T U G A S III ADMINISTRASI DAN SUPERVISI PENDIDIKAN
TUGAS III : RUANG LINGKUP ADMINISTRASI PENDIDIKAN
PERTANYAAN
LATIHAN
1.Kemukakan bidang garapan daripada Administrasi
Pendidikan di sekolah.
Jawab :
a).
Bidang Administrasi Kurikulum (Pengajaran)
b). Bidang
Administrasi Kesiswaan (Murid)
c). Bidang
Administrasi Personal Sekolah
d). Bidang
Administrasi Keuangan Sekolah
e). Bidang
Administrasi Mateial (Perbekalan)
f). Bidang
Administrasi Gedung Sekolah, dan
g). Hubungan
Sekolah dan Masyarakat.
2.Jelaskan pengertian masing-masing bidang administrasi
dibawah ini:
a. Administrasi
Kurikulum/Pengajaran;
b. Administrasi
Kesiswaan/murid;
c. Administrasi
Personil sekolah;
d. Administrasi
keuangan sekolah;
e. Administrasi
material/perbekalan;
f. Administrasi
gedung sekolah;
g. Administrasi
hubungan sekolah-masyarakat.
Jawab :
a).Administrasi Kurikulum/Pengajaran)
adalah keseluruhan proses penyelenggaraan yang menitik beratkan pada
usaha-usaha pembinaan situasi belajar mengajar yang bertujuan agar seluruh
kegiatan pengajaran terlaksana dengan lancar, efektif dan efisien.
b).Administrasi Kesiswaan/murid adalah
keseluruhan proses yang masalahnya dititik beratkan pada simurid itu sendiri,
yaitu mengenai hak dan kewajibannya
mulai dari sejak ia diterima sebagai murid di suatu sekolah mengikuti
pelajaran hingga ia tamat atau keluar dari sekolah itu.
c).Administrasi
Personil sekolah adalah keseluruhan
proses yang meliputi semua unsur yang terlibat dalam proses pengelolaan
pendidikan di sekolah, yang teridir dari: Kepala Sekolah, guru-guru, karyawan
tata usaha, tenaga kependidikan (BK, Pustakawan, Laboran, ahli media,
Supervisor, para perencana pendidikan, ahli kesehatan, dsb.), pesuruh, penjaga
sekolah, bahkan murid-murid yang belajar di sekolah itu.
d).Administrasi keuangan sekolah
keseluruhan proses kegiatan ketatausahaan keuangan sekolah yang berkaitan
dengan penyediaan dana dan penyediaan tenaga
pengelola keuangan yang trampil yang dapat menangani masalah pembukuan
keuangan sekolah tersebut.
e). Administrasi material/perbekalan
diartikan sebagai usaha pelayanan dalam bidang material dan fasilitas kerja
lainnya bagi personil dalam satuan kerja di lingkungan suatu organisasi guna
meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja.
f).Administrasi
gedung sekolah adalah keseluruhan gedung
yang didirikan/dibangun untuk memenuhi kebutuhan pelajar serta tempat untuk
mencari dan mendapatkan ilmu pengetahuan yang sesuai dengan tahap perkembangan
dan kebutuhan belajar anak-anak itu sendiri.
g).Administrasi hubungan
sekolah-masyarakat adalah aktivitas yang bertujuan untuk menciptakan kerjasama
yang harmonis antara sekolah sebagai lembaga pendidikan dengan masyarakat untuk
memperoleh simpati dan dukungan serta saling pengertian yang sebaik-baiknya
dari masyarakat.
3.Sebutkan kegiatan-kegiatan dalam
administrasi kurikulum dalam berbagai jenis tugas ketatausahaan yang harus dikerjakan.
Jawab :
Kegiatan-kegiatan dalam administrasi kurikulum dalam
berbagai jenis tugas ketatausahaan yang harus dikerjakan yaitu :
a).Kegiatan yang berhubungan dengan tugas guru
b).Kegiatan yang berkaitan dengan tugas murid
c).Kegiatan yang berhubungan dengan PBM
d).Kegiatan yang berkaitan dengan eksrakurikuler
e).Kegiatan pelaksanaan EBTA
f).Kegiatan pelaksanaan bimbingan dan konseling (BP)
4.Sebutkan dan jelaskan
komponen-komponen dalam penyusunan disain instruksional dengan penekanan
dimensinya masing-masing.
Jawab :
Komponen-komponen dalam penyusunan disain instruksional
dengan penekanan dimensinya masing-masing yaitu sebagai berikut :
a).Identitas;
meliputi nama mata pelajaran/bidang studi, satuan bahasan, kelas/program,
semester dan waktu pertemuan (tatap muka).
b).Tujuan; yaitu tujuan dari
masing-masing pokok bahasan yang meliputi TIU/TUP, dan TIK atau TKP.
c).Materi pelajaran; yaitu uraian bahan
sajian yang akan diajarkan se Kegiatan belajar-mengajar (siswa dan guru),
pendekatan yang digunakan serta langkah-langkah pertemuan yang disusun.
d).Kegiatan belajar-mengajar (siswa dan
guru), pendekatan yang digunakan serta langkah-langkah pertemuan yang disusun.
e).Alat dan sumber pelajaran (alat
peraga/media/buku-buku) yang digunakan sebagai kondisi untuk mempermudah
pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar.
f).Alat dan sumber pelajaran (alat
peraga/media/buku-buku) yang digunakan sebagai kondisi untuk mempermudah
pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar.
g).Evaluasi, adalah tahap akhir dari
PBM untuk menemukan umpan balik dan untuk mengukur tingkat penguasaan siswa.
6.Sebutkan dan jelaskan
fungsi BK di sekolah. Kemukakan pula alasan-alasan mengapa BK perlu ada
disetiap sekolah.
Jawab:
Fungsi BK di sekolah yaitu :
a).Membantu siswa
memilih program belajar yang sesuai dengan bakat, minat serta kemampuan dirinya
(fungsi penyaluran).
b).Membuat siswa
untuk memperoleh kemajuan dalam perkembangan dirinya secara optimal (fungsi
penyesuaian).
c).Membantu
siswa lebih memahami dirinya dan orang lain dengan segala aspeknya (fungsi
pemahaman).
d).Membantu siswa dengan guru
mengadakan pembulatan/perbaikan terhadap hal-hal yang belum mencapai apa yang
diharapkan dalam seluruh PBM fungsi korektif).
e).Membantu siswa mepercepat proses
belajarnya, baik dalam arti waktu maupun materi pelajaran (fungsi akselerasi).
Misalnya siswa yang tergolong lambat dalam pelajaran
dapat dibantu mempercepat proses pelajarannya melalui pengajaran remedial.
f).Membantu siswa
menyembuhkan/memperbaiki kondisi-kondisi kepribadiannya yang diperkirakan
menunjukkan penyimpangan-penyimpangan baik langsung maupun tidak langsung dapat
mempengaruhi prestasi belajarnya (fungsi terapeutik).
g).Membantu memperkaya proses belajar
siswa dalam segi metode dan alat yang digunakan sesuai dengan kebutuhannya
untuk mencapai hasil belajar yang optimal (fungsi pengayaan).
7.Datangilah sebuah SD
yang mudah dikunjungi. Ambillah absensi (daftar hadir) SD tersebut untuk waktu
satu bulan, kemudian hitunglah persensi kehadiran, alpa, sakit dan izin selama
satu bulan dan bagaimana keadaan setiap harinya?
Jawab :
Daftar hadir Guru dan Pegawai
Sakit : 2 %
Izin : 5 %
Alpa : 0 %
Daftar hadir Siswa
Kelas I Kelas II
Kelas III
Sakit : 4 % Sakit :
6 % Sakit :
0 %
Izin : 4 % Izin :
5 % Izin : 2 %
Alpa : 8 % Alpa :
4 % Alpa :
1 %
Kelas IV Kelas V Kelas VI
Sakit : 0 % Sakit :
0 % Sakit :
0 %
Izin : 0 % Izin :
1 % Izin : 1 %
Alpa : 2 %
Alpa :
1 % Alpa :
1
8.Kegiatan-kegiatan apa
saja yang sering dilakukan sekolah dalam bidang administrasi murid/kesiswaan? Jelaskan.
Jawab :
Kegiatan-kegiatan yang sering dilakukan sekolah dalam
bidang administrasi murid/kesiswaan yaitu :
a).Penerimaan siswa baru
b).Seleksi calon siswa
c).Persiapan dan pelaksanaan tes
d).Pengumuman calon siswa yang diterima
e).Pendaftaran calon siswa yang lulus tes
f).Perencanaan kelas
g).Hari pertama masuk sekolah
h).Kenaikan kelas dan tamat belajar
i).Perpindahan siswa dan keluar sekolah
9.Jelaskan hubungan
antara buku induk dengan buku klapper, dan dimana letak perbedaan keduanya.
Jawab :
Hubungan antara buku induk dengan buku klapper yaitu data
yang ada dalam buku klapper
memudahkan kepala sekolah untuk mengisi dan mengontrol buku induk.
11.Jenis kegiatan
apa saja yang harus ada di sekolah dalam hubungan dengan pengelolaan keuangan
sekolah?
Jawab :
Jenis kegiatan yang harus ada di sekolah dalam hubungan
dengan pengelolaan keuangan sekolah yaitu:
a).Proses penyusunan anggaran(budgeting)
b).Mengerjakan pembukuan(accounting)
c).Pemeriksaan keuangan(auditing)
12.Ceriterakanlah
bagaimana proses penyusunan rencana anggaran sekolah hingga proses pertanggung
jawabannya melalui prosedur yang sebenarnya.
Jawab :
Proses penyusunan rencana anggaran sekolah sampai dengan
proses pertanggung jawabannya melalui proses yaitu :
1).Dewan guru
bersama dengan komite sekolah duduk bersama membahas jenis-jenis kegiatan yang
akan diprogramkan selama satu tahun anggaran sesuai dengan besaran anggaran
yang diterima sekolah yang kemudian menjadi Rencana Anggaran Pendapatan dan
Belanja Sekolah(RAPBS).Setelah itu,RAPBS disahkan dalam rapat menjadi APBS dan
dilaporkan ke pemerintah melalui dinas pendidikan setempat.
2).RAPBS yang
telah disahkan menjadi APBS sudah dapat dilakukan
langkah administratif untuk mengeluarkan dana tersebut
sesuai mata anggaran dan jumlah yang
telah ditetapkan.
3).Kegiatan
Bendaharawan dalam ketatausahaan keuangan diwujudkan berupa penerimaan,
penyimpanan, penggunaan pembayaran dan pertanggungan jawab. Untuk itu
bendaharawan berkewajiban membuat/penyelenggaraan pembukuan dalam bentuk Buku
Umum, Buku Harian/Buku Pembantu dan Buku Kas Tabelaris.
4).Dalam pelaksanaan kegiatan atau
setelah kegiatan dilaksanakan, dapat diadakan pemeriksaan keuangan oleh aparat
yang berwenang, baik intern oleh atasan bendaharawan (kepala sekolah) dan dapat
juga dilakukan pemeriksaan ekstern oleh BPKP/Inspektorat Darah dalam bentuk:
Pemeriksaan sebelum uang digunakan dan pemeriksaan sesudah uang digunakan.
5).Pemeriksaan dilakukan terhadap
bendaharawan yang bertugas menerima, menyimpan, membukukan, mengeluar-kan uang
dan mempertanggung jawabkan.
13.Kemukakan
jenis-jenis alat perlengkapan yang ada pada setiap sekolah dan jelaskan
bagaimana pengelolaannya?
Jawab :
Jenis-jenis alat perlengkapan yang ada pada setiap
sekolah yaitu :
a).Alat-alat
perlengkapan (benda) yang habis terpakai yaitu peralatan yang dapat habis dalam
waktu relatif singkat bilamana diper-gunakan, misalnya, kertas, kapur tulis,
karbon, tinta, dan sebagainya.Barang/benda/peralatan yang habis terpakai
tersebut dapat berarti:
1).Benar-benar habis atau musnah
setelah dipergunakan, seperti bensin, bahan-bahan kimia, kapur tulis, dan
lain-lain sehingga penggunaannya harus sesuai dengan penggunaannya dan tidak
berlebihan(tidak boros)
2).Berubah sifatnya dan bentuknya bila
dipergunakan seperti kayu besi, plastik,
rotan, spon, karton manila, dsb yang dipergunakan dalam mata pelajaran
keterampilan/praktek, sehingga barang tersebut berubah sifatnya dan bentuknya
sehingga penggunaannya harus dijaga agar tidak cepat rusak.
3).Berubah sifatnya sehingga tidak
dapat dipergunakan lagi untuk keperluan yang sama seperti karbon, pita mesin
ketik, lampu balon, kertas dalam berbagai bentuk, tip eks, karton sheet, bola
volly, bola kaki, dan lain-lain.
b).Alat perlengkapan (benda) yang tahan
lama yang dapat dipergunakan terus menerus dalam jangka waktu yang cukup,
misalnya meja kerja/belajar, bangku/kursi, papan tulis, alat-alat peraga,
kendaraan bermotor, mesin ketik, buku-buku pelajaran (buku tes), dan
sebagainya.Sehingga dalam penggunaannya harus tetap dijaga dan dipelihara agar
tidak cepat rusak.
14.Syarat-syarat
apa saja yang diperlukan bagi sebuah gedung sekolah yang baik menurut anda?
Jawab :
Syarat-syarat yang diperlukan sebuah gedung sekolah yang
baik menurut saya adalah sebagai berikut :
a).Mempunyai syarat keamanan dan kesehatan yang baik.
b).Mempunyai
kesesuaian dengan kurikulum dan kebutuhan akan kegiatan belajar murid-murid
sesuai dengaan tahap pekembangannya.
c).Fleksiblitas, efisiensi dan ekonomis
dalam penggunaannya serta sesuai dengan pandangan hidup yang membuat
murid-murid senang dan gembira untuk tinggal belajar di sekolah.
d).Didirikan dengan menghindarikan dari
keramaian dan juga kesunyian.
e).Mempunyai ketersediaan air
bersih,tempat pembuangan sampah,wc,dan drainase yang baik dan lancar.
f).Memenuhi persyaratan
cahaya(penerangan) dan warna.
g).Mempunyai keseluruhan bentuk yang
baik dan menarik sesuai dengan keadaan sekitar.
h).Mempunyai konstruksi gedung sekolah
harus kuat daya tahannya,menjamin keselamatan penghuninya dan mudah untuk
dibersihkan.
i).Gedung sekolah harus dibangun diatas
tanah yang luas, datar, tidak berbecek/lumpur, dengan memperhatikan jenis
program pendidikan yang akan dilaksanakan dan faktor pertambahan jumlah murid
(anak usia sekolah) yang akan mendatang.
j).dst..........
15.Jelaskan
menurut pendapat anda sesuai dengan kenyataan yang ada dewasa ini, bagaimana
kecenderungan hubungan antara sekolah dan masyarakat?
Jawab :
Kecenderungan hubungan antara sekolah dan masyarakat
dewasa ini lebih kepada adanya ketertarikan kebutuhan antara sekolah dengan
masyarakat.Disatu pihak,masyarakat membutuhkan sekolah untuk mengembangkan dan
meningkatkan kehidupan kebudayaan dan dilain pihak, sekolah membutuhkan
masyarakat untuk memberikan dukungan dan simpatinya terhadap pelaksanaan
program pendidikan di sekolah dan menerimanya sebagaimana adanya yang
mengharuskan sekolah mengintegrasikan diri bersama masyarakat,pemerintah dan
keluarga sama-sama bertanggungjawab dalam hal pembinaan
pendidikan.Perubahan kecenderungan ini disebabkan oleh :
1).Faktor
perubahan sifat,tujuan,dan metode mengajar di sekolah yang disesuaikan dengan
perkembangan zaman dan teknologi modern.
2).Faktor tuntutan
akan perubahan-perubahan dalam pendidikan di sekolah dan perlunya bantuan
masyarakat terhadap sekolah baik secara materil maupun moril.
3).Faktor
berkembangnya ide demokrasi bagi masyarakat terhadap pendidikan untuk ikut
serta membangun terciptanya pendidikan yang berkualitas.
16.Mengapa sekolah
perlu berhubungan dengan masyarakat? Apa tujuan yang
diinginkan dan apa pula manfaatnya?
Jawab :
Sekolah perlu berhubungan dengan masyarakat karena
sekolah didirikan oleh masyarakat dengan maksud untuk meneruskan kebudayaan
kepada generasi muda agar menjamin kelangsungan hidup masyarakat. Masyarakat
juga berkeyakinan bahwa berkat pendidikan di sekolah, taraf dan mutu kehidupan
dapat diperbaiki dan ditingkatkan.
Tujuan yang diinginkan yaitu :
a).Untuk mewujudkan kerjasama dan
tanggung jawab bersama dalam pendidikan antara sekolah, masyarakat dan keluarga
pada umunya.
b).Untuk mengembangkan, membina
pengertian masyarakat tentang semua aspek, bidang pelaksanaan tugas atau
program-pogram pendidikan di sekolah.
c).Memperoleh partisipasi, dukungan dan
bantuan secara konkrit dari masyarakat.
d).Untuk
mewujudkan gagasan-gagasan, ide-ide baru masyrakat melalui program-program
kerjasam dengan BP3.
e).Untuk memajukan
kualitas belajar dan pertumbuhan anak, maka keikutsertaan masyarakat dalam berbagai
kegiatan sekolah member sumbangan yang besar bagi keberhasilan pendidikan anak.
f).Untuk
meningkatkan tujuan masyarakat dan memajukan kualitas penghidupan masyarakat.
g).Untuk
mengembangkan kegembiraan (anthusiasme) dan membantu program hubungan sekolah
dan masyarakat di sekolah.
Manfaat hubungan
sekolah dengan masyarakat yaitu :
a).Mengatur hubungan sekolah dengan orang tua murid.
b).Memelihara
hubungan baik dengan Komite Sekolah.
c).Memelihara dan
mengembangkan hubungan sekolah dengan lembaga-lembaga pemerintahan, swasta dan
organisasi sosial.
d).Memberi
pengertian kepada masyarakat tentang fungsi sekolah melalui bermacam-macam
teknik komunikasi.
e).Hubungan dengan
instansi atasannya secara kedinasan. Juga hubungan dengan organisasi profesi
yang ada (PGRI).
f).Dapat
mengembangkan hubungan lebih luas dengan berbagai instansi, lembaga-lembaga
masyarakat, organisasi-organisasi sosial dan masyarakat pada umumnya.
17.Peranan apa yang perlu ada pada
setiap guru untuk dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan masyarakat?
Jawab :
Peranan yang perlu ada pada setiap guru untuk dapat
menyesuaikan diri dengan perkembangan masyarakat yaitu :
a).Mampu mengikuti
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat
b).Selalu belajar
dan berusaha untuk menambah
pengetahuannya, sesuai dengan ilmu pengetahuan melaju terus diberbagai aspek
kehidupan manusia.
c).Mampu berinisiatif dan menciptakan kreatifitas
sendiri.
d).Berkesempatan mengikuti pendidikan
dan latihan (inservice training).
e).Mampu menciptakan kondisi belajar
yang bersifat variatif dalam melayani kebutuhan belajar anak menurut irama
perkembangannya di sekolah dan di masyarakat.
18.Metode apa yang
anda anggap paling efekti dalam membina hubungan sekolah dan masyarakat
tersebut? Jelaskan.
Jawab :
Menurut saya metode yang paling efektif dalam membina
hubungan sekolah dengan masyarakat meskipun masih bersifat tradisional, yaitu
memberi penerangan/penjelasan/informasi kepada masyarakat tentang
program-program pendidikan di sekolah agar masyarakat memperoleh gambaran yang
jelas dan tepat tentang keadaan sekolah yang sebenarnya. Teknik yang digunakan
dalam pemberian informasi tersebut yang umumnya ialah melalui:
a).Laporan pendidikan di sekolah kepada orang tua murid.
b).Pameran
sekolah yang disaksikan oleh masyarakat.
c).Open house,
yaitu mengundang masyarakat untuk mengunjungi sekolah, dan sebaliknya.
d).Melalui penjelasan yang diberikan oleh staf sekolah.
e).Melalui siaran pendidikan (radio, TV).
f).Melalui laporan tahunan.
g).Organisasi perkumpulan alumni sekolah.
h).Organisasi orang tua murid
(BP3).
i) .Melalui kegiatan ekstrakulikuler.
19.Jelaskan fungsi dan kegunaan dari
hubungan sekolah dengan masyarakat yang berkaitan dengan fungsi konservatif,
fungsi inovatif, dan fungsi selektif bagi sekolah.
Jawab :
a).Fungsi konservatif yaitu sekolah
bertanggung jawab dalam memelihara dan mengembangkan kebudayaan serta
norma-norma yang dianggap baik dan diyakini kebenarannya, seperti falsafah Negara Pancasila, way of life, melalui
pendidikan di sekolah agar anak-anak menjadi pendukung norma-norma untuk
kemudian disebar-luaskan kepada generasi berikutnya.
Kegunaan fungsi konservatif adalah sekolah bertanggung jawab untuk
memelihara dan meneruskannya melalui kegiatan baik intrakurikuler,
ekstrakulikuler maupun kokulikuler.
b).Fungsi inovatif yaitu sekolah
dituntut harus berorientasi kepada pembangunan dan kemajuan (development
oriented and progress-orientes) sehingga mampu menyiapkan tenaga kerja yang
memiliki watak, pengetahuan dan keterampilan untuk pembangunan bangsa dan
negara (basic memorandum).
Kegunaan fungsi inovatif adalah guru dan tenaga pendidikan lainya
dituntut untuk memiliki wawasan (kompetensi) yang luas dibidang keguruan baik
kompetensi profesional (akademik) kompetensi personal, maupun kompetensi sosial
(kemasyarakatan) yang diharapkan dapat menjadi guru yang “agent of
modernization” dan “agent of innovation” dalam mengembangkan dan memajukan
pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,bangsa dan negara.
c).Fungsi selektif yaitu fungsi yang
menuntut sekolah memakai tenaga bimbingan dan konseling yang dapat
mengembangkan fungsi selektif ini untuk menyeleksi siswa yang memiliki bawaan
tertentu (bakat-bakat khusus) untuk pekerjaan tertentu, pemilihan jurusan yang
tepat, jenis pendidikan yang sesuai program belajar yang seirama dengan
kemampuan dan karakteristik siswa dan fungsi selektif lainya. BK yang baik
diperlukan untuk menyalurkan anak-anak kedalam proses pendidikan yang sesuai
dengan bakat dan kemampuannya.
Kegunaan fungsi selektif adalah sekolah dapat mengembangkan bakat dan
kemampuan anak sesuai dengan program belajar yang dilakukan oleh sekolah.
0 comments:
Sebagai pembaca yang baik tinggalkan pendapat serta komentar Anda mengenai Artikel di atas.
Terimakasih atas kunjungan Anda | Tuhan Memberkati