TUGAS
II : DIMENSI-DIMENSI DALAM ADMINISTRASI PENDIDIKAN
PERTANYAAN LATIHAN
1.Sebutkan dan jelaskan pendapat anda
tentang dimensi-dimensi yang terdapat dalam administrasi pendidikan.
Jawab :
Dimensi-dimensi yang terdapat dalam administrasi
pendidikan yaitu:
a).Administrasi pendidikan dilihat
sebagai suatu poses kegiatan manajemen.
Artinya pengelolaan terhadap seluruh substansi
pendidikan bagi seorang pemimpin pendidikan yang berfungsi selaku
administrator, sangat diharapkan memiliki pengetahuan, ketrampilan dan sikap
yang positif terhadap seluruh fungsi-fungsi manajemen pendidikan.
b).Administrasi pendidikan dilihat
sebagai kegiatan kepemimpinan(leadership) dan perilaku manusia(human behavior).
Artinya konsep
ini menjelaskan administrasi pendidikan sebagai suatu proses sosial, dimana
perilaku diterima sebagai fungsi dari dimensi-dimensi nomotetik dan idiografik
dari suatu sistem sosial.
2.Sebutkan dan jelaskan
kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam fungsi manajemen administratif dan
kegiatan-kegiatan dalam fungsi manajemen operatif.
Jawab :
Kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam fungsi manajemen
administratif
yaitu:(a)Perencanaan(planning),(b)pengorganisasian(organizing),(c)bimbingan/pengarahan(directing/commanding),(d)koordinasi(coordinating),(e)pengawasan
(controlling), dan (f) komunikasi (communication).
Kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam fungsi manajemen
operatif pelaksanan ini meliputi : (a) tata usaha; (b) perbekalan; (c)
kepegawaian; (d) keuangan; (e) hubungan masyarakat.
3.Sebutkan fungsi-fungsi manajemen yang
anda ketahui dan buatkanlah sebuah daftar spesifikasi untuk mengelompokkan
masing-masing fungsi tersebut, sesuai kedudukannya.
Jawab:
Fungsi-fungsi
manajemen antara lain : Planning, organizing, directing, staffing, coordinating,
communicating, controlling, evaluating.
Daftar
spesifikasi sesuai dengan kedudukannya yaitu :
-Fungsi
secara teoritik : planning,organizing,dan controlling
-Fungsi
secara proses : planning, directing, staffing, coordinating, communicating, controlling /evaluating.
4.Sebutkan dan dan jelaskan macam-macam
teknik manajemen dalam administrasi pendidikan, baik yang tradisional maupun
modern.
Jawab:
Teknik manajemen konvensional (tradisional) lebih
menekankan pada aspek mekanisasi dan hubungan kemanusiaan, karena unsur
pengakuan rasional kurang banyak mendapat perhatian. Teknik manajemen konvensional dibagi atas empat jenis,
yaitu:
(a)Management by
personality, yakni teknik manajemen yang dalam pelaksanaannya banyak
menonjolkan kepribadian yang diwariskan oleh pengakuan akan kewibawaannya dalam
mengendalikan organisasi.
(b)Management by
costum, yakni teknik manajemen yang lebih banyak memperhatikan kebiasaan yang
pernah berjalan dan sedang dipakai dalam pengadministrasian. misalnya
kerja-sama dalam bentuk gotong-royong,
dan sebagainya.
(c)Management by
reward, yakni teknik manajemen yang menimbulkan dorongan untuk bekerja dengan
diberi motivasi extrinsic. orang dianggap mempunyai kemauan untuk bekerja apabila diberi motivasi seperti pujian,
hadiah-hadiah yang sesuai dengan kesenangannya. karena itu produktivitas kerja
dalam organisasi ini akan meningkat apabila motivasi ini tetap dipertahankan,
dan akan menurun bila motivasi tersebut diabaikan.
(d)Management by
ligitimation, yaitu teknik manajemen yang dijalankan disertai dengan
pembatasan-pembatasan berupa aturan-aturan norma-norma) yang dipaksakan kepada
para anggota untuk mengikutinya. keadaan demikian ini akan menimbulkan suasana
karyawan yang penuh dengan ketakutan.
Teknik manajemen modern yang
dianggap masih sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan modern antara lain
sebagai berikut:
(a).Management by delegation, memberi
wewenang dan tanggung jawab kepada setiap pimpinan bagian (unit kerja) dan
kepercayaan ini biasa dilimpahkan pula kepada bawahannya (unit terkecil)
dibawahnya sesuai dengan tanggung jawabnya dalam kesatuan hirarki yang saling
menunjang.Teknik semacam ini memberikan pengakuan dan kepercayaan atas prestasi
dan kemampuan pada para bawahan (anggotanya).
(b).Management by system, dilaksanakan
dengan melihat kompenen-komponen yang ada dalam organisasi sebagai suatu
kesatuan yang utuh dan saling menunjang. komponen-komponen tersebut sangat
berpengaruh yang sama pentingnya sehingga salah satunya kurang maka akan
mempengaruhi seluruh sistem yang ada.
(c).Management by objectives, yaitu
teknik manajemen yang pelaksanaan seluruh kegiatannya berorientasi kepada
tujuan sebagai kriteria atau patokan keberhasilan. proses manajemen yang
berhasil adalah yang dapat mencapai tujuan. (Hendyat Soetopo dan Wasty Soemanto,
1982:267-269).
(d).Bagaimanapun penerapan
teknik-teknik manajemen modern telah dianggap efektif dalam administrasi
pendidikan akan tetapi dalam prakteknya teknik manajemen konvensional masih
tetap di perlukan, proses manajemen dalam administrasi pendidikan masih tetap
menerapkan kedua teknik manajemen tersebut secara terpadu sesuai dengan situasi
dan kondisi serta kenyataan-kenyataan praktis yang ada dalam organisasi
pendidikan.
5.Jelaskan pendapat anda bahwa
administrasi pendidikan itu dapat ditinjau sebagai suatu proses sosial.
Jawab:
Administrasi pendidikan dapat ditinjau sebagai suatu proses sosial
karena alasan sebagai berikut :
(a) Dari segi strukturnya
(structurally), administrasi pendidikan dipandang sebagai interaksi hubungan
antara atasan dan bawahan dan dalam suatu sistem sosial.
(b) Dari segi fungsinya (functionally),
tingkatan hubungan yang menunjukkan sebagai tempat menetapkan dan
mengintegrasikan berbagai peranan dan fasilitas untuk mencapai tujuan dari
sisitem sosial tersebut.
(c) Dari segi
pelaksanaannya (operationally), yaitu proses administrasi pendidikan dangan
segala konsekuensinya di dalam situasi sosial yang meliputi interaksi dari
orang ke orang. Dalam proses demikian inilah penunjukan kedudukan, pengadaan
fasilitas, organisasi prosedur, pengaturan kegiatan, dan penilaian pelaksanaan
kegiatan itu terjadi. Dalam keadaan demikian, administrasi pendidikan
menunjukan suatu mekanime kerja/jaringan kerja yang melibatkan saling interaksi
antar manusia, alat dan bahan (kurikulum) serta fasilitas lainnya dalam proses
pelaksanaan untuk mewujudkan tujuan organisasi.
6.Bagaimana tingkah laku sosial seorang
guru dilihat dari segi peranan (role) dan
kepribadian (personality)?
Jawab :
Peranan dan kepribadian seorang guru dalam berbagai
situasi harus tetap berada pada posisi netral.Artinya, peranan dan kepribadian
seorangguru hendaknya seimbang dalam interaksinya. Peranan tidak lebih dominan
dari kepribadian begitupun dengan sebaliknya.
8.Jelaskan secara singkat disertai
sebuah contoh konkrit tentang konflik peranan dalam institusi dengan keputusan
pribadi, konflik peranan dengan peranan maupun konflik pribadi dengan pribadi.
Jawab :
(a) Konflik
peranan dalam institusi dengan keputusan pribadi yaitu konflik yang terjadi
dimana peranan dan keputusan pribadi sama-sama harus mendapatkan
prioritas.Contoh,seorang Kepala Sekolah sedang memimpin rapat penaikan
kelas.Pada saat yang bersamaan anaknya mengalami kecelakaan dan harus ia harus
memberikan donor darah untuk anaknya.
(b) Konflik
peranan dengan peranan yaitu konflik yang terjadi dimana satu peranan yang sama
tidak dapat bekerja sama karena kepentingan yang berbeda.Contoh, seorang Kepala
Sekola tidak mau di supervisi oleh seorang pengawas dari kelompok yang berbeda
karena berbeda kepentingan.
(c) Konflik
pribadi dengan pribadi yaitu konflik yang terjadi dimana pribadi yang satu
dengan pribadi lainnya dalam satu kelompok memilki kepentingan yang
berbeda.Contoh,seorang guru kelas 5 menginginkan program pengadaan buku paket
pelajaran dari sekolah sedang guru kelas 6 menginginkan program pengadaan
laptop untuk media pembelajaran.
9.Gunakan rumus yang ada dalam diktat
ini dan carilah hubungan yang harus terjadi dalam organisai pendidikan jika
seorang kepala sekolah mempunyai 25 orang bawahannya (guru).
Jawab :
Rumus : H = S (P+1) (P/2)
dimana : H = hubungan, P = orang yang
bekerja, dan S = sifat / watak pribadi
Hubungan yang terjadi jika seorang
kepala sekolah mempunyai 25 orang bawahan(guru) :
H = S (25 +1) (25/2)
= 26 x 12,5 = 325
Ini berarti, seorang kepala sekolah
yang bekerja dengan 25 orang guru akan melayani 325 hubungan/watak pada sekolah
yang dipimpinnya.
10.Berdasarkan hasil perhitungan pada
pertanyaan nomor 9 di atas, coba anda buat sebuah gambar (sosiometri) yang
merupakan gambaran dari hubungan-hubungan tersebut.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
watak Hubungan
11.Sebutkan dan jelaskan sifat-sifat
apa saja yang seharusnya dimiliki oleh seorang kepala sekolah selaku pemimpin
pendidikan.
Jawab :
Sifat-sifat yang harus dimilki oleh seorang kepala
sekolah selaku pemimpin pendidikan :
a).partisipatif dalam setiap kegiatan-kegiatan sekolah
b).kooperatif dalam setiap hal
c).membina hubungan yang akrab dengan
semua stakeholder pendidikan.
d).mampu bertanggung jawab
e).fleksibilitas dalam bekerja
f).punya kreativitas untuk
mengembangkan dan memajukan sekolah
g).objektif dan rasional dalam segala
tindakan
12.Jelaskan secara singkat konsep kepemimpinan di bawah
ini:
a. Kepemimpinan
sebagai traits within the individual leader
b. Kepemimpinan
sebagai suatu function of the group
c. Kepemimpinan
sebagai suatu function of the situation
Jawab :
a. Kepemimpinan
sebagai traits within the individual leader
Menurut konsep ini,kepemimpinan adalah sesuatu yang ada
pada diri seseorang,sesuatu yang dapat diberikan kepada orang lain/kelompok,dan
dapat di terapkan dalam berbagai situasi sehingga dapat menghasilkan sesuatu
yang sama dalam kelompok dan situasi yang juga berbeda.Keberhasilan seorang
pemimpin disebabkan oleh kelebihan daripada sifat-sifat yang dimilki oleh
pemimpin itu sendiri.
b. Kepemimpinan
sebagai suatu function of the group
Menurut konsep ini,kepemimpinan itu dipandang sebagai
suatu fungsi daripada kelompok.Bila konsentrasi pada kelompok makin besar,maka
makin besar pula untuk mengobservasi tingkah laku,mengorganisir
tindakan-tindakan kepemimpinan,melukiskan interaksi antara pemimpin dan yang dipimpin.Esensi
kepemimpinan lebih ditekankan pada sifat suatu kelompok daripada sifat
individu.Keberhasilan dalam kepemimpinan itu tergantung dari dan berorientasi
kepada kemampuan kelompok.
c. Kepemimpinan
sebagai suatu function of the situation
Menurut konsep ini,kepemimpinan ini timbul, tumbuh,
berkembang dan terwujud dalam aspirasi kelompok sebagai akibat dari rangsangan
dan dorongan “situasi” untuk bergerak.
Kepemimpinan yang diharapkan adalah kombinasi dinamis
dari fungsi individu, fungsi kelompok, dan fungsi situasi dalam proses
kepemimpinan. Setiap pemimpin pendidikan diharapkan berada pada kombinasi ketiga konsep kepemimpinan itu
untuk melaksanakan fungsi-fungsi kepemimpinannya tanpa mengabaikan : (1) sifat
daripada tugas yang dipercayakan; (2) watak daripada kelompok; (3) sifat-sifat
daripada anggota kelompok (individu); (4) hubungan-hubungan para anggota
kelompok tersebut; (5) iklim sosial (social climate) yang ada pada saat itu,
dan (6) proposisi-proposisi kepemimpinan yang dianut.
13.Jelaskan secara singkat
bentuk-bentuk dan jenis-jenis kepemimpinan pendidikan yang anda ketahui.
Sebutkan ciri-ciri dari kepemimpinan tersebut secara jelas.
Jawab:
Bentuk- bentuk kepemimpinan pendidikan yaitu :
a).Tipe kepemimpinan otoriter(otokratis)
Tipe ini menggambarkan tipe pemimpin yang memegang
kekuasaan penuh,lebih tertutup,tujuan pribadi adalah tujuan organisasi,bersifat
memaksa yang kadang disertai dengan ancaman/hukuman.
b).Tipe kepemimpinan paternalistis
Tipe ini menggambarkan tipe pemimpin yang bersifat serba
tahu dibanding bawahannya,pekerja keras,melindungi bawahan dalam semua
situasi,dan ingin tetap memimpin dalam kondisi apapun.
c).Tipe kepemimpinan karismatis
Tipe ini menggambarkan tipe pemimpin yang mempunyai daya
tarik yang luar biasa sehingga orang dengan sukarela mau menjadi
pengikutnya.Pengikutnya terkesan patuh dan dengan hati yang ikhlas/sukarela
bekerja untuk kepentingan pemimpin.
d).Tipe kepemimpinan laissez-faire.
Tipe ini mengambarkan tipe pemimpin yang hampir mirip
dengan tipe paternalistis tapi kebalikan dari tipe otoriter dan
militeristis.Tipe ini kedudukan pemimpin hanya sebagai symbol belaka, karena
itu sering dijuluki sebagai pemimpin simbolis atau pemimpin kebapaan atau bos
besar dan semacamnya.Pemimpin berfungsi sebagai penasihat dan bawahan yang
mengambil keputusan lalu bertindak bila dirasa perlu/penting sehingga wewenang
dan tanggung jawab dalam organisasi kurang jelas.
e).Tipe kepemimpinan demokratis
Tipe kepemimpinan demokratis adalah yang paling tepat
(ideal) untuk suatu organisasi modern dewasa ini, termasuk organisasi
lembaga-lembaga kependidikan.Pemimpin mengedepankan hak-hak asasi,berusaha
membuat keserasian,keseimbangan,dan kesetaraan,lebih terbuka dalam setiap
tindakan dan kebijakan,serta menggunakan musyawarah mufakat dalam penyelesaian
masalah.
Jenis-jenis kepemimpinan yaitu :
a).Pemimpin formal(formal leader) yaitu
seseorang yang oleh organisasi tertentu diangkat atau
ditunjuk berdasarkan surat keputusan pengangkatannya untuk memangku sesuatu
jabatan dan menjalankan tugas-tugas kepemimpinan dengan segala hak dan
kewajibannya untuk mencapai ssaran-sasaran yang telah ditetapkan.Dalam
realisasinya kepemimpinannya belum tentu berlangsung efektif karena dipengaruhi
oleh pola/bentuk kepemimpinan yang dijalankan.
b).Pemimpin informal(informal
leader) yaitu pemimpin yang muncul dari dalam kelompok sebagai orang yang mampu
menggerakkan dan mempengaruhi sehingga disenangi, dihormati, dan dipatuhi
keputusan-keputusannya. Dari pemimpin informal ini diharapkan adanya peranan
sosial (social role) tertentu yang terwujud dalam partisipasi masyarakat, yang
karena kualitas-kualitas serta sarana tertentu yang dimilikinya diperkirakan
akan dapat memenuhi harapan masyarakat. Peranan sosial tersebut sangat
tergantung dari status yang dimiliki oleh pemimpin informal tersebut dalam
masyarakat.
14.Jelaskan secara singkat, tugas-tugas
pokok kepala sekolah selaku pemimpin pendidikan.
Jawab :
Tugas-tugas pokok kepala sekolah selaku pimpinan
pendidikan yaitu :
a).Membantu orang-orang dalam
masyarakat sekolah merumuskan tujuan-tujuan pendidikan dengan jelas
b).Memperlancar proses belajar mengajar
dengan mengembangkan pengajaran yang lebih efektif, dengan melalui
kegiatan-kegiatan seperti: berinisiatif mencari penjelasan secara
terus-menerus, membuat proses belajar mengajar menjadi pusat dari semua usaha
organisasi pendidikan,membuat sarana yang memadai untuk perubahan institusional
maupun individual,dan sebagainya.
c).Membentuk atau membangun suatu unit
organisasi yang produktif.
d).Menciptakan suatu iklim di mana kepemimpinan pendidikan
dapat tumbuh dan berkembang.
e).Membantu mencarikan dan memberikan sumber-sumber yang
memadai untuk pengajaran yang efektif.
15.Substansi apa sajakah yang terdapat dalam
administrasi pendidikan? Jelaskan !
Jawab :
Subtsansi yang terdapat dalam administrasi pendidikan
yaitu :
a).Undang-Undang pendidikan yaitu
segala peraturan yang mengikat baik itu untuk organisasi maupun personalia.
b).Personalia (untuk manajemen dan untuk melayani
murid-murid) yaitu semua yang bekerja dalam organisasi pendidikan yang luas
sampai yang terkecil.
c).Keuangan
sekolah yaitu segala yang berkaitan dengan unsur-unsur-unsur pembiayaan
operasional sekolah.
d).Pengawasan pendidikan yaitu hal yang
berkaitan dengan monitoring dan supervisi terhadap elemen pendidik maupun
sarana dan prasarana pendidikan.
e).Hubungan masyarakat yaitu komunikasi dan interprestasi keterangan dan gagasan dari
instansi atau lembaga pendidikan/organisasi kepada publik agar tercipta sense
of belongingness, sehingga dengan demikian terciptalah persesuaian yang harmonis di antara kedua
belah pihak.
f).Evaluasi, testing dan membuat raport
yaitu kegiatan menilai proses kegiatan dan memberikan laporan tentang data
hasil belajar siswa.
g). Pembangunan dan pemeliharaan
gedung-gedung sekolah akan menunjang terciptanya sarana dan prasarana yang baik
untuk kelancaran kegiatan operasional sekolah.
h).Hubungan sekolah dan masyarakat
adalah aktivitas yang bertujuan untuk menciptakan kerjasama yang harmonis
antara sekolah sebagai lembaga pendidikan dengan masyarakat untuk memperoleh
simpati dan dukungan serta saling pengertian yang sebaik-baiknya dari
masyarakat.
0 comments:
Sebagai pembaca yang baik tinggalkan pendapat serta komentar Anda mengenai Artikel di atas.
Terimakasih atas kunjungan Anda | Tuhan Memberkati