Headlines :
Home » , » Pango-Pango Negeri Di Atas Awan

Pango-Pango Negeri Di Atas Awan

Diposkan oleh kareba toraja pada Monday, 28 July 2014 | 13:05

KT - Bila anda berencana berlibur ke Sulawesi Selatan dan menyukai wisata alam, objek wisata ini bisa masuk dalam salah satu daftar tujuan anda yang tak boleh terlewatkan di Toraja.

Objek wisata Pango Pango merupakan Kawasan Hutan yang terletak di atas puncak gunung dengan ketinggian 1600 s/d 1700 DPL. Destinasi wisata yang belum lama ini muncul terletak ± 7 km dari Makale ibu kota kabupaten Tana Toraja itu, adalah objek wisata (OW) alam (agro wisata) yang sering dijadikan bumi perkemahan oleh pemda setempat. 

Saat kaki melangkah masuk ke dalam kawasan ini pengunjung langsung dapat merasakan kesejukan di alam bebas. Sekitar wilayah Pango-Pango ini, banyak ditanami berbagai macam tanaman salah satunya produk unggulan seperti kopi, juga coklat, enau, tamarillo (markisa belanda), kacang tanah, jagung dan beragam sayuran.

Pango-Pango sebuah kawasan indah sejuk nan hijau mempesona ini dipenuhi rimbunan pohon pinus. Tak salah tempat ini menjadi salah satu objek wisata favorit. 

Tengah-tengah rindangnya pepohonan pinus yang berjejer bak payung raksasa mengkuncup ke atas, terdapat beberapa gazebo yang disediakan khusus bagi pengunjung menikmati suasana alam yang sejuk ataupun sekedar beristirahat sejenak. 

Keseluruhan gazebo yang dibangun oleh Pemda di tempat ini berjumlah 11 buah gazebo yang tersebar di beberapa titik lokasi.

Hal utama yang paling menarik di OW ini yaitu pesona alamnya yang luar biasa. Sebuah pemandangan menakjubkan terhampar didepan mata, bila pengunjung mengalihkan pandangan dari atas OW ini yang memang berada lebih tinggi ke hamparan lembah dibawahnya. 

Dari tempat ini kita dapat melihat dengan jelas Kota Ge'Tengan, Sangalla, Kota Makale ibu kota Kabupaten Tana Toraja, Rantetayo (lapangan terbang), juga Rantepao ibu kota kabupaten Toraja Utara dan beberapa tempat lainnya.
Apalagi bila sang matahari akan berangkat ke peraduannya, cahayanya yang kuning keemasan dihiasi dengan baluran putih awan yang berarak tak beraturan bak pernak-pernik mutiara yang sedang menggantung di ditengah warna kuning sang mentari. 

Bila sang matahari timbul di ufuk timur pemandangan menakjubkan lainnya dapat kita saksikan. Arak-arakan awan putih indah berada tepat di bawah kita yang menyelimuti seluruh kota Makale dan sekitarnya dari atas puncaknya. Wajar bila tempat ini disebut  negeri diatas awan.  


Konon, di puncak gunung dengan pesona alam yang indah ini dulunya  bekas pos penjagaan tentara jepang untuk mengawasi pergerakan pesawat musuh pada masa perang. Namun sayang, situs bersejarah ini  telah rusak oleh ulah orang-orang yang tak bertanggung jawab.

Jika memilih untuk bermalam di lokasi ini, anda dapat membawa tenda sendiri atau jika tak mau repot dapat menyewa villa yang tersedia di tempat ini. Selain alam yang indah, pemerintah juga sedang merencanakan destinasi buatan seperti kolam renang, area berkuda, eko turisme, trekking dan outbound.

Keindahan alam Pango-Pango menarik banyak perhatian wisatawan yang ingin berkunjung kesana. Meskipun akses jalanan menuju kesana masih berbatu dan bergelombang, tetapi tetap saja wisata alam satu ini menjadi laternatif layak dikunjungi para wisatawan. Terutama bagi anda yang suka dengan trekking.

Tak ada tarif yang dikenakan bila anda berkunjung ke tempat ini. Fasilitas pendukung lainnya yang disediakan ditempat ini yaitu pembukaan jalan, lapangan parkir, MCK, dan sarana lainnya. 



Selain itu di tempat ini kita tak perlu khawatir atau repot membawa bekal jauh-jauh,   
Karena di tempat ini banyak dijumpai pedagang yang menjual dagangannya di tempat tertentu. Dari pagi hingga subuh hari menjajakan aneka makanan cepat saji seperti  mie, berbagai snack dan minuman hangat seperti teh, kopi Toraja, dan sara’ba (minuman khas Sulawesi Selatan, orang Jawa menyebutnya wedang jahe) , - Malvin






Special thnks untuk penuliss... !
Penulis: MELVIN
Pictures by. : Thian, Sirco, Rannu, Gebe, Dhiana, Risca, Tina, Sepri, Ratna 
Klik suka dan bagikan postingan ini :

0 comments:

Sebagai pembaca yang baik tinggalkan pendapat serta komentar Anda mengenai Artikel di atas.

Terimakasih atas kunjungan Anda | Tuhan Memberkati

Jika pilkada digelar hari ini, pasangan calon manakah yang Anda akan pilih?

Klik LIKE dan Ikuti

Tulis Saran dan Kritik disini.!
 
Desain by : KAREBA TORAJA - Powered by Blogger
KAREBA TORAJA :Sebagian isi dari blog ini dihimpun dari berbagai Sumber Berita terpercaya yang Kami cantumkan sebagai " Sumber ".
Hak cipta © 2014 KAREBA TORAJA dilindungi. => Back to Top