PENDIDIKAN
MULTIKULTURAL
UNIT I : HAKIKAT KEBUDAYAAN DAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL
SUBUNIT I :HAKEKAT KEBUDAYAAN
Latihan
1)
Kemukakan pengertian
kebudayaan dilihat dari segi asal kata (bahasa) ?
Jawab
:
Pengertian
kebudayaan dilihat dari segi asal kata(bahasa) adalah kebudayaan berasal dari bahasa Inggris yaitu culture.
Culture berasal dari bahasa Latin yaitu : colere artinya
”mengolah, mengerjakan” terutama mengolah tanah atau bertani
2)
Sebutkan unsur-unsur
kebudayaan ?
Jawab
:
Unsur-unsur yang terdapat dalam
kebudayaan yaitu :
a).Sistem religi dan upacara keagamaan.
b).Sistem dan organisasi kemasyarakatan.
c).Sistem pengetahuan
d).Bahasa
e).Kesenian
f).Sistem mata pencaharian hidup.
g).Sistem teknologi dan peralatan
3) Cobalah anda identifikasi adanya tiga wujud
kebudayaan ?
Jawab :
Tiga wujud kebudayaan yaitu :
a).Wujud idiil (adat tata kelakuan) yang
bersifat abstrak,tidak dapat diraba.Terletak di alam pikiran dari warga
masyarakat di mana kebudayaan yang bersangkutan itu hidup, yang nampak pada
karangan, lagu-lagu. Fungsinya adalah pengatur, penata, pengendali, dan pemberi
arah kelakuan manusia dalam masyarakat. Adat terdiri atas beberapa lapisan,
yaitu sistem nilai budaya (yang paling abstrak dan luas), sistem norma-norma
(lebih kongkrit), dan peraturan khusus mengenai berbagai aktivitas sehari-hari
(aturan sopan santun) yang paling kongkrit dan terbatas ruang lingkupnya.
b).Wujud
kedua adalah sistem sosial mengenai kelakuan berpola dari manusia itu sendiri.Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas manusia yang berinteraksi
yang selalu mengikuti pola tertentu. Sifatnya kongkrit, bisa diobservasi.
c).Wujud ketiga adalah kebudayaan fisik yang bersifat paling kongkrit dan berupa benda yang dapat diraba
dan dilihat.
4) Bedakan antara budaya dan non budaya Lengkapi masing-masing dua
contoh sehingga nampak jelas perbedaan antara keduanya ?
Jawab :
Perbedaan antara budaya dan non budaya yaitu :
Budaya adalah segala sesuatu yang ada karena campur tangan
manusia.
Contoh : rumah dan mobil
Non budaya adalah segala sesuatu yang diciptakan oleh Tuhan yang
belum mendapat sentuhan aktivitas manusia.Contoh : gunung dan pepohonan yang
ada di sekeliling kita.
Tes Formatif 1
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat
dari beberapa alternatif jawaban yang disediakan!
1)
Budaya berasal dari kata Colere, yang artinya mengolah, mengerjakan. Colere
berasal dari bahasa
a. Inggris
b. Belanda
c. Sanskerta
d. Latin
Jawab : d.Latin
2)
Kebudayaan sebagai keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus
dibiasakannya dengan belajar, beserta keseluruhan dari hasil budi dan karyanya.
Pengertian ini kemukakan oleh :
a.E.B.
Taylor
b.Koentjaraningrat.
c.Margaret
Mead
d.Bullivant
Jawab : b.Koentjaraningrat
3) Unsur kebudayaan yang paling
abstrak dan sulit diubah adalah
a.Sistem
religi dan upacara keagamaan.
b.Sistem
dan organisasi kemasyarakatan.
c.Sistem
teknologi dan peralatan.
d.Sistem mata pencaharian hidup.
Jawab : a. Sistem religi dan upacara keagamaan
4) Hukum waris adalah contoh kongkrit
dari unsur kebudayaan :
a.Sistem
religi dan upacara keagamaan.
b.Sistem
dan organisasi kemasyarakatan.
c.Sistem
teknologi dan peralatan.
d.Sistem mata pencaharian hidup.
Jawab
: b.Sistem dan organisasi kemasyarakatan.
5) Secara sempit kebudayaan menurut
Koentjaraningar diartikan sebagai :
a.Kesenian.
b.Sistem dan organisasi kemasyarakatan.
c.Sistem teknologi dan peralatan.
d.Sistem mata pencaharian hidup.
Jawab : a.Kesenian
6) Wujud kebudayaan yang paling kongkrit
adalah :
a.Idiil (adat tata kelakuan)
b.Sistem sosial
c.Kebudayaan fisik
d.Sistem teknologi dan peralatan
Jawab : c.Kebudayaan fisik
7)
Lingkungan yang terletak di luar pengalaman di sini dan kini (outside here-and-now
experience) atau melampaui dunia (transenden) adalah.:
a. lingkungan fisik,
b. lingkungan sosial
c.lingkungan metafisik.
d. lingkungan budaya
Jawab : c.lingkungan metafisik
8) Contoh yang tidak termasuk non budaya
adalah :
a.Batu akik
b.Pakaian
c.Pepohonan
d.Tanaman bonsai.
Jawab : c.Pepohonan
9)
Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan kehidupan untuk mencari nafkah
adalah:
a.
Pranata domistik dan kekerabatan
b.
Pranata ekonomi.
c.
Pranata pendidikan
d. Pranata somatik/jasmaniah
Jawab : b. Pranata ekonomi
10)Manusia secara kodrati berusaha untuk
lebih manusiawi, lebih halus dan lebih
berbudaya. Dalam hal ini manusia
berkedudukan sebagai :
a. Homo socius
b. Homo educandum
c. Homo humanus
d. Homo ludens.
Jawab : c. Homo humanus
SUBUNIT 2
: HAKIKAT PENDIDIKAN MULTIKULTURAL
Latihan
1.
Kemukakan pengertian multi
kultural?
Jawab :
Pengertian multikultural secara luas mencakup pengalaman yang
membentuk persepsi umum terhadap usia,gender,agama,status sosial ekonomi,jenis
identitas budaya,bahasa,ras,dan berkebutuhan khusus.
2.
Kemukakan ide dasar yang
dimiliki bersama dari seluruh pemikiran tentang Pendidikan Multikultural?
Jawab :
Ide dasar yang dimiliki bersama dari seluruh pemikiran tentang
Pendidikan Multikultural antara lain :
-kesempatan yang sama bagi setiap
siswa untuk mewujudkan potensi sepenuhnya.
-penyiapan siswa untuk
berpartipasi penuh dalam masyarakat antar budaya.
-penyiapan
pengajar agar memudahkan setiap siswa secara efektif,tanpa meperhatikan
perbedaan atau persamaan budaya dengan dirinya
-partisipasi aktif sekolah dalam menghilangkan penindasan
dalam segala bentuknya. Pertama-tama dengan menghilangkan penindasan di dalam
dirinya sendiri, kemudian dengan menghasilkan lulusan yang sadar dan aktif
secara sosial dan kritis
-pendidikan harus berpusat pada siswa dengan mendengarkan
aspirasi dan pengalaman siswa. Pendidik, aktivis, dan yang lain harus mengambil
peranan lebih aktif dalam mengkaji kembali semua praktek pendidikan
-Pendidikan Multikultural merupakan pendekatan yang
didasarkan pada keyakinan bahwa budaya merupakan salah satu kekuatan yang dapat
menjelaskan perilaku manusia. Pendidikan Multikultural merupakan jembatan untuk
mencapai kehidupan bersama dari umat manusia di dalam era globalisasi yang
penuh tantangan baru. Pertemuan antarbudaya bisa berpotensi memberi manfaat
tetapi sekaligus menimbulkan salah paham. Itulah rasional yang menunjukkan arti
pentingnya keberadaan Pendidikan Multikultural.
3.
Kemukakan rasional yang
menunjukkan pentingnya orang mempelajari Pendidikan Multikultural
Jawab :
Tujuan pendidikan multikultural yang
mendasar adalah mengubah struktur lembaga pendidikan supaya siswa dengan
karakteristik budayanya masing-masing memiliki kesempatan yang sama untuk
mewujudkan potensinya secara penuh dan dapat mempengaruhi perubahan sosial
4. Sebutkan tujuan
Pendidikan Multikultural ?
Jawab :
Tujuan Pendidikan Multikultural yaitu :
-Pengembangan literasi etnis dan budaya
-Perkembangan pribadi
-Klarifikasi sikap dan nilai
-Kompetensi multikultural
-Kemampuan keterampilan dasar
-Persamaan dan keunggulan pendidikan
-Memperkuat pribadi untuk reformasi
sosial
-Memiliki wawasan kebangsaan/kenegaraan
yang kokoh
-Memiliki wawasan hidup yang lintas
budaya dan lintas bangsa sebagai warga dunia
5.Apa yang menjadi fungsi Pendidikan Multikultural?
Jawab :
Yang menjadi fungsi Pendidikan Multikultural adalah :
-memberi konsep diri yang jelas
-membantu memahami pengalaman kelompok etnis dan budaya ditinjau
dari sejarahnya
-membatu memahami bahwa antara ideal dan realistis itu memang ada
pada setiap masyarakat
-membantu
mengembangkan pembuatan keputusan (decision making), partisipasi sosial dan
ketrampilan kewarganegaraan (citizenship skills).
-mengenal keberagaman dalam penggunaan
bahasa.
Tes Formatif 2
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat
dari beberapa alternatif jawaban yang disediakan!
1) Emic adalah titik pandang
dalam mempelajari budaya dari
a.
bunyi-bunyian semua bahasa pada semua budaya.
b.
Luar sistem budaya itu.
c.
Segi universalitas dari semua konsep kebudayaan
d. Keunikan yang ada di dalam
sistem budaya itu.
Jawab : d. Keunikan yang ada di dalam
sistem budaya itu.
2)
Pendidikan Multikultural merupakan ide, gerakan pembaharuan
pendidikan dan proses pendidikan yang tujuan utamanya adalah untuk
mengubah struktur lembaga pendidikan supaya siswa baik pria maupun wanita,
siswa berkebutuhan khusus, dan siswa yang merupakan anggota dari kelompok ras,
etnis, dan kultur yang bermacam-macam itu akan memiliki kesempatan yang sama
untuk mencapai prestasi akademis di sekolah. Kalimat di atas merupakan definisi
Pendidikan Multikultural menurut :
a.
James A. Banks
b.
Matsumoto
c.
Paul Gorski
d. Segall
Jawab
: a. James A. Banks
3) Pendidikan Multikultur pada
dasarnya merupakan
a.
praktek aktual satu bidang studi
b.
program pendidikan
c.
perubahan kurikulum
d. perubahan struktur pendidikan
secara holistik
Jawab : d. perubahan struktur pendidikan secara holistik
4)Untuk
membentuk negara Indonesia yang kokoh diperlukan jenis pendidikan yang cocok
untuk bangsa ini, yaitu Pendidikan Multikultural. Hal ini didasarkan atas:
a. kondisi hukum dan lembaga peradilan yang masih belum mantap
b. kondisi alamiah yang tidak terpisah-pisah oleh air
c. kondisi masyarakat Indonesia yang multikultural
d. kondisi budaya bangsa Indonesia yang
monokultur.
Jawab : c. kondisi
masyarakat Indonesia yang multikultural
5)Yang
bukan termasuk ide yang melandasi kemunculan Pendidikan Multikultural di
seluruh dunia adalah
a. keadilan sosial,
b. persamaan pendidikan,
c. supremasi kultural tertentu
d. dedikasi untuk memberi layanan
pendidikan
Jawab : b. persamaan
pendidikan
6)Sekalipun
terdapat banyak perbedaan konsep pendidikan multikultural, ada beberapa ide
yang dimiliki bersama dan merupakan dasar bagi pemahaman pendidikan
multikultural, yaitu:
a. kesempatan yang sama menggapai potensi sepenuhnya,
b. kesadaran akan identitas budayanya sendiri.
c. perlunya pengembangan fanatisme yang kokoh
d. perlunya mempelajari bahasa nasional
Jawab : a. kesempatan yang
sama menggapai potensi sepenuhnya,
7)Untuk
mengubah pendidikan secara holistik dengan mengkritik dan memusatkan perhatian
pada kelemahan, kegagalan, dan praktek diskriminatif di dalam pendidikan
akhir-akhir ini, oleh Paul Gorski Pendidikan Multikultural dipandang sebagai
pendekatan yang :
a. Agresif
b. Progresif
c. Revolusioner
d. Evolusioner
Jawab : b. Progresif
8) Huntington meramalkan bahwa
pertentangan manusia yang akan datang merupakan :
a. Pertentangan politik
b. Pertentangan ekonomi
c. Pertentangan budaya
d. Pertentangan antar negara
Jawab : c. Pertentangan budaya
9) Tujuan pendidikan multikultural yang
mendasar adalah
a.mengubah struktur lembaga pendidikan
supaya siswa dengan karakteristik budayanya memiliki kesempatan yang sama untuk
mewujudkan potensinya secara penuh dan dapat mempengaruhi perubahan sosial.
b.memberikan mata pelajaran yang
membekali dengan pengetahuan tentang budaya yang lain.
c.memberikan materi pelajaran yang dimasukkan di dalam mata
pelajaran tertentu.
d.memberikan
wawasan pada guru dalam memiliki pembelajaran agar memperhatikan perbedaan budaya
yang ada pada diri anak.
Jawab : a.mengubah struktur lembaga pendidikan supaya siswa dengan
karakteristik budayanya memiliki
kesempatan yang sama untuk mewujudkan potensinya secara penuh dan dapat
mempengaruhi perubahan sosial.
10)Yang
bukan termasuk dalam fungsi yang menunjukkan pentingnya keberadaan
Pendidikan Multikultural menurut National Council for Social Studies adalah:
a.mengubah kurikulum lembaga pendidikan.
b.membantu mahasiswa memahami pengalaman
kelompok etnis dan budaya ditinjau dari sejarahnya.
c.membantu mahasiswa memahami bahwa
konflik antara ideal dan realitas itu memang ada pada setiap masyarakat.
d.membantu
mahasiswa mengembangkan pembuatan keputusan (decision making), partisipasi
sosial dan ketrampilan kewarganegaraan (citizenship skills).
Jawab
: a.mengubah kurikulum lembaga pendidikan.
soal jawabnya sangat membantu, makasih kak
ReplyDelete