Headlines :
Home » » Tugas PKn 1

Tugas PKn 1

Diposkan oleh kareba toraja pada Friday, 26 October 2012 | 18:32


Soal  :

1.      Apakah yang dimaksud tripusat pendidikan itu?
Jawab : yang dimaksud tripusat pendidikan  adalah meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah an lingkungan masyarakat
2.      Mengapa pedidikan dalam kandungan tidak termasuk dalam tripusat pendidikan?
Jawab : Karena pendidikan dalam kandungan termasuk pendidikam dalam keluarga dimana  dalam keluarga merupakan kewajiban kodrati untuk memperhatikan anak-anaknya serta mendidiknya sejak anak-anak itu kecil bahkan sejak anak itu masih ada dalam kandungan.
3.      Menurut teori Thorndike, asosiasi stimulus dan respon berdasarkan tiga hukum. Jelaskan teori tersebut!
Jawab : Thorndike mengemukakan bahwa asosiasi antara stimulus dan respons mengikuti hukum-hukum berikut:
a. Hukum kesiapan
yaitu semakin siap suatu organisme memperoleh perubahan tingkah laku maka pelaksanaan tingkah laku tersebut akan menimbulkan kepuasan individu sehingga asosiasi cenderung diperkuat.
b. Hukum latihan
Yaitu semakin sering suatu tingkah laku diulang/dilatih(digunakan) maka asosiasi tersebut akan semakin kuat.
c. Hukum Akibat
Yaitu hubungan stimulus respons cenderung diperkuat bila akibatnya menyenangkan dan cenderung diperlemah jika akibatnya tidak memuaskan
4.        Jelaskan pengertian strategi pembelajaran.
Jawab : sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu
5.        Uraikan kelebihan dan kelemahan metode diskusi
Jawab : a. Kebaikan metode diskusi
(1) dapat memperluas wawasan peserta didik,
(2) dapat merangsang kreativitas peserta didik dalam memunculkan ide dalam memecahkan suatu masalah, 
(3) dapat mengembangkan sikap menghargai pendapat orang lain, 
(4). dapat menumbuhkan partisipasi peserta didik menjadi lebih aktif.

b. Kekurangan metode diskusi
(1) kemungkin besar diskusi akan dikuasai oleh peserta didik yang suka berbicara atau ingin menonjolkan diri, 
(2) tidak dapat dipakai pada kelompok yang besar, 
(3) peserta mendapat informasi yang terbatas, 
(4) menyerap waktu yang cukup banyak, 
(5) tidak semua guru memahami cara peserta didik melakukan diskusi. 
6.        Jelaskan apa metode sosio drama, metode problem solving dan metode laboratorium
Jawab :
1.      metode sosio drama berarti cara menyajikan bahan pelajaran dengan mempertunjukkan atau mempertontonkan atau mendemontrasikan cara tingkah laku dalam hubungan sosial.
2.      Metode problem solving adalah salah satu dari kegiatan metode ingkuiri ynag paling sering di gunakan, metode ingkuiri juga disebut metode penyelesaiaan masalah atau discovery. Ingkuiri lebih memberi tekanan pada keyakinan atas dirinya sendiri terhadap apa yang ditrmukan, metode problem soling lebih menekankan pada terselesaikannya masalah itu sendiri, dan discovery pada penemuan itu sendiri.
3.      metode laboratorium adalah salah satu cara mengajar guru, dimana siswa melakukan suatu percobaan tentang suatu hal, mengamati prosesnya serta menuliskan hal percobaannya, kemudian hasil pengamatan itu disampaikan dikelas dan di evaluasi oleh guru.
7.             Karakteristik PKn terletak pada nilai moral yang dikandungnya. Menurut anda, menggunakan pedoman apa agar nilai moral dapat ditanamkan pada siswa ?
Jawab: Menggunakan pedoman apa agar nilai moral dapat ditanamkan pada siswa ?
Menggunakan pedoman pendidikan nilai yaitu Pendidikan yang mensosialisasikan dan menginternalisasikan nilai-nilai dalam diri siswa. PKn SD merupakan mata pelajaran yang berfungsi sebagai pendidikan nilai yaitu mata pelajaran yang mensosialisasikan dan menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila / budaya seperti yang terdapat pada kurikulum SD.
Pelaksanaan nilai dapat melalui Taksonomi Bloom, dkk. Menggunakan jenjang efektif (Krat2 Woh, 1967) berupa penerimaan nilai (receiving). Penanggulangan nilai (organization), karakterisasi nilai (characterization). Pendidikan nilai ini ditanamkan sejak usia dini, melalui pembelajaran PKn. Nilai bermanfaat sebagai standar pegangan hidup. Nilai Pancasila perlu dipahamkan pada anak SD dengan disertai contoh penerapan nilai di sekolah dan di keluarga. mabantu sesama, sebagai perwujudan dari rasa solidaritas.
8.             Jelaskan arti nilai moral yang ada dalam PKn
Jawab : Nilai moral yang ada dalam PKn yaitu :
Pengertian nilai (value) menurut Djahiri (1999) adalah harga diri, makna, isi, dan pesan, semangat/jiwa yang tersirat dalam fakta, konsep, dan teori, sehingga bermakna secara fungsional. Difungsikan untuk mengarahkan, mengendalikan dan menentukan kelakuan seseorang.
Dictionary dalam Winata Putra (1989) nilai adalah harga atau kualitas sesuatu. Jadi dapat disimpulkan pengertian dan makna nilai adalah : suatu bobot/kualitas perbuatan kebaikan yang terdapat dalam berbagai hal yang dianggap sebagai sesuatu yang berharga, berguna dan memiliki manfaat.
9.             .Bangsa Indonesia saat sekarang sedang mengalami krisis jati diri jika dikaitkan dengan moral bangsa. Menurut saya “setuju”.
Dari segi nilai : Nilai ini sudah ditanamkan sejak dini melalui pembelajaran PKn, karena zamannya zaman modern, tenologi canggih, generasi sekarang banyak yang menyimpang dari atuaran nilai atau tidak menerapkan nilai yang melekat pada dirinya sebagai cermin perilaku hidup sehari-hari yang terwujud dalam bertindak dan bersikap. 
10.         Moral anak bangsa dapat dibentuk melalui :
Pendapat Lickona yang lebih cocok diterapkan untuk membentuk karakter anak. Pandangan Lickona dikenal Educating for Charakter. Lickona mengacu pada pemikiran filosof Michael Novak yang berpendapat watak seseorang dibentuk melalui 3 aspek yaitu :
1.Moral Knowing (konsep moral)
2.Moral Feeling (sikap moral)
3.Moral Behavior (perilaku moral).

Klik suka dan bagikan postingan ini :

0 comments:

Sebagai pembaca yang baik tinggalkan pendapat serta komentar Anda mengenai Artikel di atas.

Terimakasih atas kunjungan Anda | Tuhan Memberkati

Jika pilkada digelar hari ini, pasangan calon manakah yang Anda akan pilih?

Klik LIKE dan Ikuti

Tulis Saran dan Kritik disini.!
 
Desain by : KAREBA TORAJA - Powered by Blogger
KAREBA TORAJA :Sebagian isi dari blog ini dihimpun dari berbagai Sumber Berita terpercaya yang Kami cantumkan sebagai " Sumber ".
Hak cipta © 2014 KAREBA TORAJA dilindungi. => Back to Top