Headlines :
Home » » HAKIKAT KEBUDAYAAN DAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

HAKIKAT KEBUDAYAAN DAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

Diposkan oleh Unknown pada Thursday 1 November 2012 | 11:34


PENDIDIKAN MULTIKULTURAL
UNIT I : HAKIKAT KEBUDAYAAN DAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

SUBUNIT I :HAKEKAT KEBUDAYAAN


Latihan

1)       Kemukakan pengertian kebudayaan dilihat dari segi asal kata (bahasa) ?
Jawab :
Pengertian kebudayaan dilihat dari segi asal kata(bahasa) adalah kebudayaan berasal dari bahasa Inggris yaitu culture. Culture berasal dari bahasa Latin yaitu : colere artinya ”mengolah, mengerjakan” terutama mengolah tanah atau bertani
2)       Sebutkan unsur-unsur kebudayaan ?
Jawab :
Unsur-unsur yang terdapat dalam kebudayaan  yaitu :
a).Sistem religi dan upacara keagamaan.
b).Sistem dan organisasi kemasyarakatan.
c).Sistem pengetahuan
d).Bahasa
e).Kesenian
f).Sistem mata pencaharian hidup.
g).Sistem teknologi dan peralatan
3)   Cobalah anda identifikasi adanya tiga wujud kebudayaan ?
Jawab :
Tiga wujud kebudayaan yaitu :
a).Wujud idiil (adat tata kelakuan) yang bersifat abstrak,tidak dapat diraba.Terletak di alam pikiran dari warga masyarakat di mana kebudayaan yang bersangkutan itu hidup, yang nampak pada karangan, lagu-lagu. Fungsinya adalah pengatur, penata, pengendali, dan pemberi arah kelakuan manusia dalam masyarakat. Adat terdiri atas beberapa lapisan, yaitu sistem nilai budaya (yang paling abstrak dan luas), sistem norma-norma (lebih kongkrit), dan peraturan khusus mengenai berbagai aktivitas sehari-hari (aturan sopan santun) yang paling kongkrit dan terbatas ruang lingkupnya.
b).Wujud kedua adalah sistem sosial mengenai kelakuan berpola dari manusia itu sendiri.Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas manusia yang berinteraksi yang selalu mengikuti pola tertentu. Sifatnya kongkrit, bisa diobservasi.
c).Wujud ketiga adalah kebudayaan fisik yang bersifat paling kongkrit dan berupa benda yang dapat diraba dan dilihat.
4)       Bedakan antara budaya dan non budaya Lengkapi masing-masing dua contoh sehingga nampak jelas perbedaan antara keduanya ?
Jawab :
Perbedaan antara budaya dan non budaya yaitu :
Budaya adalah segala sesuatu yang ada karena campur tangan manusia.
Contoh : rumah dan mobil
Non budaya adalah segala sesuatu yang diciptakan oleh Tuhan yang belum mendapat sentuhan aktivitas manusia.Contoh : gunung dan pepohonan yang ada di sekeliling kita.

Tes Formatif 1
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dari beberapa alternatif jawaban yang disediakan!
1) Budaya berasal dari kata Colere, yang artinya mengolah, mengerjakan. Colere berasal dari bahasa
a. Inggris
b. Belanda
c. Sanskerta
d. Latin
Jawab : d.Latin
2) Kebudayaan sebagai keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakannya dengan belajar, beserta keseluruhan dari hasil budi dan karyanya. Pengertian ini kemukakan oleh :
a.E.B. Taylor
b.Koentjaraningrat.
c.Margaret Mead
d.Bullivant
Jawab : b.Koentjaraningrat
3) Unsur kebudayaan yang paling abstrak dan sulit diubah adalah
a.Sistem religi dan upacara keagamaan.
b.Sistem dan organisasi kemasyarakatan.
c.Sistem teknologi dan peralatan.
d.Sistem mata pencaharian hidup.
Jawab : a. Sistem religi dan upacara keagamaan
4) Hukum waris adalah contoh kongkrit dari unsur kebudayaan :
a.Sistem religi dan upacara keagamaan.
b.Sistem dan organisasi kemasyarakatan.
c.Sistem teknologi dan peralatan.
d.Sistem mata pencaharian hidup.
Jawab : b.Sistem dan organisasi kemasyarakatan.
5) Secara sempit kebudayaan menurut Koentjaraningar diartikan sebagai :
a.Kesenian.
b.Sistem dan organisasi kemasyarakatan.
c.Sistem teknologi dan peralatan.
d.Sistem mata pencaharian hidup.
Jawab : a.Kesenian
6) Wujud kebudayaan yang paling kongkrit adalah :
a.Idiil (adat tata kelakuan)
b.Sistem sosial
c.Kebudayaan fisik
d.Sistem teknologi dan peralatan
Jawab : c.Kebudayaan fisik
7) Lingkungan yang terletak di luar pengalaman di sini dan kini (outside here-and-now experience) atau melampaui dunia (transenden) adalah.:
a. lingkungan fisik,
b. lingkungan sosial
c.lingkungan metafisik.
d. lingkungan budaya
Jawab : c.lingkungan metafisik
8) Contoh yang tidak termasuk non budaya adalah :
a.Batu akik
b.Pakaian
c.Pepohonan
d.Tanaman bonsai.
Jawab : c.Pepohonan
9) Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan kehidupan untuk mencari nafkah adalah:
a. Pranata domistik dan kekerabatan
b. Pranata ekonomi.
c. Pranata pendidikan
d. Pranata somatik/jasmaniah
Jawab : b. Pranata ekonomi
10)Manusia secara kodrati berusaha untuk lebih manusiawi, lebih halus dan lebih
berbudaya. Dalam hal ini manusia berkedudukan sebagai :
a. Homo socius
b. Homo educandum
c. Homo humanus
d. Homo ludens.
Jawab : c. Homo humanus

SUBUNIT 2  : HAKIKAT PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

Latihan

1.       Kemukakan pengertian multi kultural?
Jawab :
Pengertian multikultural secara luas mencakup pengalaman yang membentuk persepsi umum terhadap usia,gender,agama,status sosial ekonomi,jenis identitas budaya,bahasa,ras,dan berkebutuhan khusus.
2.       Kemukakan ide dasar yang dimiliki bersama dari seluruh pemikiran tentang Pendidikan Multikultural?
Jawab :
Ide dasar yang dimiliki bersama dari seluruh pemikiran tentang Pendidikan Multikultural antara lain :
-kesempatan yang sama bagi setiap siswa untuk mewujudkan potensi sepenuhnya.
-penyiapan siswa untuk berpartipasi penuh dalam masyarakat antar budaya.
-penyiapan pengajar agar memudahkan setiap siswa secara efektif,tanpa meperhatikan perbedaan atau persamaan budaya dengan dirinya
-partisipasi aktif sekolah dalam menghilangkan penindasan dalam segala bentuknya. Pertama-tama dengan menghilangkan penindasan di dalam dirinya sendiri, kemudian dengan menghasilkan lulusan yang sadar dan aktif secara sosial dan kritis
-pendidikan harus berpusat pada siswa dengan mendengarkan aspirasi dan pengalaman siswa. Pendidik, aktivis, dan yang lain harus mengambil peranan lebih aktif dalam mengkaji kembali semua praktek pendidikan
-Pendidikan Multikultural merupakan pendekatan yang didasarkan pada keyakinan bahwa budaya merupakan salah satu kekuatan yang dapat menjelaskan perilaku manusia. Pendidikan Multikultural merupakan jembatan untuk mencapai kehidupan bersama dari umat manusia di dalam era globalisasi yang penuh tantangan baru. Pertemuan antarbudaya bisa berpotensi memberi manfaat tetapi sekaligus menimbulkan salah paham. Itulah rasional yang menunjukkan arti pentingnya keberadaan Pendidikan Multikultural.
3.       Kemukakan rasional yang menunjukkan pentingnya orang mempelajari Pendidikan Multikultural
Jawab :
Tujuan pendidikan multikultural yang mendasar adalah mengubah struktur lembaga pendidikan supaya siswa dengan karakteristik budayanya masing-masing memiliki kesempatan yang sama untuk mewujudkan potensinya secara penuh dan dapat mempengaruhi perubahan sosial

4.    Sebutkan tujuan Pendidikan Multikultural ?
Jawab :
Tujuan Pendidikan Multikultural yaitu :
-Pengembangan literasi etnis dan budaya
-Perkembangan pribadi
-Klarifikasi sikap dan nilai
-Kompetensi multikultural
-Kemampuan keterampilan dasar
-Persamaan dan keunggulan pendidikan
-Memperkuat pribadi untuk reformasi sosial
-Memiliki wawasan kebangsaan/kenegaraan yang kokoh
-Memiliki wawasan hidup yang lintas budaya dan lintas bangsa sebagai warga dunia
5.Apa yang menjadi fungsi Pendidikan Multikultural?
Jawab :
Yang menjadi fungsi Pendidikan Multikultural adalah :
-memberi konsep diri yang jelas
-membantu memahami pengalaman kelompok etnis dan budaya ditinjau dari sejarahnya
-membatu memahami bahwa antara ideal dan realistis itu memang ada pada setiap masyarakat
-membantu mengembangkan pembuatan keputusan (decision making), partisipasi sosial dan ketrampilan kewarganegaraan (citizenship skills).
-mengenal keberagaman dalam penggunaan bahasa.

 Tes Formatif 2
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dari beberapa alternatif jawaban yang disediakan!
1) Emic adalah titik pandang dalam mempelajari budaya dari
a. bunyi-bunyian semua bahasa pada semua budaya.
b. Luar sistem budaya itu.
c. Segi universalitas dari semua konsep kebudayaan
d. Keunikan yang ada di dalam sistem budaya itu.
Jawab :  d. Keunikan yang ada di dalam sistem budaya itu.
2) Pendidikan Multikultural merupakan ide, gerakan pembaharuan pendidikan dan proses pendidikan yang tujuan utamanya adalah untuk mengubah struktur lembaga pendidikan supaya siswa baik pria maupun wanita, siswa berkebutuhan khusus, dan siswa yang merupakan anggota dari kelompok ras, etnis, dan kultur yang bermacam-macam itu akan memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai prestasi akademis di sekolah. Kalimat di atas merupakan definisi Pendidikan Multikultural menurut :
a. James A. Banks
b. Matsumoto
c. Paul Gorski
d. Segall
Jawab : a. James A. Banks
3) Pendidikan Multikultur pada dasarnya merupakan
a. praktek aktual satu bidang studi
b. program pendidikan
c. perubahan kurikulum
d. perubahan struktur pendidikan secara holistik
Jawab : d. perubahan struktur pendidikan secara holistik
4)Untuk membentuk negara Indonesia yang kokoh diperlukan jenis pendidikan yang cocok untuk bangsa ini, yaitu Pendidikan Multikultural. Hal ini didasarkan atas:
a. kondisi hukum dan lembaga peradilan yang masih belum mantap
b. kondisi alamiah yang tidak terpisah-pisah oleh air
c. kondisi masyarakat Indonesia yang multikultural
d. kondisi budaya bangsa Indonesia yang monokultur.
Jawab : c. kondisi masyarakat Indonesia yang multikultural
5)Yang bukan termasuk ide yang melandasi kemunculan Pendidikan Multikultural di seluruh dunia adalah
a. keadilan sosial,
b. persamaan pendidikan,
c. supremasi kultural tertentu
d. dedikasi untuk memberi layanan pendidikan
Jawab : b. persamaan pendidikan
6)Sekalipun terdapat banyak perbedaan konsep pendidikan multikultural, ada beberapa ide yang dimiliki bersama dan merupakan dasar bagi pemahaman pendidikan multikultural, yaitu:
a. kesempatan yang sama menggapai potensi sepenuhnya,
b. kesadaran akan identitas budayanya sendiri.
c. perlunya pengembangan fanatisme yang kokoh
d. perlunya mempelajari bahasa nasional
Jawab : a. kesempatan yang sama menggapai potensi sepenuhnya,
7)Untuk mengubah pendidikan secara holistik dengan mengkritik dan memusatkan perhatian pada kelemahan, kegagalan, dan praktek diskriminatif di dalam pendidikan akhir-akhir ini, oleh Paul Gorski Pendidikan Multikultural dipandang sebagai pendekatan yang :
a. Agresif
b. Progresif
c. Revolusioner
d. Evolusioner
Jawab : b. Progresif
8) Huntington meramalkan bahwa pertentangan manusia yang akan datang merupakan :
a. Pertentangan politik
b. Pertentangan ekonomi
c. Pertentangan budaya
d. Pertentangan antar negara
Jawab : c. Pertentangan budaya
9) Tujuan pendidikan multikultural yang mendasar adalah
a.mengubah struktur lembaga pendidikan supaya siswa dengan karakteristik budayanya memiliki kesempatan yang sama untuk mewujudkan potensinya secara penuh dan dapat mempengaruhi perubahan sosial.
b.memberikan mata pelajaran yang membekali dengan pengetahuan tentang budaya yang lain.
c.memberikan materi pelajaran yang dimasukkan di dalam mata pelajaran tertentu.
d.memberikan wawasan pada guru dalam memiliki pembelajaran agar memperhatikan perbedaan budaya yang ada pada diri anak.
Jawab : a.mengubah struktur lembaga pendidikan supaya siswa dengan karakteristik  budayanya memiliki kesempatan yang sama untuk mewujudkan potensinya secara penuh dan dapat mempengaruhi perubahan sosial.
10)Yang bukan termasuk dalam fungsi yang menunjukkan pentingnya keberadaan Pendidikan Multikultural menurut National Council for Social Studies adalah:
a.mengubah kurikulum lembaga pendidikan.
b.membantu mahasiswa memahami pengalaman kelompok etnis dan budaya ditinjau dari  sejarahnya.
c.membantu mahasiswa memahami bahwa konflik antara ideal dan realitas itu memang ada pada setiap masyarakat.
d.membantu mahasiswa mengembangkan pembuatan keputusan (decision making), partisipasi sosial dan ketrampilan kewarganegaraan (citizenship skills).
Jawab :  a.mengubah kurikulum lembaga pendidikan.


Klik suka dan bagikan postingan ini :

1 comment:

Jika pilkada digelar hari ini, pasangan calon manakah yang Anda akan pilih?

Pasang Iklan

Klik LIKE dan Ikuti

Tulis Saran dan Kritik disini.!
 
Desain by : KAREBA TORAJA - Powered by Blogger
KAREBA TORAJA :Sebagian isi dari blog ini dihimpun dari berbagai Sumber Berita terpercaya yang Kami cantumkan sebagai " Sumber ".
Hak cipta © 2014 KAREBA TORAJA dilindungi. => Back to Top