Headlines :
Home » » Tugas IPS 1

Tugas IPS 1

Diposkan oleh kareba toraja pada Friday, 26 October 2012 | 18:36


Soal :
1.      Cobalah anda jelaskan dan berikanlah contoh usaha-usaha yang dilakukan untuk menambah nilai guna suatu barang!
Jawab : contoh usaha-usaha yang dilakukan untuk menambah nilai guna suatu barang  dan penjelasannya adalah ekstensifikasi adalah usaha meningkatkan produksi dengan cara menambah atau memperluas faktor produksi yang digunakan. Contoh contoh, untuk meningkatkan produksi pertanian dilakukan dengan cara menambah luas lahan pertanian.

2.      Agar proses produksi dapat berhasil, cobalah Anda jelaskan faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi?
Jawab : faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi proses produksi dapat berhasil adalah a. Sumber Daya Alam (natural resources)
a.      Sumber Daya Manusia (human resources)
b.      Sumber Daya Modal (Capital Resources)
c.       Keterampilan Pengusaha (skill)

3.      Kita mengenal lembaga distribusi grosir dan agen. Cobalah jelaskan perbedaan dan persamaannya!
Jawab : perbedaan dan persamaannya lembaga distribusi grosir dan agen adalah
perbedaan adalah grosir adalah pedagang perantara yang membeli barang dagangan untuk dijual kembali terutama kepada pengusaha lain bukan kepada konsumen. Agen adalah pedagang perantara yang tidak membeli dan memiliki barang yang mereka jual. Persamaannya adalah sama-sama menjual.

4.      Jelaskanlah faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam mengkonsumsi barang!
Jawab : faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam mengkonsumsi barang adalah
(a) Tersedianya barang-barang yang dibutuhkan,
(b) Harga barang,
(c) Penghasilan atau pendapatan

5.      Jelaskanlah perbedaan dan persamaan antara nilai pakai dan nilai tukar?
Jawab : perbedaan dan persamaan antara nilai pakai dan nilai tukar adalah
-           Nilai tukar, adalah kemampuan suatu barang untuk dapat ditukarkan dengan barang
lain.
-       Nilai pakai, adalah kemampuan suatu barang untuk dapat dipakai dalam rangka memenuhi atau memuaskan kebutuhan manusia.

                                                        


Soal.
Latihan 1
1)      Jelaskan   dengan   singkat   faktor-faktor   apa   saja   yang   mendorong timbulnya penjelajahan dunia oleh bangsa Portugis dan Spanyol!
Jawab : faktor-faktor   apa   saja   yang   mendorong timbulnya penjelajahan dunia oleh bangsa Portugis dan Spanyol adalah
-       faktor ekstern adalah kondisi yang terjadi di Eropa sehingga memungkinkan terjadinya penjajahan di Indonesia tidak lepas dari masuknya bangsa Barat ke Asia Tenggara pada abad ke-16 yang secara bertahap membawa bangsa Indonesia ke lingkup perdagangan Internasional dan bersamaan dengan itu pula secara tahap demi setahap kekuasaan asing mulai masuk ke tanah air kita.
-       Faktor intern adalah Kontak hubungan perdagangan, seperti lazimnya seorang pedagang yang pada awalnya tidak mempunyai prasangka yang negatif terhadap tamunya yang datang ke Indonesia untuk membeli rempah-rempah.

2)      Apakah yang Anda ketahui tentang buku Itinerario?
Jawab : Jawab : yang saya ketahui tentang buku Itinerario adalah sebuah buku  yang menyebapkan indonesia dijajah oleh belanda selam 3,5 abad

3)      Jelaskan faktor-faktor yang mendorong Belanda untuk menemukan jalan pelayaran ke Indonesia!
Jawab : faktor-faktor yang mendorong Belanda untuk menemukan jalan pelayaran ke Indonesia yaitu karena adaya buku yang menceritaka tentang suatu daerah yang kaya aka

4)      Jelaskan bahwa hak-hak kewajiban VOC itu sangat janggal dimiliki oleh suatu badan seperti VOC, dan apakah akibatnya!
Jawab : hak-hak kewajiban VOC itu sangat janggal yaitu  kerja paksa yang dilakukan  oleh belanda kepada rakyat akibatnya rakyak menderita

5)      Cobalah   buatkan  bagan   secara  kronologis   kekuasaan     kolonial   di Indonesia!
Jawab :


latihan 2
1)      Coba  Anda jelaskan,   faktor-faktor  apa  sajakah   yang   mendorong timbulnya kebangkitan nasional!
Jawab : faktor-faktor  apa  sajakah   yang   mendorong timbulnya kebangkitan nasional adalah

2)      Mengapa Budi Utomo dijadikan sebagai awal kelahiran pergerakan nasional?
Jawab : Utomo dijadikan sebagai awal kelahiran pergerakan nasional karena Lahirnya Sumpah Pemuda berkaitan erat dengan kelahiran Budi Utomo yang merupakan cikal bakal terbentuknya organisasi pergerakan nasional. Setelah kelahiran BU secara simultan diikuti lahirnya organisasi pergerakan bersifat kedaerahan yang merupakan pancang-pancang kerangka baja dalam membentuk rumah bangsa yang kelak merdeka.

3)      Bagaimana  peranan  organisasi   pemuda dalam usaha mewujudkan persatuan bangsa Indonesia?
Jawab : peranan  organisasi   pemuda dalam usaha mewujudkan persatuan bangsa Indonesia adalah berhasil menyusun intisari keputusan yang akan diikrarkan bersama-sama oleh segenap peserta kongres sebagai kebulatan tekad para pemuda-pemudi Indonesia.

4)      Coba Anda jelaskan karakteristik perjuangan bangsa Indonesia pada masa pergerakan nasional !
Jawab : karakteristik perjuangan bangsa Indonesia pada masa pergerakan nasional adalah memperjuangkan partainya ada yang menempuh jalan non-kooperatif ada pula yang menempuh jalan kooperatif dengan pemerintah kolonial, namun pada hakikatnya organisasi yang berkembang pada masa ini memiliki persamaan tujuan, yaitu mencapai Indonesia merdeka.

BAB 5
1)      Diskusikanlah dengan teman Anda atau dalam kelompok kecil Anda tentang unsur-unsur apa yang membentuk sistem perekonomian di Indonesia?
Jawab : unsur-unsur apa yang membentuk sistem perekonomian di Indonesia adalah

2)      Diskusikanlah dengan teman Anda atau dalam kelompok kecil Anda tentang sistem ekonomi yang mana yang cocok dengan Pasal 33 UUD 1945?
Jawab : sistem ekonomi yang mana yang cocok dengan Pasal 33 UUD 1945 adalah Sistem Perekonomian Indonesia

3)      Diskusikanlah dengan teman Anda atau dalam kelompok kecil Anda tentang bagaimana peran koperasi sebagai sokoguru perekonomian Indonesia? Apakah sudah terwujud?
Jawab : peran koperasi sebagai sokoguru perekonomian Indonesia adalah  Apakah sudah terwujud

4)      Diskusikanlah dengan teman Anda atau dalam kelompok kecil Anda tentang bagaimana peranan pelaku ekonomi dalam mencapai cita-cita bangsa?
Jawab : peranan pelaku ekonomi dalam mencapai cita-cita bangsa adalah Peranan negara beserta aparatur ekonomi negara adalah penting, tetapi tidak dominan agar dicegah tumbuhnya sistem etatisme (serba negara). Peranan swasta adalah penting, tetapi juga tidak dominan agar dicegah tumbuhnya free flight liberalism.


BAB 6
1)      Jelaskan kaitan antara ilmu, teknologi dan masyarakat!
Jawab : kaitan antara ilmu, teknologi dan masyarakat adalah Ilmu, teknologi dan masyarakat setiap saat mengalami perubahan, hal ini seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yang terus-menerus meningkat, mulai dari penemuan yang sederhana sampai dengan teknologi yang super mutakhir. Kesejajaran perkembangan ilmu, teknologi dan masyarakat dengan pengembangan pengajaran dimungkinkan akan terjadi keseimbangan pertumbuhan di masyarakat, baik secara fisik maupun psikis.
2)      Jelaskan tujuan pengembangan IPS untuk persekolahan menurut Noris Harms!
Jawab : Tujuan pengembangan IPS untuk persekolahan menurut Noris Harms adalah
a.    IPS untuk memenuhi kebutuhan pribadi Individu.
b.    IPS untuk memecahkan berbagai persoalan-persoalan kemasyarakatan masa kini.
c.    IPS untuk membantu dalam memilih karir. Pendidikan IPS hendaknya
menyadarkan semua siswa akan hakikat dan ruang lingkup keragaman karir yang berkaitan dengan ilmu dan teknologi yang terbuka bagi semua siswa mempunyai bakat berbeda.
d.    PS untuk mempersiapkan studi lanjutan.

3)      Sebutkan keunggulan langkah-langkah pengambilan keputusan yang sistematis dalam mempelajari isu-isu ilmu, teknologi, dan masyarakat dalam pembelajaran IPS!
Jawab : keunggulan langkah-langkah pengambilan keputusan yang sistematis dalam mempelajari isu-isu ilmu, teknologi, dan masyarakat dalam pembelajaran IPS adalah dapat membantu mengembangkan intelektual siswa, kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan secara fleksibel dan terorganisasi
BAB 7
LATIHAN 1
1.      Apa perbedaan antara pengetahuan, ilmu pengetahuan, dan teknologi? Cobalah Anda jelaskan!
Jawab : perbedaan antara pengetahuan, ilmu pengetahuan, dan teknologi adalah Ilmu pengetahuan dan praktik/percobaan merupakan prasyarat untuk tumbuh dan berkembangnya teknologi.Teknologi adalah suatu studi sistematik akan teknik-teknik untuk membuat dan mengerjakan berbagai benda.

2.      Teknologi dikembangkan oleh manusia, tetapi teknologi mempunyai sifat-sifat khusus. Cobalah Anda sebutkan 4 sifat teknologi tersebut!
Jawab : 4 sifat teknologi adalah
Ø  Ilmu pengetahuan dan praktik/percobaan merupakan prasyarat untuk tumbuh dan berkembangnya teknologi.
Ø  Teknologi dapat berupa kompetensi yang melekat pada diri manusia, dapat berwujud fisik yang melekat pada mesin dan peralatan maupun informasi yang diwadahi oleh sistem dan organisasi.
Ø  Teknologi tidak memberikan nilai guna jika tidak diterapkan atau tidak terbagi dan tidak terpakai secara tepat guna.
Ø  Sebagai salah satu asset perusahaan, teknologi dapat ditemukan, dikembangkan atau bahkan tidak bernilai guna jika teknologi yang dimiliki sudah kadaluwarsa.

3.      Apa yang Anda ketahui tentang Revolusi Hijau itu, dan apa tujuan utamanya?
Jawab : yang Anda ketahui tentang Revolusi Hijau itu, dan apa tujuan utamanya Revolusi Hijau adalah Iptek pertanian yang lebih maju dari periode sebelumnya telah diterapkan dan dimanfaatkan. Tujuan utamanya adalah mengatasi krisis populasi dan sumber daya alam yang menyerang negara-negara berkembang.

4.      Untuk masa yang akan datang, di Indonesia harus dikembangkan teknologi-teknologi untuk memecahkan masalah-masalah yang timbul. Cobalah Anda jelaskan macam-macam teknologinya!
Jawab : macam-macam teknologi:
1.      Teknologi Maju, yaitu teknologi yang berkaitan dengan berbagai bidang yang vital untuk masa depan bangsa Indonesia antara lain produksi ekstratif (khususnya bidang metalorgi dan teknologi mineral) dan penelitian serta pengembangan bidang energi, (khususnya tenaga nuklir).
2.      Teknologi Adaptif, yaitu perkembangan teknologi dan hasil penemuan yang bersumber pada penelitian dan pengembangan di negara-negara maju yang masih harus diolah.
3.      Teknologi Adaptif, yaitu perkembangan teknologi dan hasil penemuan yang bersumber pada penelitian dan pengembangan di negara-negara maju yang masih harus diolah.


5.      Apa hubungan antara Teknologi dengan pendidikan? Jelaskanlah!
Jawab :
Ada 3 Perspektif tentang hubungan antara teknologi dengan pendidikan :

Perspektif pertama, adalah perspektif yang memandang bahwa teknologi adalah produk pendidikan. Perspektif ini berlaku di negara atau lembaga pendidikan yang budaya research & development-nya sudah sangat bagus. Memandang teknologi sebagai produk pendidikan memiliki dampak positif berupa tidak terikatnya pendidikan terhadap keterbatasan teknologi.

Perspektif kedua, adalah perspektif yang menganggap bahwa teknologi adalah akselerator pendidikan. Perspektif ini bisa benar, jika penguasaan tenaga didik terhadap pedagogik dan andragogik-nya juga sudah benar.

Perspektif ketiga, adalah perspektif yang paling banyak dimiliki oleh kalangan pendidik Indonesia, dan merupakan sebuah salah kaprah akut. Yakni memandang bahwa teknologi adalah Pendidikan. Seakan-akan papan tulis dan metode belajar tradisional tidak punya “tempat” lagi untuk mengembangkan peserta didik yang bermutu.




BAB 8
1.      Apakah yang dimaksud dengan masalah dan masalah sosial?
Jawab : yang dimaksud dengan masalah dan masalah sosial adalah
-       masalah Gejala yang berlangsung secara nyata inilah yang dinamakan dengan das sein. Antara das sollen dengan das sein tidak selalu terjadi kesesuaian.
-       Masalah sosial adalah berkaitan dengan ukuran tentang nilai-nilai dan norma-norma sosial yang berlaku dalam kehidupan masyarakat.

2.      Sebutkanlah dan jelaskan masalah-masalah sosial yang ada disekitar kita!
Jawab : masalah-masalah sosial yang ada disekitar kita adalah
·         kemiskinan bisa dipandang secara relatif oleh masing-masing orang, hal ini tergantung pada taraf kehidupan masyarakat setempat
·         Kejahatan dan kriminalitas berhubungan dengan organisasi-organisasi yang hidup dalam masyarakat. Biasanya kejahatan yang dilakukan oleh seseorang disebabkan karena adanya kekecewaan, merupakan bentuk kompensasi.
·         disorganisasi keluarga adalah perpecahan keluarga sebagai satu unit karena anggota keluarga gagal memenuhi kewajibannya yang sesuai dengan peranan sosialnya.
·         Pelanggaran Terhadap Norma-norma Masyarakat Bentuk masalah sosial yang disebabkan karena adanya pelanggaran terhadap norma-norma sosial yang hidup dalam masyarakat dapat berupa

3.      Berikanlah contoh masalah-masalah sosial dalam lingkup lokal, nasional, dan internasional!
Jawab : 
masalah-masalah sosial dalam lingkup lokal antara lain :
1.      Kemiskinan
2.      Kejahatan atau Kriminal
3.      Keluarga
masalah-masalah sosial dalam lingkup Nasional yaitu
1.      Komplik sosial
2.      Kependudukan
masalah-masalah sosial dalam lingkup Internasional yaitu :
1.      Masalah Lingkungan
2.      Terorisme
3.      Perdagangan


BAB 9

1.      Tugas ini harus Anda lakukan sendiri.
      Tugas Anda adalah melakukan identifikasi terhadap peristiwa, fakta-fakta, konsep-konsep dan generalisasi sebagai bahan ajar Anda di kelas 3 Semester 2 untuk topik dan sub topik sebagai berikut :
a. Jenis-jenis pekerjaan.
b.      Pentingnya semangat kerja.
c.       Kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah.
d.      Sejarah uang
e.       Penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan.
Jawab :
a.       Jenis-jenis pekerjaan antara lain :
-       Petani
-       Wiraswasta
-       PNS
-       dll
b.      Pentingnya semangat kerja Yaitu memacu keinginan untun mendapatkan sesuatu yang kita inginkan
c.       Kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah antara lain Koperasi ,Kantin dsb.
d.      Sejarah uang
e.       Penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan

2.      Apabila sudah selesai, lakukanlah evaluasi dan diskusi dengan teman Anda terhadap hasil kerja yang sudah Anda lakukan. Carilah kekurangan-kekurangannya guna perbaikan dan penyempurnaan terhadap hasil pekerjaan Anda.
3.      Tugas yang dilaksanakan, yaitu mengidentifikasi fakta-fakta, konsep-konsep dan generalisasi yang digunakan paduan di dalam uraian bahan pengajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.
Diskusikan dengan teman sekelas agar diperoleh masukan yang dapat memperluas dan memperdalam wawasan Anda mengenai pembahasan materi di atas.


BAB 10

Soal :
1.      Apakah sasaran pendekatan kognitif yang berorientasi proses penelitian?
Jawab : pendekatan yang berorientasi pada proses penelitian dikenal sebagai pendekatan inkuiri dengan prosedur sebagai berikut :
Masalah - Hipotesis - Data – kesimpulan

2.       Apakah sasaran pendekatan kognitif yang berorientasi proses konseptualisasi?
Jawab : pendekatan yang beroientasi pada proses konseptualisasi memusatkan perhatian proses pemahaman masalah dan penggunaan faktor konsep genealisasi dan teori.



Soal :
1.      Bagaimana kaitan antara pembinaan emosi, nilai dan sikap, serta perilaku sosial dengan tuntutan untuk menjadikan murid sebagai actor sosial?
Jawab : kaitan antara pembinaan emosi, nilai dan sikap, serta perilaku sosial dengan tuntutan untuk menjadikan murid sebagai actor sosial yaitu tanpa pembinaan emosi murid sebagai aktor sosial akan bersikap dan berperilaku yang kurang baik sehingga berpenggaruk kepada nialai atau hal yang ingin kita capai .
2.      Di antara 4 model pembelajaran nilai dan sikap model mana (pilih satu model) yang menurut Anda lebih mudah digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas yang Anda pegang (Kelas 3 atau 4 atau 5 atau 6).
Jawab : Teknik mengklarifikasi nilai (value clarification technique)atau sering disingkat VCT dapat diartikan sebagai teknik pengajaran untuk membantu siswa dalam mencari dan menentukan suatu nilai yang dianggap baik dalam menghadapi suatu persoalan melalui proses menganalisis nilai yang sudah ada dan tertanam dalam diri siswa. Menurut A. Kosasih Djahiri (1985) model pembelajaran VCT meliputi; metode percontohan; analisis nilai; daftar/matriks; kartu keyakinan; wawancara, yurisprudensi dan teknik inkuiri nilai. Selain itu dikenal juga dengan metode bermain peran, diskusi, curah pendapat. Metode dan model di atas dianggap sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran PKn, karena mata pelajaran PKn mengemban misi untuk membina nilai, moral, sikap dan prilaku siswa, disamping membina kecerdasan (knowledge) siswa.


Klik suka dan bagikan postingan ini :

0 comments:

Sebagai pembaca yang baik tinggalkan pendapat serta komentar Anda mengenai Artikel di atas.

Terimakasih atas kunjungan Anda | Tuhan Memberkati

Jika pilkada digelar hari ini, pasangan calon manakah yang Anda akan pilih?

Klik LIKE dan Ikuti

Tulis Saran dan Kritik disini.!
 
Desain by : KAREBA TORAJA - Powered by Blogger
KAREBA TORAJA :Sebagian isi dari blog ini dihimpun dari berbagai Sumber Berita terpercaya yang Kami cantumkan sebagai " Sumber ".
Hak cipta © 2014 KAREBA TORAJA dilindungi. => Back to Top