Soal :
1. Cobalah anda jelaskan dan berikanlah
contoh usaha-usaha yang dilakukan untuk menambah nilai guna suatu barang!
Jawab : contoh usaha-usaha yang dilakukan untuk
menambah nilai guna suatu barang dan
penjelasannya adalah ekstensifikasi adalah usaha meningkatkan produksi dengan
cara menambah atau memperluas faktor produksi yang digunakan. Contoh contoh,
untuk meningkatkan produksi pertanian dilakukan dengan cara menambah luas lahan
pertanian.
2. Agar proses produksi dapat berhasil,
cobalah Anda jelaskan faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi?
Jawab : faktor-faktor apa saja yang dapat
mempengaruhi proses produksi dapat berhasil adalah a. Sumber Daya Alam (natural resources)
a.
Sumber Daya Manusia (human resources)
b.
Sumber Daya Modal (Capital Resources)
c.
Keterampilan Pengusaha (skill)
3. Kita mengenal lembaga distribusi grosir
dan agen. Cobalah jelaskan perbedaan dan persamaannya!
Jawab : perbedaan dan persamaannya lembaga
distribusi grosir dan agen adalah
perbedaan adalah grosir
adalah pedagang perantara yang membeli barang dagangan untuk dijual kembali
terutama kepada pengusaha lain bukan kepada konsumen. Agen adalah pedagang perantara
yang tidak membeli dan memiliki barang yang mereka jual. Persamaannya adalah
sama-sama menjual.
4. Jelaskanlah faktor-faktor yang
mempengaruhi konsumen dalam mengkonsumsi barang!
Jawab : faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen
dalam mengkonsumsi barang adalah
(a) Tersedianya barang-barang yang dibutuhkan,
(b) Harga barang,
(c)
Penghasilan atau pendapatan
5. Jelaskanlah perbedaan dan persamaan antara
nilai pakai dan nilai tukar?
Jawab : perbedaan dan persamaan antara nilai pakai dan nilai tukar adalah
-
Nilai tukar, adalah kemampuan suatu barang untuk dapat
ditukarkan dengan barang
lain.
-
Nilai pakai, adalah kemampuan suatu barang untuk dapat dipakai dalam rangka memenuhi
atau memuaskan kebutuhan manusia.
Soal.
Latihan
1
1)
Jelaskan dengan singkat
faktor-faktor apa saja
yang mendorong timbulnya
penjelajahan dunia oleh bangsa Portugis dan Spanyol!
Jawab : faktor-faktor
apa saja yang
mendorong timbulnya penjelajahan dunia oleh bangsa Portugis dan Spanyol
adalah
-
faktor
ekstern adalah kondisi yang terjadi di Eropa sehingga memungkinkan terjadinya
penjajahan di Indonesia tidak lepas dari masuknya bangsa Barat ke Asia Tenggara
pada abad ke-16 yang secara bertahap membawa bangsa Indonesia ke lingkup
perdagangan Internasional dan bersamaan dengan itu pula secara tahap demi
setahap kekuasaan asing mulai masuk ke tanah air kita.
-
Faktor intern adalah Kontak hubungan perdagangan, seperti lazimnya seorang
pedagang yang pada awalnya tidak mempunyai prasangka yang negatif terhadap
tamunya yang datang ke Indonesia untuk membeli rempah-rempah.
2)
Apakah yang Anda ketahui tentang
buku Itinerario?
Jawab : Jawab : yang saya ketahui
tentang buku Itinerario adalah sebuah buku yang menyebapkan indonesia dijajah oleh
belanda selam 3,5 abad
3)
Jelaskan faktor-faktor yang mendorong Belanda untuk menemukan jalan
pelayaran ke Indonesia!
Jawab
: faktor-faktor
yang mendorong Belanda untuk menemukan jalan pelayaran ke Indonesia yaitu karena adaya buku yang
menceritaka tentang suatu daerah yang kaya aka
4)
Jelaskan bahwa hak-hak kewajiban VOC itu sangat janggal dimiliki oleh suatu
badan seperti VOC, dan apakah akibatnya!
Jawab
: hak-hak
kewajiban VOC itu sangat janggal yaitu kerja paksa yang
dilakukan oleh belanda kepada rakyat
akibatnya rakyak menderita
5)
Cobalah buatkan bagan secara kronologis
kekuasaan kolonial di Indonesia!
Jawab
:
latihan
2
1)
Coba Anda jelaskan, faktor-faktor apa
sajakah yang mendorong timbulnya kebangkitan nasional!
Jawab : faktor-faktor
apa sajakah yang
mendorong timbulnya kebangkitan nasional adalah
2)
Mengapa Budi Utomo dijadikan sebagai awal kelahiran pergerakan nasional?
Jawab : Utomo dijadikan sebagai awal
kelahiran pergerakan nasional karena Lahirnya Sumpah Pemuda berkaitan erat
dengan kelahiran Budi Utomo yang merupakan cikal bakal terbentuknya organisasi
pergerakan nasional. Setelah kelahiran BU secara simultan diikuti lahirnya
organisasi pergerakan bersifat kedaerahan yang merupakan pancang-pancang
kerangka baja dalam membentuk rumah bangsa yang kelak merdeka.
3)
Bagaimana peranan organisasi
pemuda dalam usaha mewujudkan persatuan bangsa Indonesia?
Jawab : peranan organisasi
pemuda dalam usaha mewujudkan persatuan bangsa Indonesia adalah berhasil
menyusun intisari keputusan yang akan diikrarkan bersama-sama oleh segenap
peserta kongres sebagai kebulatan tekad para pemuda-pemudi Indonesia.
4)
Coba Anda jelaskan karakteristik perjuangan bangsa Indonesia pada masa
pergerakan nasional !
Jawab : karakteristik perjuangan
bangsa Indonesia pada masa pergerakan nasional adalah memperjuangkan partainya
ada yang menempuh jalan non-kooperatif ada pula yang menempuh jalan kooperatif
dengan pemerintah kolonial, namun pada hakikatnya organisasi yang berkembang
pada masa ini memiliki persamaan tujuan, yaitu mencapai Indonesia merdeka.
BAB 5
1)
Diskusikanlah dengan teman Anda atau dalam kelompok kecil Anda tentang
unsur-unsur apa yang membentuk sistem perekonomian di Indonesia?
Jawab
: unsur-unsur apa
yang membentuk sistem perekonomian di Indonesia adalah
2)
Diskusikanlah dengan teman Anda atau dalam kelompok kecil Anda tentang
sistem ekonomi yang mana yang cocok dengan Pasal 33 UUD 1945?
Jawab
: sistem ekonomi
yang mana yang cocok dengan Pasal 33 UUD 1945 adalah Sistem Perekonomian Indonesia
3)
Diskusikanlah dengan teman Anda atau dalam kelompok kecil Anda tentang
bagaimana peran koperasi sebagai sokoguru perekonomian Indonesia? Apakah sudah terwujud?
Jawab
: peran koperasi
sebagai sokoguru perekonomian Indonesia adalah
Apakah sudah terwujud
4)
Diskusikanlah dengan teman Anda atau dalam kelompok kecil Anda tentang
bagaimana peranan pelaku ekonomi dalam mencapai cita-cita bangsa?
Jawab
: peranan pelaku
ekonomi dalam mencapai cita-cita bangsa adalah Peranan negara beserta aparatur
ekonomi negara adalah penting, tetapi tidak dominan agar dicegah tumbuhnya
sistem etatisme (serba negara). Peranan swasta adalah penting, tetapi juga tidak
dominan agar dicegah tumbuhnya free flight liberalism.
BAB
6
1) Jelaskan kaitan antara ilmu, teknologi dan
masyarakat!
Jawab : kaitan antara ilmu, teknologi dan masyarakat adalah Ilmu, teknologi dan
masyarakat setiap saat mengalami perubahan, hal ini seiring dengan perkembangan
dan kemajuan teknologi yang terus-menerus meningkat, mulai dari penemuan yang
sederhana sampai dengan teknologi yang super mutakhir. Kesejajaran perkembangan
ilmu, teknologi dan masyarakat dengan pengembangan pengajaran dimungkinkan akan
terjadi keseimbangan pertumbuhan di masyarakat, baik secara fisik maupun
psikis.
2) Jelaskan tujuan pengembangan IPS untuk
persekolahan menurut Noris Harms!
Jawab : Tujuan pengembangan IPS untuk persekolahan menurut
Noris Harms adalah
a.
IPS
untuk memenuhi kebutuhan pribadi Individu.
b.
IPS
untuk memecahkan berbagai persoalan-persoalan kemasyarakatan masa kini.
c.
IPS
untuk membantu dalam memilih karir. Pendidikan IPS hendaknya
menyadarkan
semua siswa akan hakikat dan ruang lingkup keragaman karir yang berkaitan
dengan ilmu dan teknologi yang terbuka bagi semua siswa mempunyai bakat
berbeda.
d. PS untuk mempersiapkan studi lanjutan.
3)
Sebutkan
keunggulan langkah-langkah pengambilan keputusan yang sistematis dalam
mempelajari isu-isu ilmu, teknologi, dan masyarakat dalam pembelajaran IPS!
Jawab : keunggulan langkah-langkah pengambilan keputusan yang sistematis dalam
mempelajari isu-isu ilmu, teknologi, dan masyarakat dalam pembelajaran IPS
adalah dapat membantu mengembangkan intelektual siswa, kemampuan memecahkan
masalah dan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan secara fleksibel dan
terorganisasi
BAB
7
LATIHAN
1
1.
Apa
perbedaan antara pengetahuan, ilmu pengetahuan, dan teknologi? Cobalah Anda jelaskan!
Jawab : perbedaan antara pengetahuan, ilmu pengetahuan,
dan teknologi adalah Ilmu pengetahuan dan praktik/percobaan merupakan
prasyarat untuk tumbuh dan berkembangnya teknologi.Teknologi adalah
suatu studi sistematik akan teknik-teknik untuk membuat dan mengerjakan
berbagai benda.
2.
Teknologi
dikembangkan oleh manusia, tetapi teknologi mempunyai sifat-sifat khusus. Cobalah Anda sebutkan 4 sifat teknologi tersebut!
Jawab : 4
sifat teknologi adalah
Ø Ilmu pengetahuan dan praktik/percobaan
merupakan prasyarat untuk tumbuh dan berkembangnya teknologi.
Ø Teknologi dapat berupa kompetensi yang
melekat pada diri manusia, dapat berwujud fisik yang melekat pada mesin dan
peralatan maupun informasi yang diwadahi oleh sistem dan organisasi.
Ø Teknologi tidak memberikan nilai guna jika
tidak diterapkan atau tidak terbagi dan tidak terpakai secara tepat guna.
Ø Sebagai salah satu asset perusahaan,
teknologi dapat ditemukan, dikembangkan atau bahkan tidak bernilai guna jika
teknologi yang dimiliki sudah kadaluwarsa.
3. Apa yang Anda ketahui tentang Revolusi
Hijau itu, dan apa tujuan utamanya?
Jawab : yang Anda ketahui tentang Revolusi Hijau itu, dan
apa tujuan utamanya Revolusi Hijau adalah Iptek pertanian yang lebih maju dari
periode sebelumnya telah diterapkan dan dimanfaatkan. Tujuan utamanya adalah
mengatasi krisis populasi dan sumber daya alam yang menyerang negara-negara
berkembang.
4.
Untuk
masa yang akan datang, di Indonesia harus dikembangkan teknologi-teknologi
untuk memecahkan masalah-masalah yang timbul. Cobalah
Anda jelaskan macam-macam teknologinya!
Jawab : macam-macam
teknologi:
1. Teknologi Maju, yaitu teknologi yang
berkaitan dengan berbagai bidang yang vital untuk masa depan bangsa Indonesia
antara lain produksi ekstratif (khususnya bidang metalorgi dan teknologi
mineral) dan penelitian serta pengembangan bidang energi, (khususnya tenaga
nuklir).
2. Teknologi Adaptif, yaitu perkembangan
teknologi dan hasil penemuan yang bersumber pada penelitian dan pengembangan di
negara-negara maju yang masih harus diolah.
3. Teknologi Adaptif, yaitu perkembangan
teknologi dan hasil penemuan yang bersumber pada penelitian dan pengembangan di
negara-negara maju yang masih harus diolah.
5. Apa hubungan antara Teknologi dengan
pendidikan? Jelaskanlah!
Jawab :
Ada 3 Perspektif tentang hubungan antara teknologi
dengan pendidikan :
Perspektif pertama, adalah perspektif yang memandang bahwa teknologi adalah produk pendidikan. Perspektif ini berlaku di negara atau lembaga pendidikan yang budaya research & development-nya sudah sangat bagus. Memandang teknologi sebagai produk pendidikan memiliki dampak positif berupa tidak terikatnya pendidikan terhadap keterbatasan teknologi.
Perspektif kedua, adalah perspektif yang menganggap bahwa teknologi adalah akselerator pendidikan. Perspektif ini bisa benar, jika penguasaan tenaga didik terhadap pedagogik dan andragogik-nya juga sudah benar.
Perspektif ketiga, adalah perspektif yang paling banyak dimiliki oleh kalangan pendidik Indonesia, dan merupakan sebuah salah kaprah akut. Yakni memandang bahwa teknologi adalah Pendidikan. Seakan-akan papan tulis dan metode belajar tradisional tidak punya “tempat” lagi untuk mengembangkan peserta didik yang bermutu.
Perspektif pertama, adalah perspektif yang memandang bahwa teknologi adalah produk pendidikan. Perspektif ini berlaku di negara atau lembaga pendidikan yang budaya research & development-nya sudah sangat bagus. Memandang teknologi sebagai produk pendidikan memiliki dampak positif berupa tidak terikatnya pendidikan terhadap keterbatasan teknologi.
Perspektif kedua, adalah perspektif yang menganggap bahwa teknologi adalah akselerator pendidikan. Perspektif ini bisa benar, jika penguasaan tenaga didik terhadap pedagogik dan andragogik-nya juga sudah benar.
Perspektif ketiga, adalah perspektif yang paling banyak dimiliki oleh kalangan pendidik Indonesia, dan merupakan sebuah salah kaprah akut. Yakni memandang bahwa teknologi adalah Pendidikan. Seakan-akan papan tulis dan metode belajar tradisional tidak punya “tempat” lagi untuk mengembangkan peserta didik yang bermutu.
BAB
8
1. Apakah yang dimaksud dengan masalah dan
masalah sosial?
Jawab : yang dimaksud dengan masalah dan masalah sosial
adalah
-
masalah
Gejala yang berlangsung secara nyata inilah yang dinamakan dengan das sein. Antara das
sollen dengan das sein tidak
selalu terjadi kesesuaian.
-
Masalah
sosial adalah berkaitan dengan ukuran tentang nilai-nilai dan norma-norma
sosial yang berlaku dalam kehidupan masyarakat.
2. Sebutkanlah dan jelaskan masalah-masalah
sosial yang ada disekitar kita!
Jawab : masalah-masalah sosial yang ada disekitar kita
adalah
·
kemiskinan
bisa dipandang secara relatif oleh masing-masing orang, hal ini tergantung pada
taraf kehidupan masyarakat setempat
·
Kejahatan
dan kriminalitas berhubungan dengan organisasi-organisasi yang hidup dalam
masyarakat. Biasanya kejahatan yang dilakukan oleh seseorang disebabkan karena
adanya kekecewaan, merupakan bentuk kompensasi.
·
disorganisasi keluarga adalah perpecahan keluarga sebagai satu unit karena
anggota keluarga gagal memenuhi kewajibannya yang sesuai dengan peranan
sosialnya.
·
Pelanggaran
Terhadap Norma-norma Masyarakat Bentuk masalah sosial
yang disebabkan karena adanya pelanggaran terhadap norma-norma sosial yang
hidup dalam masyarakat dapat berupa
3. Berikanlah contoh masalah-masalah sosial
dalam lingkup lokal, nasional, dan internasional!
Jawab :
masalah-masalah sosial dalam
lingkup lokal antara lain :
1. Kemiskinan
2. Kejahatan atau Kriminal
3. Keluarga
masalah-masalah sosial dalam lingkup Nasional yaitu
1. Komplik sosial
2. Kependudukan
masalah-masalah sosial dalam lingkup Internasional yaitu :
1.
Masalah Lingkungan
2.
Terorisme
3.
Perdagangan
BAB 9
1. Tugas ini harus Anda lakukan sendiri.
Tugas Anda adalah melakukan
identifikasi terhadap peristiwa, fakta-fakta, konsep-konsep dan generalisasi
sebagai bahan ajar Anda di kelas 3 Semester 2 untuk topik dan sub topik sebagai
berikut :
a. Jenis-jenis pekerjaan.
b.
Pentingnya semangat kerja.
c. Kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan
sekolah.
d.
Sejarah uang
e. Penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan.
Jawab :
a.
Jenis-jenis pekerjaan antara lain :
-
Petani
-
Wiraswasta
-
PNS
-
dll
b.
Pentingnya semangat kerja Yaitu memacu keinginan untun mendapatkan sesuatu
yang kita inginkan
c.
Kegiatan
jual beli di lingkungan rumah dan sekolah antara lain Koperasi ,Kantin dsb.
d.
Sejarah uang
e. Penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan
2. Apabila sudah selesai, lakukanlah evaluasi
dan diskusi dengan teman Anda terhadap hasil kerja yang sudah Anda lakukan.
Carilah kekurangan-kekurangannya guna perbaikan dan penyempurnaan terhadap
hasil pekerjaan Anda.
3. Tugas yang dilaksanakan, yaitu
mengidentifikasi fakta-fakta, konsep-konsep dan generalisasi yang digunakan
paduan di dalam uraian bahan pengajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan
belajar mengajar di kelas.
Diskusikan dengan teman
sekelas agar diperoleh masukan yang dapat memperluas dan memperdalam wawasan
Anda mengenai pembahasan materi di atas.
BAB 10
Soal :
1.
Apakah sasaran pendekatan
kognitif yang berorientasi proses penelitian?
Jawab : pendekatan yang berorientasi pada proses penelitian dikenal sebagai
pendekatan inkuiri dengan prosedur sebagai berikut :
Masalah - Hipotesis - Data – kesimpulan
Masalah - Hipotesis - Data – kesimpulan
2.
Apakah sasaran pendekatan kognitif yang berorientasi proses
konseptualisasi?
Jawab : pendekatan yang beroientasi pada proses konseptualisasi
memusatkan perhatian proses pemahaman masalah dan penggunaan faktor konsep
genealisasi dan teori.
Soal :
1. Bagaimana kaitan antara pembinaan emosi,
nilai dan sikap, serta perilaku sosial dengan tuntutan untuk menjadikan murid
sebagai actor sosial?
Jawab : kaitan antara pembinaan emosi, nilai dan sikap,
serta perilaku sosial dengan tuntutan untuk menjadikan murid sebagai actor
sosial yaitu tanpa pembinaan emosi
murid sebagai aktor sosial akan bersikap dan berperilaku yang kurang baik
sehingga berpenggaruk kepada nialai atau hal yang ingin kita capai .
2.
Di
antara 4 model pembelajaran nilai dan sikap model mana (pilih satu model) yang
menurut Anda lebih mudah digunakan dalam pembelajaran
IPS di kelas yang Anda pegang (Kelas 3 atau 4 atau 5 atau 6).
Jawab : Teknik mengklarifikasi nilai (value clarification
technique)atau sering disingkat VCT dapat diartikan sebagai teknik pengajaran
untuk membantu siswa dalam mencari dan menentukan suatu nilai yang dianggap
baik dalam menghadapi suatu persoalan melalui proses menganalisis nilai yang
sudah ada dan tertanam dalam diri siswa. Menurut A. Kosasih Djahiri (1985)
model pembelajaran VCT meliputi; metode percontohan; analisis nilai;
daftar/matriks; kartu keyakinan; wawancara, yurisprudensi dan teknik inkuiri
nilai. Selain itu dikenal juga dengan metode bermain peran, diskusi, curah
pendapat. Metode dan model di atas dianggap sangat cocok diterapkan dalam
pembelajaran PKn, karena mata pelajaran PKn mengemban misi untuk membina nilai,
moral, sikap dan prilaku siswa, disamping membina
kecerdasan (knowledge) siswa.
0 comments:
Sebagai pembaca yang baik tinggalkan pendapat serta komentar Anda mengenai Artikel di atas.
Terimakasih atas kunjungan Anda | Tuhan Memberkati