PEDOMAN
OPERASIONAL PENYELENGGARAAN
ADMINISTRASI
PENDIDIKAN
PERTANYAAN
LATIHAN
1.Sebutkan dan
jelaskan macam-macam kegiatan administrasi sekolah yang anda ketahui.
Jawab :
Macam-macam kegiatan administrasi sekolah antara lain :
a).Kegiatan mengatur pengajaran.
Kegiatan mengatur pengajaran adalah keseluruhan proses
penyelenggaraan kegiatan di bidang pengajaran yang bertujuan agar seluruh
kegiatan pengajaran dapat terlaksana secara berdayaguna dan berhasilguna.
b).Kegiatan mengatur kesiswaan.
Kegiatan mengatur kesiswaan mencakup ruang lingkup
kegiatan pencatatan data dan pelaporan tentang keadaan murid, tujuan dari
penerimaan sebagai murid baru pada sekolah tersebut sampai pada saat murid
tersebut meninggalkan sekolah.
c).Kegiatan mengatur personalia(kepegawaian)
Kegiatan mengatur personalia adalah usaha menata dan
mendaya-gunakan/memanfaatkan potensi manusiawi yang sesuai dengan kebutuhan,
peranan dan profesinya untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran di
sekolah.
d).Mengatur keuangan sekolah
Kegiatan mengatur keuangan sekolah dipandang sebagai
tindakan pengurusan ketatausahaan keuangan yang penting, yang meliputi
pencatatan data, perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan pertanggungjawaban.
Tujuannya adalah untuk mewujudkan suatu tertib administrasi keuangan sehingga
pengurusan keuangan tersebut dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan
ketentuan yang berlaku.
e).Kegiatan mengatur alat perlengkapan/barang sekolah.
Kegiatan mengatur alat perlengkapan/barang sekolah adalah
kegiatan mengatur semua barang yang bergerak maupun yang tidak bergerak,
berwujud kesatuan atau bagian-bagian, baik yang berupa milik negara/daerah yang
berada di sekolah dan dikuasai serta menjadi tanggung jawab sekolah tersebut.
f).Kegiatan mengatur gedung dan perlengakapan sekolah.
Kegiatan mengatur gedung dan perlengkapan sekolah adalah
kegiatan mengatur seluruh bangunan dan perlengkapannya yang berada di
lingkungan sekolah yang direncanakan untuk tempat belajar, tempat kerja, tempat
praktikum maupun tempat berlangsungnya PBM serta kegiatan-kegiatan ekstra
kurikuler dan sebagai pusat kegiatan masyarakat.
g).Kegiatan mengatur hubungan sekolah dan masyarakat.
Kegiatan mengatur hubungan sekolah dan masyarakat pada
dasarnya merupakan suatu aktivitas yang berusaha menjalin hubungan baik dengan
sekolah-sekolah lainnya, dengan pemerintah
dengan organisasi sosial, dengan orang tua murid maupun dengan
masyarakat pada umumnya.
2.Inventarisasikanlah
semua jenis kegiatan adminstrasi yang berhubungan dengan kegiatan dibawah ini:
a. Kegiatan
mengatur pengajaran.
b. Kegiatan
mengatur kesiswaan.
c. Kegiatan
mengatur personalia
d. Kegiatan mengatur alat kelengkapan sekolah.
e. Kegiatan
mengetur keuangan sekolah.
f. Kegiatan
mengatur HUSEKMAS.
Jawab :
Inventaris jenis kegiatan administrasi yang berhubungan
dengan kegiatan berikut:
a. Kegiatan
mengatur pengajaran.
Jenis kegiatan seperti :
-Kegiatan yang berhubungan dengan tugas kepala sekolah.
-Kegiatan yang berhubungan dengan tugas guru, dan
-Kegiatan yang berhubungan dengan PBM.
b. Kegiatan
mengatur kesiswaan.
Jenis kegiatan seperti :
-Pencatatan data murid
-Pelaporan(pencatatan) data/informasi sekolah
c. Kegiatan
mengatur personalia
Jenis kegiatan seperti :
-Menyusun rencana pengadaan dan pengangkatan personil
-Pemberhentian calon pegawai negeri sipil
-Menyusun dan mengajukan usul kenaikan
pangkat dan gaji berkala (KGB)
d. Kegiatan mengatur alat kelengkapan sekolah.
Jenis kegiatan seperti :
-Kegiatan perencanaan kebutuhan barang
-Kegiatan pengadaan barang
-Kegiatan penyimpanan barang
-Kegiatan pemeliharaan barang
-Kegiatan inventarisasi barang
-Kegiatan mutasi barang
-Kegiatan
penyingkiran(penghapusan) dan perubahan status hukum barang
e. Kegiatan
mengatur keuangan sekolah.
Jenis kegiatan seperti :
-Perencanaan anggaran tahunan sekolah
-Ketatausahaan keuangan sekolah
-Pengawasan penggunaan keuangan sekolah
f. Kegiatan
mengatur HUSEKMAS.
Jenis kegiatan seperti :
-Mengembangkan dan melaksankan program kerjasama sekolah dan masyarakat.
-Membina dan membentuk
wadah kerjasama/wadah komunikasi antara sekolah dan masyarakat melalui Komite
Sekolah.
-Membina dan mengadakan
hubungan kerjasama dengan organisasi profesi guru (PGRI) dan organisasi profesi
lainnya.
-Mengadakan hubungan
kerjasama dengan para alumni sekolah.
-Menyebarluaskan misi
pendidikan di sekolah melalui berbagai media cetak dan elektronik.
3.Sebutkan macam-macam instrumen
administrasi ketatausahaan kepala sekolah dan guru menurut jenis kegiatannya!
Jawab :
Macam-macam instrumen administrasi ketatausahaan kepala
sekolah dan guru menurut jenis kegiatannya yaitu :
a).Yang berhubungan dengan kepala sekolah seperti:
-Kegiatan awal tahun pelajaran
seperti:mengatur kebutuhan guru,distribusi tugas beban mengajar guru,menyusun
rencana tahunan,dan sebagainya.
-Kegiatan bulanan seperti:menyelesaikan
gaji guru,laporan bulanan,mengadakan pemeriksaan secara umum terhadap
data/informasi sekolah,memberikan petunjuk dan catatan kepada guru,mengadakan
pemeriksaan keuangan sekolah,melakukan pelaporan keuangan sekolah,menutup
mutasi murid dan membuat persentase absensi murid.
-Kegiatan mingguan seperti:memeriksa
buku agenda dan arsip-arsip sekolah,menyelesaikan kasus minggu sebelumnya,dan
sebagainya.
-Kegiatan harian seperti:memeriksa
daftar hadir guru dan pegawai,memeriksa persiapan mengajar guru,memeriksa
kebersihan sekolah,dan sebagainya.
b).Yang berhubungan dengan guru seperti :
-Mengelola proses belajar mengajar
-Menyelesaikan administrasi selaku
pembantu kepala sekolah
4.Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis
kenaikan pangkat pegawai negeri sipil yang anda ketahui!
Jawab :
Jenis-jenis kenaikan pangkat pegawai negeri sipil yaitu
:
-
Kenaikan pangkat reguler;
-
Kenaikan pangkat pilihan;
-
Kenaikan pangkat istimewa;
-
Kenaikan pangkat diluar
instansi induk;
-
Kenaikan pangkat wajib
militer;
-
Kenaikan pangkat
penyesuaian ijazah;
-
Kenaikan pangkat anumerta;
-
Kenaikan pangkat tugas
belajar;
-
Kenaikan pangkat
sebagai pejabat negara;
-
Kenaikan pangkat
lain-lain yang ditentukan dalam peraturan perundang-perundangan yang berlaku.
5.Sebutkan dan jelaskan pula
macam-macam cuti yang menjadi hak setiap pegawai negeri sipil!
Jawab :
Macam-macam cuti yang menjadi hak setiap pegawai negeri
sipil yaitu : cuti tahunan, cuti
besar, cuti sakit, cuti karena alasan penting, cuti di luar tanggungan negara,
cuti bersalin, cuti lain yang ditetapkan oleh Undang-undang
6.Berapakah masa kerja seorang pegawai
negeri sipil yang dapat dihitung, jika ia bekerja sebagai:
a. Wajib
militer 3 tahun 1 bulan 20 hari.
b. Wajib
sarjana 2 tahun 2 bulan 11 hari
c. Pejabat
negara 2 tahun 10 bulan 18 hari.
Jawab :
·
Sebagai wajib militer : 3 tahun 1 bulan 20 hari
·
Sebagai wajib sarjana : 2 tahun 2 bulan 11 hari
·
Sebagai pejabat Negara : 2 tahun10 bulan 18 hari
8 tahun
2 bulan 19 hari
7.Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis
usaha yang sah bagi peningkatan kesejahteraan guru dan pegawai di sekolah?
Jawab :
Jenis-jenis usaha yang sah bagi peningkatan
kesejahteraan guru dan pegawai di sekolah yaitu :
a).TASPEN (Tabungan Asuransi Pegawai
Negeri), yang diatur penyelenggaraannya dalam PP. No. 9 Tahun 1963.
b).ASKES (Asuransi Kesehatan Pegawai)
diatur berdasarkan KEPRES No. 230 tahun 1968, tanggal 15 Juli 1968.
c).Koperasi Pegawai Negeri (diatur
dalam UU No. 12/1967) tentang pokok-pokok perkoperasian sebagai pelindung usaha
peningkatan kesejahteraan rakyat umum termasuk pegawai/ guru-guru di sekolah.
d).Tabanas Sukarela bagi pegawai negeri
sebagai persiapan bagi pegawai negeri dalam berbagai kepentingan yang
diperlukan secara mendadak, seperti pembayaran SPP, menjelang lebaran, ulang
tahun anak-anaknya dan sebagainya.
8.Jelaskan
komponen-komponen apa saja yang perlu diper-timbangkan dalam penyusunan rencana
keuangan sekolah?
Jawab :
Komponen-komponen yang perlu dipertimbangkan dalam
penyusunan rencana keuangan sekolah yaitu :
a).Asas
pemisahan tugas untuk menjaga agar tidak terjadi everlopping dalam hal
penerimaan, penggunaan dan pengeluaran uang. Asas pemisahan tugas dimaksudkan
adalah pemisahan tugas antara fungsi otorisator, ordonator dan bendaharawan
sekolah.
b).Perencanaan anggaran tahunan sekolah
untuk menyusun anggaran yang diperlukan untuk menunjang pelaksanaan program
tersebut untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan.
c).Ketatausahaan keuangan sekolah
diantaranya:
-Pembukuan setiap transaksi keuangan
-Pembukuan pada buku kas umum dan buku kas pembantu
-Pertanggungjawaban keuangan sesuai dengan sumbernya.
d).Pelaporan semua kegiatan yang
dilakukan dalam rangka pelaksanaan tugas sesuai tata cara/prosedur keuangan
yang berlaku.
e).Pengawasan dilakukan untuk mencegah
terjadinya penyimpangan terhadap kebijaksanaan keuangan maupun penindakan terhadap
penyimpangan atau penyelewengan.
9.Jelaskan perbedaan
singkat antara fungsi otorisator, ordonator dan bendaharawan dalam hal
pengurusan keuangan sekolah!
Jawab :
Perbedaan singkat antara fungsi otorisator,ordonator,dan
bendaharawan dalam hal pengurusan keuangan sekolah yaitu:
-Otorisator
adalah pejabat yang diberi wewenang untuk mengambil tindakan yang mengakibatkan
penerimaan/ pengeluaran uang.
-Ordonator adalah pejabat yang
berwewenang melakukan pengunjungan dan memerintahkan pembayaran atas segala
tindakan yang dilakukan berdasarkan otorisasi yang telah ditetapkan. Ordonator
dibidang pengeluaran adalah pejabat yang diberi wewenang oleh otorisator untuk
memeriksa/ menguji tagihan kepada negara, kemudian memerintahkan pembayaran dan
membebankan tagihan tersebut pada tata anggaran.
-Bendaharawan adalah pejabat yang
berwewenang melakukan penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran dan wajib membuat
perhitungan dan pertanggungjawaban atas tindakan tersebut.
Anda mencari administrasi kepala sekolah/madrasah? Dapatkan Kumpulan format administrasi kepala sekolah lengkap. Silahkan kunjungi kami disini CD Administrasi Kepala Sekolah .
ReplyDeleteTerima kasih