PENDIDIKAN
MULTIKULTURAL
UNIT 3 : KARAKTERISTIK
PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI BERBAGAI NEGARA
SUBUNIT I : KARAKTERISTIK PENDIDIKAN
MULTIKULTURAL DI BERBAGAI NEGARA
Latihan
1)
Kemukakan pendapat Anda
mengenai karakteristik Pendidikan Multikultural di AS ?
Jawab
:
Karakteristik
Pendidikan Multikultural di AS menurut pendapat saya adalah pendidikan di AS didominasi oleh budaya
dominan yaitu budaya WASP artinya dikhususkan untuk kelompok berkulit putih
(White) yang kebanyakan berasal dari Inggris, atau yang berbahasa Inggris (Anglo
Saxon) dan beragama Protestan.Namun Pendidikan Multikultural berkembang di
dalam masyarakat multikultural Amerika yang bersifat antarbudaya etnis yang
besar yaitu budaya antarbangsa. Ada upaya untuk mengubah Pendidikan Multikultural
dari yang bersifat asimilasi (berupa penambahan materi multikultural) menuju ke
arah yang lebih radikal berupa Aksi Sosial.
2)
Jelaskan perbedaan antara
pandangan neoliberalisme dan neokonservatisme dalam memandang Pendidikan
Multikultural di Inggris?
Jawab
:
Perbedaan
antara pandangan neoliberalisme dan neokonservatisme dalam memandang Pendidikan
Multikultural di Inggris yaitu pandangan neoliberalisme percaya pada kekuatan
pasar dan memberi kekuasaan yang lebih besar pada masing-masing sekolah dan pemerintah
lokal untuk mengurus dirinya sendiri, sedangkan paham konservatisme lebih
memberi kekuasaan yang besar pada kontrol pusat yang berdampak dipertahankannya
kurikulum yang terpusat dan pendidikan agama yang kristiani.
3)
Jelaskan perbedaan
kebijakan politik antara Kanada dengan Amerika dalam menerapkan Pendidikan
Multikultural ?
Jawab
:
Perbedaan
kebijakan politik antara Kanada dengan Amerika dalam menerapkan Pendidikan
Multikultural yaitu tujuan
Pendidikan Multikultural AS lebih condong pada proses Amerikanisasi. Pendidikan
Multikultural AS berkembang di dalam masyarakat budaya antarbangsa. Ada
upaya untuk mengubah Pendidikan Multikultural dari yang bersifat asimilasi
(berupa penambahan materi multikultural) menuju ke arah yang lebih radikal
berupa Aksi Sosial, walaupun masih mendapat tentangan yang kuat dari kelompok
yang dominan yaitu WASP yang menguasai sektor ekonomi, sosial dan politik. Berbeda dengan AS yang menerapkan politik
asimilasi, Pemerintah Liberal Kanada menerapkan politik multikulturalisme yang
memberlakukan status yang sama untuk bahasa Perancis dan Inggris sebagai bahasa
resmi. Kanada merupakan negara pertama yang memberikan pengakuan legal terhadap
multikulturalisme.
4)
Apa yang menjadi kebijakan
pemerintah Australia dalam menerapkan Pendidikan Multikultural?
Jawab
:
Yang
menjadi kebijakan pemerintah Australia dalam menerapkan Pendidikan
Multikultural adalah Australia mengubah kebijakannya dari White Australia
Policy ke multicultural policy. Pendidikan Multikultural Australia
mempunyai wajah yang spesifik.Kebijakan imigrasi dan masalah etnis dipecahkan
secara konsensus dari seluruh masyarakat.Ada pakar yang berpendapat bahwa
Australia merupakan masyarakat yang polietnik bukan multi kultur dalam arti
Australia lebih bercorak Anglo Saxon yang menerima kebhinekaan selama tidak
mengganggu atau mengubah gaya hidup masyarakat Anglo Saxon tersebut.
Tes Formatif 1
Pilihlah satu
jawaban yang paling tepat dari beberapa alternatif jawaban yang disediakan!
1) Yang dipandang memajukan
Amerika karena pengetahuan dan ketrampilan adalah kelompok :
a. Native Americans.
b. Hispanic American
c. White Anglo Saxon Protestan.
d. Asian Americans.
Jawab : c. White Anglo Saxon Protestan.
2) Negara yang awal berdirinya
bersifat monokultur adalah:
a. Inggris
b. Amerika
c. Kanada
d. Australia
Jawab : a. Inggris
3) Pendidikan multikultural di
Inggris terjadi karena dorongan dari :
a. kelompok liberal bersama
dengan kelompok kulit berwarna.
b. kelompok konservatif
c. kelompok imigran yang
menduduki kekuasaan
d. kelompok neokonservatif
Jawab : a. kelompok liberal bersama dengan kelompok kulit berwarna.
4) Pendidikan Multikultural di Kanada lebih
dicirikan dengan :
a. komposisi penduduk
b. adanya kelompok yang dominan
c. rendahnya pendapatan ekonomi imigran
d. adanya kurikulum yang terpusat.
Jawab : a.
komposisi penduduk
5) Pendidikan Multikultural di Kanada bertujuan
untuk:
a. memelihara nilai-nilai budaya dan identitas
kelompok dari kepunahan.
b. Adaptasi melalui komunikasi cross-cultural dan
memperkuat keadilan sosial.
c. Mempertegas kesamaan dari kelompok yang bermacam-macam.
d. Membantu anak menguasai bahasa resmi dan norma
dominan.
Jawab : b.
Adaptasi melalui komunikasi cross-cultural dan memperkuat keadilan sosial.
6) Negara yang merupakan negara pertama yang
memberikan pengakuan legal terhadap multikulturalisme:
a. Amerika Serikat
b. Kanada
c. Inggris
d. Australia
Jawab : b.
Kanada
7) Imigran pertama Australia adalah:
a. Kedatangan bangsa Afrika.
b. Narapidana dan pembangkang politik Irlandia
c. Bangsa Jerman yang terusir karena masalah agama.
d. Kedatangan pekerja kasar dari India dan Cina
Jawab : b.
Narapidana dan pembangkang politik Irlandia
8) Adanya bantuan dana dan masuknya Asian Studies Program yang berisi
bahasa Asia dan kebudayaannya, termasuk pencantuman pelajaran Bahasa Indonesia
di dalam kurikulum sekolah dasar, merupakan ciri dari fase :
a.Pertama politik pasif ke arah asimilasi aktif
(1945-1972), kurikulum terpusat dan pendidikan untuk kaum imigran bersifat
pasif.
b.Kedua, dari pendidikan imigran ke Pendidikan
Multikultural (1972-1986). Semua propinsi di Australia telah mengadopsi
kebijakan Pendidikan Multikultural.
c.Ketiga, imperatif ekonomi dalam Pendidikan
Multikultural (1986-1993).
Jawab : c.Ketiga,
imperatif ekonomi dalam Pendidikan Multikultural (1986-1993).
9) Pada tahun 1988 diundangkan Education Reform Act (ERA) yang
mengandung dua arti, yaitu paham neoliberalisme yang percaya pada kekuatan
pasar, dan neokonservatisme yang memberi kekuatan besar pada kontrol pusat.
Ciri paham neoliberalisme adalah :
a.memberi kekuasaan yang lebih besar pada
masing-masing sekolah untuk mengurus dirinya sendiri demikian juga kepada
pemerintah lokal.
b.mempertahankan kurikulum yang terpusat dan
mempertahankan pendidikan agama yang bersifat Kristiani.
c.Memberi kekuatan yang besar pada kontrol pusat.
d.memperkecil kesempatan bagi kelompok kulit
berwarna untuk mendapat pendidikan yang layak.
Jawab : a.memberi
kekuasaan yang lebih besar pada masing-masing sekolah untuk mengurus dirinya
sendiri demikian juga kepada pemerintah lokal.
10) Negara di Asia yang telah mengadopsi kebijakan
asimilasi melalui kebijakan “Bumiputera
policy” adalah
a.Jepang
b.Indonesia
c.Malaysia
d.Korea
Jawab : c.Malaysia
SUBUNIT 2 : KARAKTERISTIK INDONESIA SEBAGAI MASYARAKAT MULTIKULTUR
Latihan
1)
Berikan contoh budaya lokal
yang telah menjadi budaya nasional?
Jawab
:
Contoh
budaya lokal yang telah menjadi budaya nasional yaitu :batik dan keris
2)
Kemukakan 7 konsep budaya
Cina ?
Jawab
:
Konsep-konsep
budaya Cina yaitu :
1.Chi
( napas kosmis )
2.Lima
unsur : logam,air,kayu,api,dan tanah
3.I-Ching
4.Tahun
kelahiran
5.Yin-yang
( konsep keselarasan dan keseimbangan )
6.Pa
kua
7.Tahayul
dan Simbolisme
3)
Kemukakan 6 konsep budaya
Jawa ?
Jawab
:
Konsep-konsep
budaya Jawa yaitu :
1.Religi
Jawa : animisme,dinamisme,sinkretisme dan agama Jawa
2.Slametan
( Selamatan )
3.Primbon,suluk,dan
wirid
4.Tata
krama
5.Petung
( perhitungan )
6.Nama
dan jenis makanan
7.Falsafah
hidup
4)
Kemukakan
3 konsep budaya Bali
Jawab :
Konsep-konsep budaya Bali yaitu :
1.
Dharma
artinya kebenaran (kebajikan) atau kewajiban dan hukum. Yaitu suatu jalan yang
halus dan sejuk yang dapat melindungi dan menjaga orang yang mengikuti dan
menjauhkan bencana sehingga menjadi orang yang gembira, tenteram dan bahagia.
2.Tri hita karana
: konsep keselarasan hubungan yang mendatangkan kebahagiaan. Keselarasan hubungan tersebut meliputi :
a. keselarasan
hubungan manusia dengan Tuhan
b. keselarasan
hubungan manusia dengan sesama manusia
c.
keselarasan hubungan
manusia dengan alam sekitarnya
3.Rwa Bhineda :
Konsep dualistis yang mengekspresikan dua kategori yang berlawanan dalam hidup
(positif dan negatif, baik dan buruk).
Tes Formatif 2
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dari
beberapa alternatif jawaban yang disediakan!
1) Yang bukan termasuk dalam konsep
budaya Cina adalah
a. nilai
kemakmuran dan kelimpahan harta,
b.kedamaian dan ketenteraman,
c. kesehatan dan umur panjang.
d.mati masuk surga
Jawab : d.mati
masuk surga
2) Seni hidup dalam keharmonisan dengan alam
sehingga seseorang mendapatkan paling banyak keuntungan, ketenangan, dan
kemakmuran dari keseimbangan yang sempurna dengan alam disebut
a. Feng Shui
b. Yang Yun Sang
c.Yin Yang
d.Pa kua
Jawab : a.
Feng Shui
3) Dalam budaya Cina dapat dikumpulkan sehingga
diyakini dapat memberi pengaruh baik pada nasib seseorang. Chi adalah :
a.energi, daya hidup yang membantu keberadaan
manusia.
b. Perhitungan letak rumah
c. Konsep Lima unsur
d. Keseimbangan positif dan negatif
Jawab : a.energi,
daya hidup yang membantu keberadaan manusia.
4) Konsep keselarasan dan keseimbangan yang
didasarkan prinsip dualisme (prinsip negatif dan positif). Prinsip ini disebut
dengan :
a. Chi
b.Yin dan yang
c. Pakua
d. I Ching
Jawab : b.Yin
dan yang
5) Dalam sistem religi budaya Jawa, ada penyatuan
ajaran antara animisme, dinamisme yang berbaur dengan agama Hindu, Budha,
Kristen dan Islam. Percampuran ini disebut dengan
a.Sinkretisme
b.Primbon
c. Suluk
d. Petung
Jawab : a.Sinkretisme
6) Adab sopan santun Jawa dalam berbahasa, bersikap
dan bertingkah laku yang sangat dijunjung tinggi dan menjadi ciri budaya Jawa
disebut
a.Primbon
b.Tata krama
c.Petung
d.Animisme
Jawab : b.Tata
krama
7) Konsep budaya Bali tentang dualitas yang sama
dengan konsep yin yang dari budaya Cina adalah :
a. Karmaphala
b. Rwa bhineda
c. Ngaben
d. Tri hita karana
Jawab : b.
Rwa bhineda
8) Suatu perbuatan yang dilakukan oleh seseorang
akan kembali mengenai dirinya sendiri. Ada hukum sebab akibat. Hukum kausalitas
ini dalam budaya Bali disebut :
a. Karmaphala
b. Rwa bhineda
c. Ngaben
d. Tri hita karana
Jawab : a.
Karmaphala
9) Tari Kancet Pepatay dari suku Dayak Kenyah
memiliki nilai-nilai :
a.Kepahlawan, kelincahan, kegesitan, dan semangat.
b.Kesetiaan
c.Emansipasi wanita
d.Spriritual.
Jawab : a.Kepahlawan,
kelincahan, kegesitan, dan semangat.
10) Seorang
pria Jawa tradisional harus tangguh dan mampu melindungi diri, keluarga dan
membela bangsa dan negara harus memiliki suatu benda yang menjadi simbol
kehormatan, kedewasaan, keperkasaan dan nilai spiritual. Benda ini disebut:
a. Turangga.
b. Wanita
c. Keris
d. Kukila.
Jawab : c.
Keris
SUBUNIT 3 :
WAWASAN MULTIKULTURAL : LOKAL,NASIONAL, DAN UNIVERSAL
Latihan
1.
Apakah yang dimaksud dengan
identitas budaya lokal?
Jawab
:
Yang
dimaksud dengan identitas budaya lokal adalah identifikasi budaya lokal merupakan identifikasi
budaya yang bersifat langsung, dekat dan secara fisik ada di sekelilingnya.
Budaya ini biasanya dikenalkan oleh keluarga dan kerabat dekat. Biasanya
berwujud perilaku pembudayaan.
2.
Apa yang dimaksud dengan
budaya Carok ?
Jawab
:
Yang
dimaksud dengan budaya Carok yaitu Kata carok sendiri berasal dari bahasa Madura yang berarti
'bertarung dengan kehormatan'. Carok merupakan tradisi bertarung satu lawan
satu atau secara bekelompok dengan menggunakan senjata Celurit. Tidak ada
peraturan resmi dalam pertarungan ini karena carok merupakan tindakan yang
dianggap negatif dan kriminal serta melanggar hukum. Ini merupakan cara suku
Madura dalam mempertahankan harga diri dan "keluar" dari masalah yang
pelik. Banyak yang menganggap carok adalah tindakan keji dan bertentangan
dengan ajaran agama meski suku Madura sendiri kental dengan agama Islam pada
umumnya tetapi, secara individual banyak yang masih memegang tradisi Carok.
Carok adalah simbol tindakan mempertahankan dan mengangkat harga diri yang
diremehkan orang lain dengan jalan berkelahi satu lawan satu atau berkelompok
dengan menggunakan senjata tradisional Clurit. Celurit adalah sebentuk sabit
(arit, arek) yang memiliki bentuk khas. Secara kultural mereka akan menjaga
harga diri dengan mempertaruhkan nyawa bila menyangkut masalah : wanita
(misalnya istrinya diganggu orang), harta, agama, tanah atau pengairan sawah.
3.
Berikan
dua contoh budaya yang termasuk dalam identitas budaya nasional?
Jawab :
Dua contoh budaya yang termasuk dalam
identitas budaya nasional yaitu : batik dan keris
4. Berikan dua
contoh budaya yang termasuk dalam identitas
budaya universal ?
Jawab :
Contoh budaya
universal adalah permainan sepak bola. Tidak ada satu negara (warga) pun yang
tidak mengenal sepak bola. Seluruh dunia mengenal sepak bola dan ingin tampil
dalam kejuaraan dunia sepak bola.Contoh
berikutnya adalah Ka’bah
sebagai simbol pemujaan yang juga merupakan identitas budaya universal yang
diakui seluruh dunia, terutama umat Islam. Ka’bah merupakan salah satu simbol
penghambaan manusia di hadapan Tuhan yang diakui di seluruh dunia baik dia itu
suka atau tidak suka, percaya atau tidak percaya, pengikut atau bukan. Bagi
umat Islam, Ka’bah adalah kiblat di mana dia harus menghadap ketika sedang melakukan
sholat. Hal itu berarti umat Islam seluruh dunia mengetahui dan menghadapkan
wajahnya saat beribadah.
Tes Formatif 3
Pilihlah satu jawaban yang paling
tepat dari beberapa alternatif jawaban yang disediakan!
1. Gaya adaptasi Aborigin dengan
tanah adalah :
a.
Tanah merupakan sumber ekonomi
b.
Tanah adalah status sosial dan kekuatan.
c.
Tanah dapat dimiliki dan dijual
d.
Tanah bermakna spiritual yang tidak bisa dimiliki.
Jawab
: d.
Tanah bermakna spiritual yang tidak bisa dimiliki.
2. Identifikasi
budaya yang bersifat langsung, dekat dan secara fisik ada di sekelilingnya dan
biasanya dikenalkan oleh keluarga dan kerabat dekat disebut:
a. Identifikasi budaya lokal
b. Identifikasi budaya nasional
c. Identifikasi budaya universal
d. Identifikasi budaya etnis
Jawab : a.
Identifikasi budaya lokal
3. Di
Madura ada kebiasaan dan tradisi bertarung satu lawan satu atau secara berkelompok
dengan menggunakan senjata Celurit demi mempertahankan harga diri. Tradisi ini
disebut :
a. Carok
b. Clurit
c. Sekaten
d. Kamadhatu
Jawab : a.
Carok
4.
Identitas budaya yang menjadi yang menjadi ciri khas bangsa dan negara itu
sehingga negara lain mengenal negara itu dengan mengenal identitas budaya itu
disebut:
a.Identifikasi budaya lokal
b.Identifikasi budaya nasional
c.Identifikasi budaya universal
d.Identifikasi budaya etnis
Jawab : b.Identifikasi budaya nasional
5.
Contoh identitas budaya
nasional antara lain adalah :
a.
Bakso Malang
b.
Rawon
c.
Borobudur
d.
Sepakbola
Jawab
: c.
Borobudur
6. Contoh identitas budaya universal antara lain
adalah :
a. Bakso Malang
b. Rawon Jawa Timur
c. Borobudur
d. Sepakbola
Jawab : d. Sepakbola
7. Simbol pemujaan yang juga merupakan identitas
budaya universal yang diakui seluruh dunia, terutama umat Islam adalah :
a. Sajadah
b. Ka’bah
c. Makam Nabi Muhammad
d. Masjidil Haram
Jawab : b. Ka’bah
8. Oliver dan Howley mengemukakan pendapatnya bahwa
kebudayaan menentukan:
a. bagaimana orang memperoleh pengetahuan dan
mengkonstruksi maknanya.
b. bagaimana orang bersikap
c. bagaimana orang berperilaku
d. bagaimana dia menciptakan lingkungan budayanya
Jawab : a. bagaimana orang memperoleh pengetahuan
dan
mengkonstruksi maknanya.
9. Yang tidak termasuk dalam lingkungan yang
langsung, dekat dan secara fisik ada di sekitar anak adalah :
a. lingkungan fisik,
b. lingkungan sosial
c. lingkungan metafisik
d. lingkungan sekolah
Jawab : d. lingkungan sekolah
10.Contoh
lingkungan metafisik yang mempengaruhi sikap dan perilaku orang yang mengikat
diri dengan nilai dan tradisi budaya tertentu adalah :
a. Rumah Palimasan
b. Sekaten
c. Borobudur
d.Carok
Jawab : b. Sekaten
0 comments:
Sebagai pembaca yang baik tinggalkan pendapat serta komentar Anda mengenai Artikel di atas.
Terimakasih atas kunjungan Anda | Tuhan Memberkati