Headlines :
Home » » RUANG LINGKUP ADMINISTRASI PENDIDIKA

RUANG LINGKUP ADMINISTRASI PENDIDIKA

Diposkan oleh kareba toraja pada Wednesday, 31 October 2012 | 11:18


T U G A S  III  ADMINISTRASI DAN SUPERVISI PENDIDIKAN
TUGAS III : RUANG LINGKUP ADMINISTRASI PENDIDIKAN

PERTANYAAN LATIHAN

1.Kemukakan bidang garapan daripada Administrasi Pendidikan di sekolah.
Jawab :
 a). Bidang Administrasi Kurikulum (Pengajaran)
 b). Bidang Administrasi Kesiswaan (Murid)
 c). Bidang Administrasi Personal Sekolah
 d). Bidang Administrasi Keuangan Sekolah
 e). Bidang Administrasi Mateial (Perbekalan)
 f). Bidang Administrasi Gedung Sekolah, dan
 g). Hubungan Sekolah dan Masyarakat.

2.Jelaskan pengertian masing-masing bidang administrasi dibawah ini:
a.     Administrasi Kurikulum/Pengajaran;
b.     Administrasi Kesiswaan/murid;
c.     Administrasi Personil sekolah;
d.     Administrasi keuangan sekolah;
e.     Administrasi material/perbekalan;
f.      Administrasi gedung sekolah;
g.     Administrasi hubungan sekolah-masyarakat.
Jawab :
a).Administrasi Kurikulum/Pengajaran) adalah keseluruhan proses penyelenggaraan yang menitik beratkan pada usaha-usaha pembinaan situasi belajar mengajar yang bertujuan agar seluruh kegiatan pengajaran terlaksana dengan lancar, efektif dan efisien.
 b).Administrasi Kesiswaan/murid adalah keseluruhan proses yang masalahnya dititik beratkan pada simurid itu sendiri, yaitu mengenai hak dan kewajibannya  mulai dari sejak ia diterima sebagai murid di suatu sekolah mengikuti pelajaran hingga ia tamat atau keluar dari sekolah itu.
c).Administrasi Personil sekolah adalah keseluruhan proses yang meliputi semua unsur yang terlibat dalam proses pengelolaan pendidikan di sekolah, yang teridir dari: Kepala Sekolah, guru-guru, karyawan tata usaha, tenaga kependidikan (BK, Pustakawan, Laboran, ahli media, Supervisor, para perencana pendidikan, ahli kesehatan, dsb.), pesuruh, penjaga sekolah, bahkan murid-murid yang belajar di sekolah itu.
d).Administrasi keuangan sekolah keseluruhan proses kegiatan ketatausahaan keuangan sekolah yang berkaitan dengan penyediaan dana dan penyediaan tenaga  pengelola keuangan yang trampil yang dapat menangani masalah pembukuan keuangan sekolah tersebut.
e). Administrasi material/perbekalan diartikan sebagai usaha pelayanan dalam bidang material dan fasilitas kerja lainnya bagi personil dalam satuan kerja di lingkungan suatu organisasi guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja.
f).Administrasi gedung sekolah adalah  keseluruhan gedung yang didirikan/dibangun untuk memenuhi kebutuhan pelajar serta tempat untuk mencari dan mendapatkan ilmu pengetahuan yang sesuai dengan tahap perkembangan dan kebutuhan belajar anak-anak itu sendiri.
g).Administrasi hubungan sekolah-masyarakat adalah aktivitas yang bertujuan untuk menciptakan kerjasama yang harmonis antara sekolah sebagai lembaga pendidikan dengan masyarakat untuk memperoleh simpati dan dukungan serta saling pengertian yang sebaik-baiknya dari masyarakat.
3.Sebutkan kegiatan-kegiatan dalam administrasi kurikulum dalam berbagai jenis   tugas ketatausahaan yang harus dikerjakan.
Jawab :
Kegiatan-kegiatan dalam administrasi kurikulum dalam berbagai jenis tugas ketatausahaan yang harus dikerjakan yaitu :
a).Kegiatan yang berhubungan dengan tugas guru
b).Kegiatan yang berkaitan dengan tugas murid
c).Kegiatan yang berhubungan dengan PBM
d).Kegiatan yang berkaitan dengan eksrakurikuler
e).Kegiatan pelaksanaan EBTA
f).Kegiatan pelaksanaan bimbingan dan konseling (BP)
4.Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen dalam penyusunan disain instruksional dengan penekanan dimensinya masing-masing.
Jawab :
Komponen-komponen dalam penyusunan disain instruksional dengan penekanan dimensinya masing-masing yaitu sebagai berikut :
a).Identitas; meliputi nama mata pelajaran/bidang studi, satuan bahasan, kelas/program, semester dan waktu pertemuan (tatap muka).
b).Tujuan; yaitu tujuan dari masing-masing pokok bahasan yang meliputi TIU/TUP, dan TIK atau TKP.
c).Materi pelajaran; yaitu uraian bahan sajian yang akan diajarkan se Kegiatan belajar-mengajar (siswa dan guru), pendekatan yang digunakan serta langkah-langkah pertemuan yang disusun.
d).Kegiatan belajar-mengajar (siswa dan guru), pendekatan yang digunakan serta langkah-langkah pertemuan yang disusun.
e).Alat dan sumber pelajaran (alat peraga/media/buku-buku) yang digunakan sebagai kondisi untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar.
f).Alat dan sumber pelajaran (alat peraga/media/buku-buku) yang digunakan sebagai kondisi untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar.
g).Evaluasi, adalah tahap akhir dari PBM untuk menemukan umpan balik dan untuk mengukur tingkat penguasaan siswa.
6.Sebutkan dan jelaskan fungsi BK di sekolah. Kemukakan pula alasan-alasan mengapa BK perlu ada disetiap sekolah.
Jawab:
Fungsi BK di sekolah yaitu :
a).Membantu siswa memilih program belajar yang sesuai dengan bakat, minat serta kemampuan dirinya (fungsi penyaluran).
b).Membuat siswa untuk memperoleh kemajuan dalam perkembangan dirinya secara optimal (fungsi penyesuaian).
c).Membantu siswa lebih memahami dirinya dan orang lain dengan segala aspeknya (fungsi pemahaman).
d).Membantu siswa dengan guru mengadakan pembulatan/perbaikan terhadap hal-hal yang belum mencapai apa yang diharapkan dalam seluruh PBM fungsi korektif).
e).Membantu siswa mepercepat proses belajarnya, baik dalam arti waktu maupun materi pelajaran (fungsi akselerasi).
Misalnya siswa yang tergolong lambat dalam pelajaran dapat dibantu mempercepat proses pelajarannya melalui pengajaran remedial.
f).Membantu siswa menyembuhkan/memperbaiki kondisi-kondisi kepribadiannya yang diperkirakan menunjukkan penyimpangan-penyimpangan baik langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi prestasi belajarnya (fungsi terapeutik).
g).Membantu memperkaya proses belajar siswa dalam segi metode dan alat yang digunakan sesuai dengan kebutuhannya untuk mencapai hasil belajar yang optimal (fungsi pengayaan).

7.Datangilah sebuah SD yang mudah dikunjungi. Ambillah absensi (daftar hadir) SD tersebut untuk waktu satu bulan, kemudian hitunglah persensi kehadiran, alpa, sakit dan izin selama satu bulan dan bagaimana keadaan setiap harinya?
Jawab :
Daftar hadir Guru dan Pegawai
Sakit       : 2 %
Izin        : 5 %
Alpa       : 0 %
Daftar hadir Siswa
                 Kelas I                                       Kelas II                               Kelas III
Sakit       : 4 %                      Sakit           : 6 %                Sakit        : 0 %
Izin        : 4 %                      Izin : 5 %              Izin             : 2 %
Alpa       : 8 %                      Alpa            : 4 %                Alpa         : 1 %

                 Kelas IV                                  Kelas V                                  Kelas VI
Sakit       : 0 %                      Sakit           : 0 %                Sakit        : 0 %
Izin        : 0 %                      Izin : 1 %              Izin             : 1 %
Alpa       : 2 %                     Alpa            : 1 %                Alpa         : 1
8.Kegiatan-kegiatan apa saja yang sering dilakukan sekolah dalam bidang administrasi murid/kesiswaan? Jelaskan.
Jawab :
Kegiatan-kegiatan yang sering dilakukan sekolah dalam bidang administrasi murid/kesiswaan yaitu :
a).Penerimaan siswa baru
b).Seleksi calon siswa
c).Persiapan dan pelaksanaan tes
d).Pengumuman calon siswa yang diterima
e).Pendaftaran calon siswa yang lulus tes
f).Perencanaan kelas
g).Hari pertama masuk sekolah
h).Kenaikan kelas dan tamat belajar
i).Perpindahan siswa dan keluar sekolah
9.Jelaskan hubungan antara buku induk dengan buku klapper, dan dimana letak perbedaan keduanya.
Jawab :
Hubungan antara buku induk dengan buku klapper yaitu data yang ada dalam buku klapper  memudahkan kepala sekolah untuk mengisi dan mengontrol buku induk.
11.Jenis kegiatan apa saja yang harus ada di sekolah dalam hubungan dengan pengelolaan keuangan sekolah?
Jawab :
Jenis kegiatan yang harus ada di sekolah dalam hubungan dengan pengelolaan keuangan sekolah yaitu:
a).Proses penyusunan anggaran(budgeting)
b).Mengerjakan pembukuan(accounting)
c).Pemeriksaan keuangan(auditing)
12.Ceriterakanlah bagaimana proses penyusunan rencana anggaran sekolah hingga proses pertanggung jawabannya melalui prosedur yang sebenarnya.
Jawab :
Proses penyusunan rencana anggaran sekolah sampai dengan proses pertanggung jawabannya melalui proses yaitu :
1).Dewan guru bersama dengan komite sekolah duduk bersama membahas jenis-jenis kegiatan yang akan diprogramkan selama satu tahun anggaran sesuai dengan besaran anggaran yang diterima sekolah yang kemudian menjadi Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah(RAPBS).Setelah itu,RAPBS disahkan dalam rapat menjadi APBS dan dilaporkan ke pemerintah melalui dinas pendidikan setempat.
2).RAPBS yang telah disahkan menjadi APBS sudah dapat dilakukan 
langkah administratif untuk mengeluarkan dana tersebut sesuai mata anggaran dan jumlah yang  telah ditetapkan.
3).Kegiatan Bendaharawan dalam ketatausahaan keuangan diwujudkan berupa penerimaan, penyimpanan, penggunaan pembayaran dan pertanggungan jawab. Untuk itu bendaharawan berkewajiban membuat/penyelenggaraan pembukuan dalam bentuk Buku Umum, Buku Harian/Buku Pembantu dan Buku Kas Tabelaris.
4).Dalam pelaksanaan kegiatan atau setelah kegiatan dilaksanakan, dapat diadakan pemeriksaan keuangan oleh aparat yang berwenang, baik intern oleh atasan bendaharawan (kepala sekolah) dan dapat juga dilakukan pemeriksaan ekstern oleh BPKP/Inspektorat Darah dalam bentuk: Pemeriksaan sebelum uang digunakan dan pemeriksaan sesudah uang digunakan.
5).Pemeriksaan dilakukan terhadap bendaharawan yang bertugas menerima, menyimpan, membukukan, mengeluar-kan uang dan mempertanggung jawabkan.
13.Kemukakan jenis-jenis alat perlengkapan yang ada pada setiap sekolah dan jelaskan bagaimana pengelolaannya?
Jawab :
Jenis-jenis alat perlengkapan yang ada pada setiap sekolah yaitu :
a).Alat-alat perlengkapan (benda) yang habis terpakai yaitu peralatan yang dapat habis dalam waktu relatif singkat bilamana diper-gunakan, misalnya, kertas, kapur tulis, karbon, tinta, dan sebagainya.Barang/benda/peralatan yang habis terpakai tersebut dapat berarti:
1).Benar-benar habis atau musnah setelah dipergunakan, seperti bensin, bahan-bahan kimia, kapur tulis, dan lain-lain sehingga penggunaannya harus sesuai dengan penggunaannya dan tidak berlebihan(tidak boros)
2).Berubah sifatnya dan bentuknya bila dipergunakan seperti  kayu besi, plastik, rotan, spon, karton manila, dsb yang dipergunakan dalam mata pelajaran keterampilan/praktek, sehingga barang tersebut berubah sifatnya dan bentuknya sehingga penggunaannya harus dijaga agar tidak cepat rusak.
3).Berubah sifatnya sehingga tidak dapat dipergunakan lagi untuk keperluan yang sama seperti karbon, pita mesin ketik, lampu balon, kertas dalam berbagai bentuk, tip eks, karton sheet, bola volly,  bola kaki, dan lain-lain.
b).Alat perlengkapan (benda) yang tahan lama yang dapat dipergunakan terus menerus dalam jangka waktu yang cukup, misalnya meja kerja/belajar, bangku/kursi, papan tulis, alat-alat peraga, kendaraan bermotor, mesin ketik, buku-buku pelajaran (buku tes), dan sebagainya.Sehingga dalam penggunaannya harus tetap dijaga dan dipelihara agar tidak cepat rusak.
14.Syarat-syarat apa saja yang diperlukan bagi sebuah gedung sekolah yang baik menurut anda?
Jawab :
Syarat-syarat yang diperlukan sebuah gedung sekolah yang baik menurut saya adalah sebagai berikut :
a).Mempunyai syarat keamanan dan kesehatan yang baik.
b).Mempunyai kesesuaian dengan kurikulum dan kebutuhan akan kegiatan belajar murid-murid sesuai dengaan tahap pekembangannya.
c).Fleksiblitas, efisiensi dan ekonomis dalam penggunaannya serta sesuai dengan pandangan hidup yang membuat murid-murid senang dan gembira untuk tinggal belajar di sekolah.
d).Didirikan dengan menghindarikan dari keramaian dan juga kesunyian.
e).Mempunyai ketersediaan air bersih,tempat pembuangan sampah,wc,dan drainase yang baik dan lancar.
f).Memenuhi persyaratan cahaya(penerangan) dan warna.
g).Mempunyai keseluruhan bentuk yang baik dan menarik sesuai dengan keadaan sekitar.
h).Mempunyai konstruksi gedung sekolah harus kuat daya tahannya,menjamin keselamatan penghuninya dan mudah untuk dibersihkan.
i).Gedung sekolah harus dibangun diatas tanah yang luas, datar, tidak berbecek/lumpur, dengan memperhatikan jenis program pendidikan yang akan dilaksanakan dan faktor pertambahan jumlah murid (anak usia sekolah) yang akan mendatang.
j).dst..........
15.Jelaskan menurut pendapat anda sesuai dengan kenyataan yang ada dewasa ini, bagaimana kecenderungan hubungan antara sekolah dan masyarakat?
Jawab :
Kecenderungan hubungan antara sekolah dan masyarakat dewasa ini lebih kepada adanya ketertarikan kebutuhan antara sekolah dengan masyarakat.Disatu pihak,masyarakat membutuhkan sekolah untuk mengembangkan dan meningkatkan kehidupan kebudayaan dan dilain pihak, sekolah membutuhkan masyarakat untuk memberikan dukungan dan simpatinya terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah dan menerimanya sebagaimana adanya yang mengharuskan sekolah mengintegrasikan diri bersama masyarakat,pemerintah dan keluarga sama-sama bertanggungjawab dalam hal pembinaan pendidikan.Perubahan kecenderungan ini disebabkan oleh :
1).Faktor perubahan sifat,tujuan,dan metode mengajar di sekolah yang disesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi modern.
2).Faktor tuntutan akan perubahan-perubahan dalam pendidikan di sekolah dan perlunya bantuan masyarakat terhadap sekolah baik secara materil maupun moril.
3).Faktor berkembangnya ide demokrasi bagi masyarakat terhadap pendidikan untuk ikut serta membangun terciptanya pendidikan yang berkualitas.
16.Mengapa sekolah perlu berhubungan dengan masyarakat? Apa tujuan yang diinginkan dan apa pula manfaatnya?
Jawab :
Sekolah perlu berhubungan dengan masyarakat karena sekolah didirikan oleh masyarakat dengan maksud untuk meneruskan kebudayaan kepada generasi muda agar menjamin kelangsungan hidup masyarakat. Masyarakat juga berkeyakinan bahwa berkat pendidikan di sekolah, taraf dan mutu kehidupan dapat diperbaiki dan ditingkatkan.
Tujuan yang diinginkan yaitu :
a).Untuk mewujudkan kerjasama dan tanggung jawab bersama dalam pendidikan antara sekolah, masyarakat dan keluarga pada umunya.
b).Untuk mengembangkan, membina pengertian masyarakat tentang semua aspek, bidang pelaksanaan tugas atau program-pogram pendidikan di sekolah.
c).Memperoleh partisipasi, dukungan dan bantuan secara konkrit dari masyarakat.
d).Untuk mewujudkan gagasan-gagasan, ide-ide baru masyrakat melalui program-program kerjasam dengan BP3.
e).Untuk memajukan kualitas belajar dan pertumbuhan anak, maka keikutsertaan masyarakat dalam berbagai kegiatan sekolah member sumbangan yang besar bagi keberhasilan pendidikan anak.
f).Untuk meningkatkan tujuan masyarakat dan memajukan kualitas penghidupan masyarakat.
g).Untuk mengembangkan kegembiraan (anthusiasme) dan membantu program hubungan sekolah dan masyarakat di sekolah.
Manfaat hubungan sekolah dengan masyarakat yaitu :
a).Mengatur hubungan sekolah dengan orang tua murid.
b).Memelihara hubungan baik dengan Komite Sekolah.
c).Memelihara dan mengembangkan hubungan sekolah dengan lembaga-lembaga pemerintahan, swasta dan organisasi sosial.
d).Memberi pengertian kepada masyarakat tentang fungsi sekolah melalui bermacam-macam teknik komunikasi.
e).Hubungan dengan instansi atasannya secara kedinasan. Juga hubungan dengan organisasi profesi yang ada (PGRI).
f).Dapat mengembangkan hubungan lebih luas dengan berbagai instansi, lembaga-lembaga masyarakat, organisasi-organisasi sosial dan masyarakat pada umumnya.
17.Peranan apa yang perlu ada pada setiap guru untuk dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan masyarakat?
Jawab :
Peranan yang perlu ada pada setiap guru untuk dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan masyarakat yaitu :
a).Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat
b).Selalu belajar dan  berusaha untuk menambah pengetahuannya, sesuai dengan ilmu pengetahuan melaju terus diberbagai aspek kehidupan manusia.
c).Mampu berinisiatif dan menciptakan kreatifitas sendiri.
d).Berkesempatan mengikuti pendidikan dan latihan (inservice training).
e).Mampu menciptakan kondisi belajar yang bersifat variatif dalam melayani kebutuhan belajar anak menurut irama perkembangannya di sekolah dan di masyarakat.
18.Metode apa yang anda anggap paling efekti dalam membina hubungan sekolah dan masyarakat tersebut? Jelaskan.
Jawab :
Menurut saya metode yang paling efektif dalam membina hubungan sekolah dengan masyarakat meskipun masih bersifat tradisional, yaitu memberi penerangan/penjelasan/informasi kepada masyarakat tentang program-program pendidikan di sekolah agar masyarakat memperoleh gambaran yang jelas dan tepat tentang keadaan sekolah yang sebenarnya. Teknik yang digunakan dalam pemberian informasi tersebut yang umumnya ialah melalui:
a).Laporan pendidikan di sekolah kepada orang tua murid.
b).Pameran sekolah yang disaksikan oleh masyarakat.
c).Open house, yaitu mengundang masyarakat untuk mengunjungi sekolah, dan sebaliknya.
d).Melalui penjelasan yang diberikan oleh staf sekolah.
e).Melalui siaran pendidikan (radio, TV).
f).Melalui laporan tahunan.
g).Organisasi perkumpulan alumni sekolah.
h).Organisasi orang tua murid (BP3).
i) .Melalui kegiatan ekstrakulikuler.
19.Jelaskan fungsi dan kegunaan dari hubungan sekolah dengan masyarakat yang berkaitan dengan fungsi konservatif, fungsi inovatif, dan fungsi selektif bagi sekolah.
Jawab :
a).Fungsi konservatif yaitu sekolah bertanggung jawab dalam memelihara dan mengembangkan kebudayaan serta norma-norma yang dianggap baik dan diyakini kebenarannya, seperti  falsafah Negara Pancasila, way of life, melalui pendidikan di sekolah agar anak-anak menjadi pendukung norma-norma untuk kemudian disebar-luaskan kepada generasi berikutnya.
   Kegunaan fungsi konservatif adalah sekolah bertanggung jawab untuk memelihara dan meneruskannya melalui kegiatan baik intrakurikuler, ekstrakulikuler maupun kokulikuler.
b).Fungsi inovatif yaitu sekolah dituntut harus berorientasi kepada pembangunan dan kemajuan (development oriented and progress-orientes) sehingga mampu menyiapkan tenaga kerja yang memiliki watak, pengetahuan dan keterampilan untuk pembangunan bangsa dan negara (basic memorandum).
  Kegunaan fungsi inovatif adalah guru dan tenaga pendidikan lainya dituntut untuk memiliki wawasan (kompetensi) yang luas dibidang keguruan baik kompetensi profesional (akademik) kompetensi personal, maupun kompetensi sosial (kemasyarakatan) yang diharapkan dapat menjadi guru yang “agent of modernization” dan “agent of innovation” dalam mengembangkan dan memajukan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,bangsa dan negara.
c).Fungsi selektif yaitu fungsi yang menuntut sekolah memakai tenaga bimbingan dan konseling yang dapat mengembangkan fungsi selektif ini untuk menyeleksi siswa yang memiliki bawaan tertentu (bakat-bakat khusus) untuk pekerjaan tertentu, pemilihan jurusan yang tepat, jenis pendidikan yang sesuai program belajar yang seirama dengan kemampuan dan karakteristik siswa dan fungsi selektif lainya. BK yang baik diperlukan untuk menyalurkan anak-anak kedalam proses pendidikan yang sesuai dengan bakat dan kemampuannya.
   Kegunaan fungsi selektif adalah sekolah dapat mengembangkan bakat dan kemampuan anak sesuai dengan program belajar yang dilakukan oleh sekolah.





















Klik suka dan bagikan postingan ini :

0 comments:

Sebagai pembaca yang baik tinggalkan pendapat serta komentar Anda mengenai Artikel di atas.

Terimakasih atas kunjungan Anda | Tuhan Memberkati

Jika pilkada digelar hari ini, pasangan calon manakah yang Anda akan pilih?

Klik LIKE dan Ikuti

Tulis Saran dan Kritik disini.!
 
Desain by : KAREBA TORAJA - Powered by Blogger
KAREBA TORAJA :Sebagian isi dari blog ini dihimpun dari berbagai Sumber Berita terpercaya yang Kami cantumkan sebagai " Sumber ".
Hak cipta © 2014 KAREBA TORAJA dilindungi. => Back to Top