah siklus perencanaan sesuai dengan langkah-langkah
pelaksanaannya.
Jawab:
Perencanaan sangat diperlukan dalam suatu
organisasi untuk :
(a)
Menjelaskan
dan menguraikan/mengajukan secara terperinci tujuan yang hendak dicapai.
(b)
Memberikan
pegangan/petunjuk dan menetapkan kegiatan-kegiatan yang harus dikerjakan untuk
mencapai suatu tujuan.
(c)
Memberikan
batas-batas wewenang dan tanggungjawab yang jelas bagi setiap pelaksana
sehingga dengan demikian akan dapat meningktakan kerjasama/koordinasi yang baik
antara pelaksana.
(d)
Menetapkan
kriteria untuk mengukur kemajuan yang dicapai setiap saat, sehingga memudahkan
dalam evaluasi (penilaian).
(e)
Memungkinkan
terpeliharanya kesesuai antara kegiatan usaha dengan situasi dan kondisi
setempat pada setiap saat.
(f)
Menghindarkan
terjadinya pemborosan waktu, tenaga dan biaya yang tidak perlu.
Aspek-aspek yang perlu ada dalam suatu perencanaan yaitu:
(a)
Perencanaan
sebagai proses yang kontinu;
(b)
Perencanaan
melihat jauh ke depan;
(c)
Perencanaan
selalu memperhatikan prinsip ekonomi, produktif, efektif, dan efisien;
(d)
Perencanaan
selain memperhatikan situasi dan kondisi pendidikan juga sosial budaya, ekonomi
dan politik.
(e)
Perencanaan
selalu memperhatikan kebutuhan dan menyusun strategi/langkah-langkah
kebijaksanaan untuk memenuhi kebutuhan tersebut;
(f)
Menyusun
alternatif-alternatif dan skala perioritas mengenai tujuan, kegiatan dan
sasaran yang ingin dicapai;
(g)
Menggunakan
seefisien mungkin sumber-sumber yang bersifat terbatas.
Gambaran sebuah siklus
perencanaan sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaannya sebagai berikut :
(a)
Perencanaan
tujuan untuk merumusan tujuan yang hendak dicapai sebagai tujuan umum dan
mengadakan pembagian tugas pokok yang diurutkan berdasarkan kepentingan sebagai
tujuan khusus.
(b)
Perencanaan
kebijaksanaan untuk merumuskan berbagai kebijaksanaan yang akan dijadikan
sebagai petunjuk/pegangan/ pedoman tentang bagaimana usaha untuk mencapai
tujuan, sehingga segala usaha yang dilaksanakan akan terarah kepada tujuan yang
hendak dicapai.
(c)
Perencanaan
prosedur untuk merumuskan batas-batas wewenang dan tanggung jawab dari
masing-masing petugas,merumuskan pembagian tugas dan cara mengerjakan pekerjaan
setiap petugas dalam suasana kerja sama yang harmonis.
(d)
Perencanaan
skala kemajuan untuk menetapkan patokan-patokan (kriteria) tertentu baik
kuantitas maupun kualitas untuk mengukur taraf kemajuan yang telah dicapai.
(h)
Perencanaan
menyeluruh (overall planning) untuk menyusun suatu perencanaan yang menyeluruh
sehingga diperoleh suatu program yang bulat dan teratur yang merupakan
integrasi dari semua perencanaan dari fase pertama sampai dengan fase keempat.
Fase ini disebut dengan fase programming planning. (S. Nasution, 1972:234-235)
20. Cara apa saja yang ditempuh seorang pimpinan dalam
melaksanakan bimbingan dan pengarahan kepada bawahannya ?
Jawab:
Cara yang
ditempuh seorang pimpinan dalam melaksanakan bimbingan dan pengarahan kepada
bawahannya yaitu :
(a)
Memberikan
informasi, baik secara langsung maupun tidak langsung (dengan surat edaran,
pembicaraan formil/informil, rapat, diskusi, lokarya, dan sebagainya).
(b)
Melalui
surat perintah atau instruksi, atau surat keputusan yang bersifat mewajibkan
dan atau menjelaskan perintah.
(c)
Memberikan
contoh atau mengerjakan langsung tugas tertentu sementara bawahan mengamati
dengan teliti.
(d)
Dst...
21. Jelaskan alasan anda, mengapa pengawasan dalam organisasi
sangat diperlukan ? Syarat apa yang perlu bagi seorang pengawas ? Dan apa
manfaatnya pengawasan itu dilakukan ?
Jawab:
Pengawasan dalam organisasi sangat
diperlukan untuk mengukur kadar (tingkat) efektivitas dan efisiensi penggunaan
metode dan alat-alat kerja tertentu guna melihat apakah kegiatan yang
dilaksanakan telah sesuai dengan rencana yang telah digariskan dan sebagai
masukan untuk menentukan rencana kerja yang akan datang dalam usaha mencapai
tujuan.
Syarat yang harus dimiliki oleh seorang
pengawas yaitu :
(a) Memiliki wawasan yang luas mengenai
seluk-beluk pekerjaan yang erada di bawah pengawasannya.
(b) Memiliki
pengetahuan yang cukup tentang rencana, policy, dan tujuan yang akan dicapai
oleh organisasi serta tujuan setiap bagian (unit kerja) yang berda di bawah
pengawasannya.
(c) Memiliki
kemampuan tentang cara-cara melaksanakan pengawasan yang baik.
(d) Dapat
menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi dimana pelaksanaan pengawasan itu
berlangsung.
Manfaat pengawasan dilakukan agar semua
kegiatan dapat berjalan sesuai dengan rencana tanpa terjadi
penyimpangan-penyimpangan yang mengakibatkan tujuan yang telah direncanakan
sulit untuk dicapai serta untuk mengecek rencana kualitas maupun kuantitas
dengan membandingkan hasil yang telah dicapai dengan rencana yang telah
ditetapkan.
22. Apa yang dimaksud dengan penilaian yang bersifat
kuantitatif dan penilaian yang bersifat kualitatif ?
Jawab:
Penilaian yang bersifat
kuantitatif adalah penilaian yang didasarkan atas mutu(kualitas) dari subjek
atau objek yang dinilai terhadap data yang diperoleh melalui pengawasan yang
dinyatakan dengan berbagai kriteria seperti : sangat baik,baik,cukup,kurang,dan
kurang sekali.
Penilaian yang bersifat
kualitatif adalah penilaian yang didasarkan atas skor/bobot dari subjek atau
objek yang dinilai terhadap data yang diperoleh melalui pengawasan yang
dinyatakan dengan berbagai kriteria seperti angka( 1 – 10 atau 10-100) dan
persentase (0-100%).
0 comments:
Sebagai pembaca yang baik tinggalkan pendapat serta komentar Anda mengenai Artikel di atas.
Terimakasih atas kunjungan Anda | Tuhan Memberkati